5 Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil

15 Oktober 2019

Ada beberapa tips bisnis yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online dengan modal kecil. Apa saja tips tersebut? Simak 5 di antaranya berikut ini!

cara usaha online

Ketika teknologi sudah semakin canggih dan internet telah bisa diakses oleh seluruh orang. Maka beragam aktivitas pun bisa dilakukan mulai dari bekerja hingga memulai bisnis secara online. Bisnis online sendiri menjadi aktivitas yang ramai dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan penghasilan.

Untuk memulai bisnis seperti ini pun tidak lagi sulit karena setiap orang hanya perlu menanamkan pola pikir bisnis di mana dalam dunia bisnis untung dan rugi tidak bisa dihindari. Berikut ini ada beberapa tips bisnis yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online dengan modal kecil. Apa saja tips tersebut? Simak 5 di antaranya berikut ini!

Pahami Apa yang Akan Dijual

Cara berbisnis pertama yang harus dilakukan adalah dengan memahami produk apa yang akan dijual. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa hal ini hanya berlaku tidak hanya untuk bisnis offline saja, padahal pelaku bisnis online juga harus paham aturan ini.

Sebagai contoh, jika usaha sampingan yang Anda jalankan adalah makanan, maka jasa pengirimannya pun harus diperhatikan karena makanan berbeda dengan pakaian. Makanan memerlukan jasa pengiriman yang cepat agar tidak rusak.

Mulai dari Sesuatu yang Disuka dan Memanfaatkan Peluang

Sebaiknya Anda memulai bisnis online dari sesuatu yang disuka. Ketika menjalankan bisnis dari hal yang disukai, maka para pebisnis akan paham betul dengan jualannya. Bukan hanya itu, Anda dituntut untuk jeli dalam melihat dan memanfaatkan peluang usaha yang ada di sekitar. Hal ini pun akan berdampak pada bisnis Anda dalam jangka panjang.

Fokus Pada Satu Bisnis

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis modal kecil, ada baiknya jika Anda fokus dulu pada satu bisnis terlebih dahulu. Pasalnya, sebagai pebisnis pemula Anda perlu mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran pada satu bisnis.

Tidak sedikit orang yang gagal hanya karena pikirannya terpecah-pecah ke dalam beragam bisnis lainnya. Maka dari itu, belajarlah untuk fokus dan membangun satu bisnis terlebih dahulu sebelum mengembangkan bisnis lainnya.

Jangan Ragu Belajar dari Kompetitor

Bagi Anda yang punya ide jualan namun ragu dengan keberadaan kompetitor, tidak ada salahnya untuk belajar dari mereka. Tips ini untuk menghindari persaingan bisnis yang sudah ada lebih dulu. Mempelajari kompetitor bisa dimulai dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangannya untuk dimodifikasi ke dalam produk yang Anda jual. Hasilnya, barang dagangan Anda pun bisa lebih unik, kreatif, dan bernilai lebih di mata konsumen.

Optimalkan Platform Bisnis Online

Cara lain bisnis online yang penting untuk diperhatikan yakni mengoptimalkan seluruh platform. Hal ini disebabkan oleh banyak platform yang bisa Anda manfaatkan, baik secara langsung maupun menggunakan pihak ketiga. Adapun tipsnya yakni sesuaikan barang jualan Anda dengan fasilitas yang disediakan oleh platform tersebut.

Sebagai contoh, apabila Anda menjual barang-barang dengan harga jutaan rupiah, ada baiknya memilih platform yang menyediakan cicilan sebagai proses pembayarannya. Dengan begini, Anda pun punya nilai tambah di mata pembeli.

Demikian tadi beberapa bisnis modal kecil yang bisa Anda jalankan di era digital. Beberapa rekomendasi bisnis yang bisa Anda mulai yakni antara lain reselling atau dropshipping pakaian, gadget, kosmetik, atau berjualan makanan dengan sistem pre-order.

Hal yang tidak boleh Anda abaikan dalam dunia bisnis yakni perlindungan agar terbebas dari kerugian. Salah satu yang bisa membantu Anda dalam menyelesaikan masalah ini adalah Zurich Business Guard sebagai paket perlindungan yang komprehensif. Untuk informasi lebih lengkapnya cek di sini.