Sebelum Memulainya, Ketahui Terlebih Dahulu Ketentuan Tabungan Berjangka Berikut Ini

16 Agustus 2019

Tabungan berjangka mengharuskan setiap nasabah menentukan jangka waktu yang diinginkan. Lantas, seperti apa sih tabungan berjangka yang baik dan apa saja ketentuannya? Berikut ulasannya di bawah ini!

tabungan berjangka

Setiap orang perlu memiliki tabungan, khususnya bagi Anda yang mempunyai target keuangan atau hendak membeli properti. Hal ini bisa diperoleh dengan menyisihkan gaji terlebih dahulu sebelum mengeluarkannya untuk keperluan sehari-hari.

Salah satu produk tabungan yang populer digunakan oleh masyarakat adalah tabungan berjangka. Tabungan jenis ini mengharuskan setiap nasabah menentukan jangka waktu yang diinginkan. Jangka waktu ini bisa dipilih mulai dari enam bulan hingga dua puluh tahun dengan jumlah setoran yang disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Adapun manfaat dari tabungan berjangka yakni antara lain membuat Anda lebih disiplin menabung, memiliki suku bunga tinggi, mendapatkan asuransi dari bank, tabungan berjangka berhadiah langsung, serta dana tabungan lebih terjamin.

Lantas, seperti apa sih tabungan berjangka yang baik dan apa saja ketentuannya? Berikut ulasannya di bawah ini!

Sistem Setoran

Cara paling lazim digunakan untuk membuat tabungan berjangka adalah dengan menggunakan sistem setoran. Pasalnya, dengan cara ini Anda tidak perlu membayangkan nilai setoran dalam jumlah besar untuk memulai tabungan rencana.

Anda bisa menyetor mulai dari Rp100.000 sebagai setoran minimum. Jika di bulan berikutnya Anda mendapatkan penghasilan lebih, tidak ada salahnya jika menyetor dalam jumlah tersebut. Tidak ada ketentuan yang berlaku untuk sistem setoran sehingga Anda bisa mengubah-ubah nominal setoran yang diinginkan.

Sistem Autodebet

Sebaliknya, jika Anda tidak ingin repot, simpanan berjangka dengan sistem autodebet pun bisa dilakukan. Sistem ini akan menarik dana yang ada di rekening secara otomatis setiap bulannya untuk disimpan ke dalam tabungan berjangka yang Anda punya.

Cara ini akan membuat Anda lebih disiplin sehingga Anda bisa menabung tanpa ada alasan lupa menyetor. Yang jelas, selalu pastikan dana Anda setiap bulannya tercukupi sebelum memulai sistem autodebet.

Sistem Kontrak Jangka Waktu

Selain sistem setoran dan sistem autodebet, tabungan berjangka 2019 yang bisa Anda pilih yaitu sistem kontrak jangka waktu. Jangka waktu tabungan dengan sistem ini biasanya berkisar 1-20 tahun, namun ada juga yang menetapkan jangka waktu 50 sebagai tabungan rencana pensiun.

Sistem ini membuat Anda tidak bisa seenaknya mengambil dana yang sudah disimpan. Bukan hanya itu, Anda tidak bisa menghentikan setoran rutin karena telah tertuang perjanjian kontrak jangka waktu. Apabila mengambil dana tabungan berencana ini sebelum waktunya, maka Anda akan dikenakan denda dengan nilai yang tidak sedikit.

Salah satu pilihan tabungan berjangka lainnya yang bisa Anda jadikan alternatif yakni asuransi investasi di Zurich. Asuransi ini lebih praktis di mana Anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus yakni perlindungan dan investasi uang untuk menambah penghasilan.

Beberapa pilihan asuransi investasi Zurich yakni antara lain Mahacita Protection, Zurich Pro-Fit 8, Zurich Investa Plus, serta Zurich Prime Guard untuk ketenangan hidup yang komprehensif dan fleksibel.