4 Tips Perencanaan Asuransi Jiwa untuk Masa Tua yang Bisa Dilakukan

15 Oktober 2019

Ada beberapa tips tentang bagaimana mengatur perencanaan keuangan masa muda untuk mendapatkan asuransi jiwa di masa tua yang bisa Anda lakukan. Apa saja? Simak 4 di antaranya berikut ini!

asuransi masa tua

Masa muda adalah waktu yang tepat untuk memulai karir sekaligus menyiapkan masa tua. Pasalnya, setiap orang pasti akan menjadi tua dan perencanaan yang baik merupakan kuncinya agar masa tua dapat lebih tenang.

Di bawah ini ada beberapa tips tentang bagaimana mengatur perencanaan keuangan masa muda untuk mendapatkan asuransi jiwa di masa tua yang bisa Anda lakukan. Apa saja tips tersebut? Simak 4 di antaranya berikut ini!

Kurangi Hura-Hura dan Segera Menabung

Tips pertama dan utama yang penting Anda lakukan saat menyiapkan asuransi masa tua adalah dengan mengurangi perilaku hidup hura-hura yang menghamburkan uang. Tidak sedikit orang yang berpikir mengenai masa tua, baru saat mereka menginjak usia 40 atau 50 tahun.

Sayangnya, pola pikir ini cenderung keliru karena setiap orang harus meyiapkan dana pensiunnya sedini mungkin. Cara yang bisa Anda tempuh yakni membuat tabungan khusus agar dana tersebut bisa berkembang secara maksimal. Semakin cepat Anda menyiapkan hal ini, semakin besar hasil yang dapat  Anda tuai di kemudian hari.

Mulai Berhitung Uang Pensiun

Untuk mengetahui produk asuransi jiwa yang Anda butuhkan saat memasuki usia yang tidak lagi produktif, Anda harus menghitung uang pensiun yang dibutuhkan. Caranya bisa dengan memanfaatkan kalkulator pensiun yang biasanya disiapkan oleh pihak asuransi.

Beberapa indikator dalam menentukan besaran uang pensiun yakni prediksi biaya per bulan yang diperlukan. Dengan begini, proses perencanaan pun lebih mudah dan berpeluang untuk memberikan hasil terbaik.

Siapkan Tabungan Darurat

Tidak hanya itu, dalam menyiapkan diri untuk menghadapai masa tua Anda perlu menyiapkan tabungan darurat yang terpisah dari anggaran asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Tabungan ini bertujuan untuk mengantisipasi munculnya hal-hal yang tidak terduga dan bisa dicarikan kapan saja.

Adapun besaran tabungan darurat yang ideal sebaiknya berkali lipat dari penghasilan bulanan. Apabila Anda tidak memiliki tabungan seperti ini, maka besar kemungkinan akan memengaruhi anggaran yang lain dan bukan tidak mungkin menimbulkan utang.

Memiliki Usaha Sampingan dan Investasi

Terakhir, jangan ragu untuk memiliki usaha sampingan selain pekerjaan utama Anda. Apalagi jika penghasilan utama sekarang dirasa kurang memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ada berbagai usaha sampingan yang bisa dilakukan, salah satu yang paling mudah yakni berjualan melalui media sosial atau marketplace yang banyak tersedia.

Yang jelas, jangan sampai usaha sampingan ini mengganggu pekerjaan utama Anda agar tetap dapat bekerja secara profesional. Selain usaha sampingan, Anda juga bisa mulai berinvestasi, baik itu berupa produk asuransi jiwa atau produk asuransi kesehatan di masa mendatang.

Salah satu produk yang bisa Anda manfaatkan sebagai asuransi masa tua yakni asuransi Zurich MahaCita Protection di mana produk ini memberikan perlindungan jiwa hingga Anda berusia 100 tahun. Jika selama masa asuransi pihak yang tertanggung meninggal dunia, maka asuransi masa tua ini akan memberikan uang pertanggungan.

Bukan hanya itu, ada juga peluang investasi optimal dan menarik  yang ditawarkan Zurich MahaCita Protection. Investasi ini diambil dari saldo unit yang terbentuk dalam polis berdasarkan perkalian antara harga unit dengan jumlah unit yang dimiliki pada saat tertentu.

Adanya perlindungan lengkap dengan asuransi tambahan Zurich MahaCita Protection hadir dengan 7 asuransi tambahan untuk perlindungan yang lengkap sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kehidupan Anda dan keluarga. Jadi tunggu apalagi? Segera persiapkan masa tua Anda yang lebih baik.