7 Ide Lomba 17 Agustus Paling Unik dan Hemat Biaya yang Bisa Anda Tiru

16 Oktober 2019

Lomba 17 Agustus telah menjadi tradisi yang setiap tahun dilakukan sebagai perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Ada beragam lomba Agustusan yang digelar dari tahun ke tahun. Apa saja lomba tersebut?

lomba 17 agustus

Lomba 17 Agustus telah menjadi tradisi yang setiap tahun dilakukan sebagai perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Aktivitas ini diadakan sebagai upaya untuk melestarikan ingatan tentang perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan puluhan tahun lalu. 

Ada beragam lomba Agustusan yang digelar dari tahun ke tahun dengan konsep yang unik dan menghemat biaya. Dengan begini, Anda tidak perlu anggaran khusus untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Penasaran dengan lomba tersebut? Yuk, cek 7 di antaranya berikut ini!

Balap Karung Pakai Helm

Ide lomba pertama yang familiar dan mudah diimplementasikan adalah lomba balap karung pakai helm. Aktivitas ini merupakan salah satu lomba yang selalu ada saat perlombaan 17 Agustus. Pasalnya, balap karung sangat mudah dilakukan.

Peserta hanya butuh masuk di dalam karung, memakai helm, dan berjongkok. Setelah itu, para peserta hanya perlu berlari hingga garis akhir dalam keadaan jongkok. Hal yang penting diperhatikan adalah jangan sampai karung tersebut melorot.

Tarik Tambang

Merayakan 17 Agustus tidak akan lengkap rasanya tanpa tarik tambang. Semua orang tentu sudah sangat paham dengan aturan main lomba tarik tambang. Satu tim mempunyai anggota lima orang atau lebih. Tips yang perlu dipahami oleh para peserta yaitu tempatkan anggota tim yang paling kuat di depan.

Lomba Sepeda Hias

Jika selama ini bersepeda hanya merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan, maka di perayaan 17 Agustus 2019 aktivitas ini bisa dijadikan lomba. Namanya lomba sepeda hias. Syaratnya, setiap peserta wajib menghias sepeda unik dan semeriah mungkin.

Bahan-bahan yang digunakan pun sebaiknya memanfaatkan barang-barang tak terpakai yang didaur ulang, misalnya koran, plastik kresek, atau sedotan plastik. Supaya lomba sepeda hias ini semakin meriah, para pesertanya pun wajib memakai kostum mirip pahlawan nasional.

Sepak Bola Terong

Siapa yang tidak kenal dengan sepak bola? Olahraga yang dimainkan oleh 11 orang ini ternyata bisa diubah menjadi sepak bola terong sebagai salah satu lomba unik 17 Agustus. Panitia cukup menyiapkan beberapa tim yang terdiri dari 5-6 orang.

Siapkan sebuah bola plastik dan ikatkan terong di perut masing-masing peserta. Yang jelas, pastikan terong tersebut menjuntai hingga mata kaki. Adapun aturan sepak bola terong yakni setiap tim harus memasukkan bola ke gawang lawan, tapi tidak menggunakan kaki-kaki, melainkan terong yang diikat.

Lomba Lari Kelereng

Pilihan lain lomba 17an yang unik dan hemat biaya yaitu lomba lari dengan menggigit sendok berisi kelereng di pinggir mulut. Setiap orang pun bisa mengikuti lomba ini, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tips memenangkan lomba lari kelereng yaitu tetap tenang dan tidak terburu-buru mencapai garis akhir. 

Lomba Memecahkan Balon Air

Untuk kegiatan yang lebih seru dan berbeda dari yang lainnya ada lomba memecahkan balon air yang bisa Anda coba. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan balon berisi air yang digantung sesuai dengan rata-rata tinggi peserta. Menariknya perlombaan ini karena setiap peserta wajib menutup mata dan mencari sendiri balon yang akan dipecahkan.

Panjat Pinang

Kompetisi satu ini tentu bukan sesuatu yang asing lagi. Pasalnya, lomba panjat pinang selalu diadakan setiap perayaan kemerdekaan Indonesia. Selain seru, lomba ini juga menawarkan beragam hadiah menarik untuk didapatkan.

Nah, itu tadi beberapa beberapa daftar lomba HUT RI yang biasa dilakukan. Yang jelas, makna yang terkandung dari seluruh perlombaan tersebut yakni bagaimana kita perlu berjuang  untuk meraih sesuatu yang diimpikan. Hal inilah yang dilakukan oleh para pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya mengenai gaya hidup, perjalanan, kendaraan, pengembangan diri, inovasi dan sebagainya di Zurich untuk #MudahkanHidup Anda.