1. Home
  2. Tips #MudahkanHidup
  3. 5 Tips Investasi untuk Para Pemula yang Bisa Ditiru

5 Tips Investasi untuk Para Pemula yang Bisa Ditiru

22 Agustus 2019

Asuransi bisa juga Anda jadikan investasi untuk membantu memberikan perlindungan. Berikut tips investasi asuransi yang perlu diketahui untuk pemula.

tips investasi untuk pemula

Investasi bukan hanya emas, reksadana, saham, maupun properti. Tapi Anda juga bisa menginvestasikan beberapa persen penghasilan ke investasi asuransi jiwa. Beberapa keuntungan dari investasi asuransi kesehatan, yakni meminimalisir risiko, disiplin menyiapkan uang, memberikan dana saat dibutuhkan,  memberikan proteksi keuangan, dan bisa menjadi tabungan. 

Mulai dari Sekarang

Saat ini kebutuhan akan asuransi cukup tinggi. Salah satu alasannya karena banyak masyarakat yang kini sudah cukup sadar akan pentingnya memiliki asuransi karena sangat membantu keuangan Anda dan keluarga. Sebaiknya investasi asuransi dimulai dari sekarang, agar Anda bisa memperoleh manfaatnya dengan maksimal.

Riset dan Pelajari Terlebih Dulu

Untuk menghindari Anda salah membeli asuransi, baiknya tips investasi asuransi yang perlu dilakukan pertama kali adalah dengan melakukan riset dan mempelajari terlebih dulu soal produk asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi. Ketahuilah soal apa saja manfaat yang akan Anda peroleh dan sistem yang berlaku di perusahaan asuransi tersebut. 

Pertimbangkan Kebutuhan Asuransi dengan Cermat 

Tips investasi selanjutnya adalah pertimbangkan investasi asuransi seperti apa yang Anda perlukan. Maksud dari penggunaan asuransi adalah untuk melindungi Anda sendiri atau bersama keluarga dari berbagai masalah keuangan jika Anda atau anggota keluarga mengalami sakit atau meninggal dunia. 

Maka dari itu, perlu pertimbangkan berapa jumlah orang yang ditanggung, apakah anggota keluarga lain ada yang ikut membantu finansial keluarga atau tidak, apakah Anda memiliki anak kecil yang memerlukan biaya pendidikan yang tidak sedikit, atau tanggungan lainnya.  Pertimbangkan juga pendapatan dan gaya hidup Anda saat ini.

Menyiapkan Dana untuk Investasi Asuransi

Jika sudah berencana untuk melakukan investasi asuransi, Anda harus menyiapkan dana khusus untuk membayar premi tiap bulan. Ini menjadi bentuk komitmen bagi Anda untuk konsisten melakukan kegiatan investasi asuransi. 

Anda bisa membuat daftar biaya pengeluaran keuangan kebutuhan sehari-hari, tabungan, dana untuk keadaan darurat, dan dana investasi. Cobalah untuk mengalokasikan uang untuk investasi asuransi sebesar 10-20% dari uang pemasukan bulanan.

Kenali Risiko 

Tips investasi untuk pemula yang terakhir adalah dengan mengenali segala risiko yang mungkin saja terjadi dikemudian hari. Alasannya, setiap investasi termasuk investasi asuransi pasti memiliki kemungkinan risiko. Cek cara proses meng-klaim asuransi secara detail, tanyakan juga apa saja denda yang mungkin Anda terima bila terlambat membayar premi, dan lain-lain agar tidak memberatkan Anda di kemudian hari. 

Itulah tips investasi untuk pemula yang bisa Anda lakukan. Ingatlah sebelum Anda menentukan asuransi mana yang akan dipilih, pastikan jika Anda  telah membaca seluruh informasi terkait produk, sistem, dan risiko yang mungkin dihadapi.

MahaCita Protection merupakan produk asuransi jiwa yang mampu memberikan perlindungan jiwa hingga orang yang tertanggung berusia 100 tahun dan mampu menghadirkan peluang investasi yang cukup optimal. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap terkait produk asuransi MahaCita Protection maupun produk lainnya, atau ingin membaca artikel lainnya yang bantu untuk #MudahkanHidup  Anda silakan kunjungi situs resminya disini.

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180