• Protect the environment. Think before you print.

5 Tips Mengajukan Klaim Asuransi Mobil Agar Mudah Diterima

11 Oktober 2019

Jika Anda ingin melakukan klaim asuransi kendaraan ketahui dulu apa saja tips klaim asuransi yang perlu diketahui berikut ini.

tips klaim asuransi

Bagi orang yang memiliki mobil, sebaiknya memproteksi kendaraannya dengan asuransi kendaraan jika suatu waktu terjadi kecelakaan yang mengenai kendaraan roda empatnya. Nah, dengan adanya asuransi tersebut tentunya bisa membantu Anda untuk melakukan penggantian biaya atau tanggungan sesuai dengan yang ada di polis asuransinya.

Hanya saja, ketika sedang melakukan klaim asuransi ada kemungkinan pengajuan Anda akan ditolak oleh perusahaan asuransi. Ada beberapa faktor yang kemungkinan mengakibatkan terjadinya penolakan dari pihak asuransi saat Anda melakukan klaim. Biasanya, klaim yang diajukan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan asuransi tersebut atau dokumen yang diberikan tidak lengkap. Untuk meminimalisir terjadinya penolakan klaim asuransi kendaraan, berikut ketahui terlebih dahulu tipsnya. Yuk, simak ulasannya!

Lengkapi Dokumen Penting dan Isi Formulir Klaim dengan Benar 

Tentu saja Anda tidak ingin sampai bolak-balik ke kantor asuransi pada saat mengajukan klaim, bukan? Nah, agar menghindari hal tersebut, sebaiknya cek kembali dan lebih teliti lagi dalam mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti salinan polis asuransi, fotokopi STNK, fotokopi SIM & KTP, formulir klaim asuransi serta keterangan dari polisi yang menyatakan adanya kecelakaan. Selain itu, tips klaim asuransi yang perlu diperhatikan pada saat pengisian formulir klaim harus selalu mencantumkan data yang benar sesuai keterangannya. 

Jangan Sampai Melewati Masa Tenggang 

Kebanyakan asuransi biasanya memiliki masa berlakunya masing-masing. Nah, ketahuilah berapa lama perusahaan asuransi kendaraan menerima klaim asuransi, karena bisa jadi masing-masing perusahaan memiliki waktu yang berbeda-beda. Hal ini perlu diperhatikan agar pihak asuransi tidak menolak klaim Anda. 

Ketahui Apa Saja Kejadian yang Tidak Di-Cover oleh Pihak Asuransi

Coba cek kembali apa saja kejadian yang di-cover oleh pihak asuransi. Pasalnya, tiap perusahaan asuransi memiliki aturan yang berbeda satu sama lain. Anda diharapkan jeli membaca ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi agar nantinya ketika Anda mengajukan pertanggungan, prosesnya akan mudah.  Anda juga perlu melihat kembali daerah mana saja yang menjadi pertanggungan oleh pihak asuransi di isi polis.

Jangan Lupa Sertakan Bukti Dokumentasi Kerusakan Mobil yang Dialami

Untuk memperkuat bukti jika memang benar mobil Anda mengalami kerusakan, jangan lupa sertakan foto kondisi bagian mobil yang rusak. Dengan begitu pihak asuransi tidak merasa ragu akan kerusakan yang Anda alami dan klaim bisa diterima oleh perusahaan asuransi. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menunda-nunda untuk mengambil foto kerusakan agar pihak  perusahaan asuransi yakin dan tidak berpikir jika kerusakan yang terjadi adalah hasil perbuatan yang disengaja.  

Proses Pengajuan Klaim Asuransi Kendaraan 

Sebenarnya proses pengajuan klaim asuransi mobil tidaklah sulit. Jadi, perusahaan asuransi akan melakukan pengecekan validitas dokumen yang Anda sertakan dan formulir yang Anda isi. Bila memenuhi syarat-syarat yang telah diverifikasi dan klaim yang diserahkan sesuai dengan isi polis maka perusahaan asuransi bisa membayarkan klaim yang diajukan. 

Kira-kira asuransi kendaraan seperti apa yang bisa Anda pilih? Zurich Mobil Z. Asuransi mobil ini memberikan jaminan dasar perlindungan menyeluruh atas kerusakan maupun kerugian pada kendaraan yang muncul karena beberapa hal seperti pencurian, kecelakaan atau tabrakan lalu lintas lainnya. 

Selain itu, Zurich Mobil Z juga memberikan fitur tambahan seperti adanya mobil pengganti dengan lama waktu penggunaan maksimum pemakaian mobil pengganti 5x24 jam, layanan derek 24 jam, memberikan bantuan keadaan darurat saat mobil mengalami kerusakan mesin atau mogok, biaya layanan ambulans dengan nominal maksimum Rp1.000.000.

Bila ingin melakukan klaim asuransi pada Zurich Anda bisa mengisi formulir di situs resmi Zurich dan bacalah ketentuan yang berlaku. Anda juga bisa melihat tips lainnya di situs resmi www.zurich.co.id.