6 Tips Investasi Bagi Para Mahasiswa yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

09 Oktober 2019

Jika Anda masih bingung, simak beberapa tips investasi untuk mahasiswa berikut ini.

tips investasi

Belajar investasi bisa dilakukan kapan saja, bahkan meskipun Anda masih dalam status mahasiswa. Usia mahasiswa menjadi usia yang paling cocok untuk belajar berbagai pilihan investasi. Pasalnya, pada usia ini, mahasiswa belum memiliki banyak tanggungan mulai dari biaya anak sekolah, cicilan kpr, atau belum berumah tangga. 

Lebih lanjut, masa kuliah merupakan masa yang tepat untuk belajar menganalisis investasi dan belajar jenis investasi yang tepat untuk Anda. Ada berbagai jenis investasi yang ada, namun Anda harus memahami terlebih dahulu jenis-jenis investasi yang ada dan yang sesuai untuk mahasiswa. Jika Anda masih bingung, simak beberapa tips investasi untuk mahasiswa berikut ini:

Perhatikan Cash Flow Anda

Tips investasi untuk mahasiswa yang pertama adalah dengan cara memperhatikan cash flow Anda. Apakah Anda mampu secara finansial untuk berinvestasi? Jika tidak mampu secara finansial percuma Anda memahami investasi. Anda bisa melakukan pencatatan keuangan terlebih dahulu selama satu hingga dua bulan. Setelah itu cek apakah Anda masih bisa menyisihkan uang saku Anda untuk berinvestasi. 

Jika Anda masih bisa menyisihkan uang untuk berinvestasi, maka pelajarilah investasi yang memang sesuai dengan budget mahasiswa. Uang minimal yang dibutuhkan untuk investasi juga masih bisa dijangkau yaitu Rp 100.000 untuk reksadana.

Tentukan tujuan Anda

Setelah Anda memastikan kemampuan finansial Anda cukup, tips investasi yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah menentukan tujuan Anda berinvestasi. Tujuan ini memperjelas alasan mengapa Anda menyisihkan uang setiap bulannya untuk berinvestasi. 

Jika Anda memiliki tujuan seperti membeli mobil pada usia 25 tahun, beli rumah pada umur 28 tahun, atau mengumpulkan uang Rp 100 juta pada umur 29 tahun untuk biaya menikah, dengan adanya tujuan yang jelas, tentu saja akan memacu Anda untuk melakukan investasi dan lebih bersemangat.

Lakukan Survey


Setelah sudah menentukan tujuan, tips investasi yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah melakukan survey. Ada baiknya Anda melakukan survey dan mengumpulkan berbagai macam informasi mengenai investasi. Setiap produk investasi memiliki keuntungan dan risiko yang berbeda-beda. Jika Anda memilih untuk belajar investasi, ada baiknya Anda belajar jenis investasi yang memiliki risiko paling rendah.

Setelah memahami investasi dengan risiko rendah, Anda bisa mulai mempelajari jenis investasi yang lebih tinggi lagi. Anda bisa belajar dari media sosial, blog, dan Youtube untuk mendapatkan informasi mengenai investasi. 

Pilih Jenis Investasi Sesuai dengan Kondisi Finansial Anda

Setelah melakukan 3 tips di atas, ada baiknya Anda menentukan pilihan produk investasi yang memang sesuai kondisi finansial Anda. Setelah Anda mendapatkan informasi yang cukup mengenai berbagai produk investasi, pastikan Anda memilih produk investasi yang sesuai dengan kantong Anda. Tidak semua produk investasi cocok dengan keuangan mahasiswa.

Untuk para mahasiswa, Anda bisa mencoba reksadana pasar uang dan obligasi sebagai jenis investasi yang memiliki risiko rendah.

Percaya pada Proses


Salah satu tips investasi untuk mahasiswa adalah percaya dengan proses yang ada. Proses investasi memang membutuhkan kurun waktu tertentu untuk bisa menghasilkan keuntungan. Dalam perjalanan investasi Anda akan mengalami naik-turun dan hal tersebut merupakan hal yang wajar. Beberapa contoh nilai saham turun, P2P gagal bayar, dan lain-lain. Ada baiknya Anda belajar setiap kegagalan dan rintangan yang ada dari proses melakukan investasi.

Jangan Mudah Mengikuti Tren


Salah satu tips investasi yang memang terbukti efektif adalah jangan mudah mengikuti tren yang ada. Tren investasi memang berubah-ubah mulai dari investasi properti, investasi saham, hingga investasi reksadana. Sebaiknya Anda jangan mengikuti tren orang-orang memilih jenis produk investasi tanpa memiliki pengetahuan atau pemahaman mengenai tren tersebut. Jika Anda hanya mengikuti tren yang ada, Anda bisa saja tidak berhasil dalam melakukan investasi.

Itulah 6 tips investasi bagi para mahasiswa yang bisa Anda jadikan referensi. Jika Anda ingin berinvestasi dengan memiliki manfaat tambahan, Anda bisa berinvestasi di Zurich Pro-Fit 8. Zurich Pro-Fit 8 adalah produk Dwiguna (Endowment) yang menyediakan manfaat ganda, yaitu manfaat pengembalian dana yang dijamin (Guaranteed Cash Back) dan hasil investasi untuk membantu Anda merencanakan masa depan yang lebih baik. Jadi tunggu apalagi?