• Protect the environment. Think before you print.

5 Ciri Makanan Sehat yang Mampu Memperpanjang Usia Anda

14 Agustus 2019

Tubuh yang sehat memungkinkan Anda untuk memiliki umur yang panjang. Untuk mendapatkannya, berikut 5 ciri makanan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

hidup sehat

Tubuh bugar dan umur yang panjang adalah impian semua orang. Untuk mendapatkannya bukan hanya dengan rutin melakukan olahraga saja. Makanan yang dikonsumsi setiap hari juga sangat memengaruhi kesehatan Anda. 

Mengonsumsi asupan penuh gizi tentunya membantu tubuh menjadi lebih kuat, tidak mudah terkena penyakit, dan memperpanjang usia Anda. Mengonsumsi makanan yang seimbang dan bervariasi akan memberikan Anda energi yang dibutuhkan. Lantas makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi? Yuk, simak ciri makanan sehat yang bisa membantu memperpanjang usia Anda.

Makanan Tinggi Serat 

Serat selain baik untuk kesehatan pencernaan, tapi juga bermanfaat membantu mencapai berat badan normal, menurunkan kadar kolesterol, dan mengontrol kadar gula darah. Makanan sehat seperti buah-buahan (apel, jeruk, dan pisang), beras merah, bayam, kangkung, kembang kol, gandum, kacang-kacangan, pasta, roti gandum, dan wortel.

Sayuran Hijau

Bayam, bok choy, brokoli, kale, lobak Swiss, dan sawi hijau merupakan kelompok sayuran berdaun hijau yang paling padat gizi. Di dalam sayuran hijau terdapat kandungan beta karoten, folat, kalsium, klorofil, lutein, serat, vitamin C, dan zeaxanthin. Makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meminimalisir peradangan, menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, dan melawan radikal bebas yang berbahaya.

Mengandung Omega-3

Makanan sehat selanjutnya adalah ikan. Hewan yang satu ini sudah dikenal baik untuk otak. Di dalam ikan sendiri ada kandungan karotenoid yang berperan melindungi tubuh dari penyakit syaraf. Selain itu kandungan Omega-3 dalam ikan seperti ikan tuna, salmon, dan sarden bisa menurunkan risiko terkena  penyakit kronis dan memiliki umur panjang. 

Omega-3 yang ada pada ikan berlemak bisa membuat Anda tetap awet muda dan mengurangi peradangan penyebab penyakit, seperti alergi, alzheimer, kanker, dan penyakit jantung. Sebaiknya konsumsi ikan dua sampai tiga kali dalam seminggu. 

Makanan yang Mengandung Antioksidan dan Lemak Baik 

Buah-buahan beri seperti anggur, blackcurrant, blueberry, cranberry, raspberry, dan stroberi menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Nutrisi buah beri diperkaya oleh antioksidan tinggi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari tubuh dari berbagai penyakit. Tomat juga bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan osteoporosis karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan dan vitamin C.

Selain itu, alpukat juga menjadi salah satu makanan sehat yang baik bagi jantung berkat kandungan lemak baik yang ada di dalamnya. Alpukat bisa menurunkan kolesterol jahat atau yang disebut Low-density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau High-density lipoprotein (HDL) dalam tubuh sehingga bisa membuat tekanan darah normal dan organ jantung lebih sehat. Nutrisi buah alpukat juga mengandung mineral, vitamin A, B, C, E, dan K, potasium, serta serat yang baik menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Makanan yang Tidak Berlemak Jahat

Makanan berlemak jenuh seperti daging berlemak, keju, krim, kue, dan mentega bila dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Bila ingin mengonsumsi daging, sebaiknya konsumsi ikan dan daging putih. Sementara untuk keju, pilih keju rendah lemak yang lebih baik untuk dikonsumsi. Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan (kacang kedelai dan kacang kenari) serta biji-bijian, yakni biji labu, biji bunga matahari, dan wijen.

Itu tadi 5 ciri makanan sehat yang bisa membantu memperpanjang usia Anda. Selain dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, baiknya juga perlu memproteksi diri dengan asuransi kesehatan Zurich Pro-Care yang merupakan solusi perlindungan kesehatan yang membantu Anda mengantisipasi biaya perawatan medis.

Beberapa keunggulan yang dimilikinya, yakni komprehensif menyediakan 4 pilihan plan dengan total limit tahunan sebesar Rp2 Miliar – 15 Miliar dan jaminan penggantian biaya medis Anda di seluruh dunia.

Jadi, tak hanya menjaga kesehatan dari makanan sehat di atas saja, tapi perlu juga dengan memaksimalkan perlindungannya bersama asuransi Zurich Pro-Care yang bisa memberikan perlindungan berkualitas.