• Protect the environment. Think before you print.

5 Tips Interview Kerja Agar Mencuri Hati Para HRD, Apa Saja?

15 Oktober 2019

Interview bersama HRD pasti selalu dilalui oleh pelamar kerja. Ada beberapa tips interview kerja yang bisa Anda ikuti di bawah ini agar bisa mencuri hati HRD.

tips interview kerja

Tahapan seleksi yang pasti dilalui oleh setiap pencari kerja adalah interview bersama HRD. Sayangnya tidak semua wawancara kerja bisa dilalui dengan baik oleh setiap kandidat karena berbagai faktor. Sebagai orang yang diwawancarai, tentu Anda harus tahu apa saja tips interview kerja agar bisa mencuri perhatian HRD. 

Pasalnya Anda bersaing dengan banyak orang agar bisa mendapatkan pekerjaan impian. Lantas apa saja tips interview kerja yang perlu Anda lakukan untuk membuat diri lebih menonjol di depan HRD? Yuk simak poin-poinnya di sini. 

Lakukan Persiapan dengan Matang

Tips interview kerja yang pertama adalah menyiapkan diri sebaik mungkin. Caranya dengan mencari tahu lebih banyak soal perusahaan dan pekerjaan yang dilamar. Alasannya karena pasti salah satu pertanyaan yang akan diajukan oleh HRD adalah mengenai dua hal tersebut. Tujuannya perekrut ingin membuktikan apakah Anda benar-benar melamar pekerjaan itu karena memiliki minat dan kemampuan yang dimiliki. 

Jaga Sikap

Bukan hanya selama wawancara kerja, tapi saat Anda sudah memasuki perusahaan tersebut, jagalah sikap Anda. Bisa jadi sejak di lobi Anda bertemu dengan HRD, user, atau orang penting lainnya dari perusahaan yang Anda lamar. Secara diam-diam mereka bisa saja mengamati Anda. 

Saat menunggu panggilan wawancara baiknya jangan terlalu sering mengecek smartphone. Isilah dengan mengobrol bersama kandidat lain yang ada di samping Anda (jika ada) atau membaca bacaan yang ada di di dekat Anda. 

Bersikap Komunikatif dan Tidak Menjawab Singkat atau Seadanya

Hindari untuk menjawab pertanyaan HRD dengan kata “ya” dan “tidak” atau jawaban yang terlalu pendek. Namun bukan berarti Anda harus menjawab dengan penjelasan yang panjang. Intinya jawablah setiap pertanyaan dengan jelas dan berisi agar HRD semakin tertarik dengan Anda. Ketahuilah, jika pertanyaan yang diajukan oleh HRD adalah bagian dari pertanyaan pancingan untuk membuat Anda menceritakan lebih banyak dari yang ada di CV. 

Cobalah untuk Bertanya Soal Hal yang Berhubungan dengan Lowongan Pekerjaan

Saat interview kerja jangan hanya menjawab pertanyaan dari HRD saja. Anda juga bisa bertanya pada HRD terkait pekerjaan yang dilamar, budaya atau aturan perusahaan, dan hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan. Tips interview kerja ini bisa menjadi poin plus di mata HRD karena bisa menggambarkan antusiasme Anda untuk bergabung di perusahaan. 

Jelaskan Hal-hal yang Berhubungan dengan Pekerjaan yang Dilamar

Meski di CV Anda sudah menyebutkan dan mungkin memberikan sedikit deskripsi terkait pengalaman organisasi, pendidikan, atau pekerjaan Anda yang terkait pekerjaan yang dilamar, tapi tidak ada salahnya untuk kembali menjelaskan hal-hal tersebut saat wawancara dengan HRD. Hal yang perlu diperhatikan adalah berikanlah tambahan informasi yang tidak ada di CV. Kemudian biarkan percakapan mengalir antara Anda dan HRD.

Tips interview kerja tambahan, perhatikan pakaian yang Anda gunakan. Pakailah pakaian yang menarik dan sesuai dengan budaya perusahaan yang dituju. Selain itu, jangan lupa pula untuk menjabat tangan HRD setelah masuk ke ruangannya. 

Pastikan barang bawaan sudah dirapikan. Contohnya ponsel dimasukkan ke dalam saku atau tas, tangan kanan dibiarkan tidak memegang apa pun agar siap berjabat tangan dengan rasa percaya diri. 

Itu tadi 5 tips interview yang bisa dilakukan. Pastikan semua hal dipersiapkan dengan baik. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, perlu juga mempersiapkan asuransi seperti Zurich Principle Care. Asuransi ini memberikan layanan pengajuan klaim hingga maksimum 3 (tiga) kali atas Penyakit Kritis yang tidak berkaitan dan bukan komplikasi Penyakit Kritis sebelumnya, dengan Manfaat Asuransi hingga 175% dari nilai Uang Pertanggungan.