• Protect the environment. Think before you print.

Tips Memilih Perlindungan Bagi Orang yang Anda Cintai

26 Agustus 2019

Kini asuransi bukan hanya untuk diri sendiri tapi sudah bisa meng-cover seluruh keluarga. Berikut tips memilih asuransi kesehatan untuk orang yang Anda cintai.

Salah satu kebutuhan perlindungan yang saat ini mulai banyak dicari orang adalah asuransi kesehatan. Asuransi ini biasanya memberikan perlindungan finansial seperti pertanggungan biaya dokter atau rumah sakit untuk orang tertanggung bila mengalami sakit. 

Saat ini ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai layanan kesehatan yang menjanjikan. Namun, untuk menghindari Anda salah pilih, ada baiknya yuk ikuti tips memilih asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga tercinta. 

Lihat Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Tips memilih asuransi yang pertama adalah perhatikan kredibilitas dari perusahaan asuransi. Kenapa? Karena asuransi merupakan ‘investasi’ jangka panjang. Anda bisa mencari tahu dari kerabat atau teman yang sudah pernah memakai jasa perusahaan asuransi tersebut dan Anda juga bisa memanfaatkan informasi yang ada di internet seperti dari situs resmi perusahaan asuransi. Telitilah cara mereka menangani asuransi kesehatan dan proses pengajuan klaimnya.

Mengerti Prosedur dan Sistem Asuransi

Tips memilih asuransi kesehatan selanjutnya pahami betul semua manfaat, prosedur, dan sistem pelayanan dari asuransi kesehatan tersebut. Biasanya terdapat dua sistem klaim asuransi untuk menanggung biaya pengobatan, yakni reimburse dan cashless (tanpa tunai) yang berlaku di Indonesia. 

Sistem reimburse, Anda harus melengkapi dokumen dan membayar semua biaya pengobatan memakai uang pribadi. Kemudian perlu mengajukan klaim penggantian uang pada pihak asuransi.

Sedangkan cashless merupakan sistem pembayaran menggunakan kartu kepemilikan asuransi di mana Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya perawatan karena sudah di-cover oleh perusahaan asuransi. Jadi, Anda cukup menunjukkan kartu kepemilikan asuransi, dan tagihan akan terbayarkan. 

Pilih Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih asuransi kesehatan perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga agar bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang paling cocok dengan kebutuhan, sehingga bisa merasakan manfaatnya secara optimal.  

Misalnya, kini sudah ada sebagian perusahaan asuransi yang menawarkan produk perlindungan yang mencakup seluruh anggota keluarga. Jadi, Anda hanya perlu memakai satu polis asuransi untuk seluruh anggota keluarga dengan biaya premi yang cukup terjangkau.

Pikirkan Jumlah Premi

Mempertimbangkan premi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya juga menjadi salah satu tips memilih asuransi kesehatan. Masing-masing perusahaan asuransi memiliki biaya premi yang berbeda untuk layanannya.

Maka dari itu asuransi harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran keuangan Anda. Pastikan cakupan biaya premi yang dibayarkan tiap bulan bisa mengcover perawatan (inap/jalan), rumah sakit, operasi, obat, dan hal lainnya. Jangan sampai layanan asuransi yang Anda pilih malah membuat keuangan Anda menjadi membengkak.

Rekanan Rumah Sakit

Perusahan asuransi yang berkualitas, pasti memiliki kerjasama dengan rumah sakit yang banyak. Ini sangat penting diperhatikan dalam memilih asuransi kesehatan. Agar ketika Anda memerlukan tindakan medis segera, Anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dengan cepat. Pilihlah rumah sakit yang lokasinya dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda dan memiliki fasilitas yang memadai ya.

Salah satu rekomendasi asuransi kesehatan yang bisa dipilih adalah Zurich Principle Care yang bisa #MudahkanHidup dengan memberikan layanan pengajuan klaim hingga maksimum 3 (tiga) kali atas penyakit kritis yang tidak memiliki hubungan dan bukan komplikasi penyakit kritis sebelumnya, dengan manfaat asuransi hingga 175% dari nilai uang pertanggungan. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait layanan yang ada di Zurich silakan kunjungi situs resminya di www.zurich.co.id.