6 PIlihan Aplikasi Edukasi Pendidikan Anak yang Bikin Si Kecil Gemar Belajar

16 Oktober 2019

Pendidikan untuk anak tidak melulu harus melalui bangku sekolah. Pemanfaatan teknologi dan internet bisa mendukung si Kecil dalam belajar, salah satunya melalui gadget. apa saja aplikasi edukasi yang bisa Anda manfaatkan agar si Kecil bisa lebih gemar belajar?

aplikasi edukasi anak

Pendidikan untuk anak tidak melulu harus melalui sekolah. Pemanfaatan teknologi dan internet bisa mendukung si Kecil dalam belajar, salah satunya melalui gadget. Yang jelas, gadget digunakan secara positif dan orang tua pun turut serta menjaga dan menemani anak selama bermain gadget.

Ada beragam jenis game belajar berbasis iOS atau Android yang bisa dimanfaatkan si Kecil untuk belajar sehingga bisa langsung dimainkan di smartphone. Lantas, apa saja pilihan aplikasi edukasi yang bisa Anda manfaatkan agar si Kecil bisa lebih gemar belajar? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

1. Paket Belajar

Salah satu aplikasi pendidikan yang menjadi favorit banyak orang tua yakni aplikasi paket belajar. Hal ini disebabkan oleh berbagai pilihan aktivitas yang bisa digunakan mulai dari berhitung, memecahkan teka-teki, menggambar, hingga pengenalan ragam budaya nusantara sehingga anak-anak tidak mudah bosan. Yang menarik, aplikasi paket belajar juga menyediakan soal ujian yang bisa dimanfaatkan untuk mengukur kemampuan si Kecil.

2. Aplikasi Asah Otak

Beragam penelitian menunjukkan bahwa untuk memaksimalkan kemampuannya, otak perlu terus diasah. Apalagi saat masih kecil di mana otak masih dalam tahap perkembangan. Adapun aplikasi untuk anak yang bisa diakses untuk mengasah bagian penting tubuh manusia ini yakni aplikasi asah otak. Di dalam aplikasi ini si Kecil akan diajak bermain sambil melakukan aktivitas yang mengasah kemampuan otak dan meningkatkan memori, misalnya tebak gambar, susun kata, atau mencari perbedaan gambar.

3. Bahasa Asing

Di era teknologi saat ini bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang tidak bisa ditawar. Setiap orang wajib menguasainya agar bisa berkomunikasi dengan warga dunia lainnya. Hal ini pun menjadi alasan kenapa anak-anak sebaiknya diajarkan bahasa asing sedini mungkin. Di smartphone pun terdapat aplikasi edukasi anak yang bisa mengajarkan bahasa asing mulai dari Inggris, Mandarin, hingga Jepang. Menarik kan?

4. Menggambar dan Mewarnai

Kreativitas si Kecil ternyata bisa diasah melalui menggambar dan mewarnai. Kedua hal ini dapat ditemukan di permainan edukasi anak  yang akan membantunya mengenal macam-macam warna dan mengembangkan imajinasi sehingga kreativitas si kecil lebih berkembang. Menggambar dan mewarnai pun tidak hanya berkaitan dengan kreativitas, tapi juga melatih sistem motorik anak.

5. Bermain Puzzle

Sementara untuk melatih konsentrasi dan ingatan si Kecil, Anda bisa mengunduh game belajar anak berupa puzzle di smartphone. Bermain puzzle berguna untuk melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Warna dan tampilan akan membuat anak-anak tertarik memainkan permainan ini.

6. Aplikasi untuk Anak Muslim

Bagi Anda yang beragam Islam tidak perlu khawatir karena ada beragam game edukasi yang bertujuan membantu si Kecil mengenalkan salat, mengaji, dan doa sejak dini. Permainan ini pun telah dilengkapi dengan ilustrasi menarik sehingga proses belajar bisa lebih efektif.

Demikian tadi beberapa daftar alternatif game edukasi anak yang dapat Anda manfaatkan untuk memancing rasa ingin tahunya dalam belajar. Selain mendukung perkembangan si Kecil, setiap orang tua juga perlu memastikan anaknya dijamin oleh produk asuransi keluarga yaitu Zurich Pro-Care.
Zurich Pro-Care adalah solusi perlindungan kesehatan yang membantu Anda mengantisipasi biaya perawatan medis.