Sering Mengalami Demotivasi? Simak Tips Cara Mengembalikan Motivasi Kerja Ini

24 Agustus 2019

Motivasi setiap karyawan bisa saja menurun. Untuk mengembalikan motivasi kerja karyawan, berikut cara yang bisa dilakukan.

Saat bekerja, ada banyak sekali faktor yang memengaruhi motivasi kerja seseorang baik yang berasal dari luar maupun dalam diri karyawan. Kenapa motivasi kerja itu penting? Alasannya dengan motivasi, seseorang akan berupaya melakukan pekerjaan di perusahaan dengan baik, sehingga hasil yang diperoleh bisa berjalan dengan baik dan berpengaruh pada keberhasilan perusahaan. 

Namun, dari waktu ke waktu seseorang bisa mengalami demotivasi atau penurunan motivasi kerja yang disebabkan karena beberapa hal seperti hubungan yang kurang baik dengan atasan dan rekan kerja, ketidakpercayaan pada pimpinan perusahaan, lingkungan kerja yang kurang nyaman, tidak ada perkembangan dalam karir, kondisi perusahaan yang tidak stabil, merasa bosan, dan lain sebagainya. Untuk membantu Anda, berikut cara mengembalikan motivasi kerja untuk karyawan berikut ini. 

Mendengar Pendapat dan Menghargai Kinerja Karyawan 

Motivasi kerja karyawan akan meningkat jika atasan dan rekan kerjanya terbiasa untuk mendengarkan pendapat satu sama lain. Meski pendapatnya mungkin tidak selalu dipraktikkan, tapi jika karyawan dibiarkan untuk bebas berekspresi, maka secara tidak langsung sangat berpengaruh pada kinerjanya. 

Sebaiknya jangan mengecilkan kemampuan mereka karena bisa jadi salah satu dari karyawan Anda memiliki potensi tersembunyi dan solusi yang bisa membantu mengatasi masalah yang sedang dialami perusahaan. Hargai pula setiap pekerjaan yang dilakukan rekan kerja maupun bawahan. Sekecil apapun usaha mereka di perusahaan pasti juga sangat berdampak pada perusahaan.  

Memiliki Hubungan Sosial yang Baik dengan Semua Orang yang Ada di Perusahaan

Salah satu cara mengembalikan motivasi kerja karyawan adalah dengan menciptakan hubungan sosial yang baik dan interaksi yang positif. Dengan begitu bisa tercipta rasa saling menghormati dan kerjasama yang baik antar semua lini. Ini juga berkaitan dengan suasana kerja dan budaya kerja yang cukup positif. Bila dalam perusahaan tercipta suasana kerja yang kondusif sangat berpengaruh pada kinerja para karyawan agar lebih aktif, kreatif sehingga bisa menghasilkan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. 

Memiliki Jenjang Karir yang Jelas dan Memberikan Apresiasi yang Layak

Meningkatkan motivasi kerja juga bisa dipengaruhi dengan adanya jenjang karir yang cukup jelas. Hal ini ini karena semua karyawan ingin memiliki posisi yang lebih tinggi atau promosi seiring berjalannya waktu dan dengan perkembangan potensi dan kinerja yang telah dilakukan. Agar kinerja dan motivasi karyawan meningkat, perusahaan juga bisa memberikan semacam pelatihan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pemberian apresiasi pada karyawan juga perlu dilakukan sebagai cara meningkatkan motivasi kerja. Apresiasi di sini bukan hanya dari segi materi seperti pemberian bonus atau kenaikan gaji saja tapi dari hal kecil seperti pujian tulus juga bisa memberikan semangat bagi karyawan. 

Lakukan Hal-hal yang Disukai

Rasa bosan yang Anda alami saat bekerja sangat berpengaruh pada motivasi kerja. Sebenarnya ini wajar saja terjadi, apalagi jika Anda sudah bekerja bertahun-tahun di perusahaan tersebut atau pekerjaan yang Anda jalani saat ini bukanlah bidang yang Anda kuasai atau disukai. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan saat bekerja adalah dengan melakukan hobi atau hal-hal baru yang Anda sukai. Selain itu, bisa juga dengan melakukan liburan sejenak untuk membantu menghilangkan rasa bosan dan memunculkan motivasi kerja kembali. Dari sisi perusahaan, bisa mengadakan acara gathering atau outing atau menyelenggarakan acara bulanan seperti menonton bioskop, makan, atau karaoke bersama untuk meningkatkan keakraban karyawan dan atasan.

Selain melakukan cara di atas, agar tetap termotivasi, penting juga bagi Anda untuk mempersiapkan masa depan. Salah satu caranya adalah melalui Zurich Pro-fit 8. Dengan manfaat ganda yakni pengembalian dana yang dijamin dan hasil investasi yang potensial, masa depan yang lebih baik bisa terwujud. 

Untuk tahu lebih lengkap soal informasi Zurich Pro-fit 8 maupun produk asuransi yang dimiliki Zurich lainnya, serta artikel yang #MudahkanHidup Anda bisa kunjungi situs resminya di www.zurich.co.id.