7 Keuntungan Menggunakan Transportasi Umum yang Perlu Anda Ketahui

09 Oktober 2019

Menggunakan transportasi umum memiliki banyak kelebihan yang bisa Anda rasakan. Rasakan keuntungannya berikut ini.

transportasi umum

Padatnya kendaraan di berbagai kota-kota besar Indonesia, khususnya Jakarta memang tidak dapat dihindari. Kemacetan yang harus Anda lalui dapat memakan waktu 2 hingga 3 jam perjalanan untuk menuju suatu tempat. Hal ini memang sulit untuk dihindari sehingga membuat tubuh mudah lelah. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah kini mulai menyediakan transportasi umum yang memadai. Mulai dari Commuter Line, Busway, MRT, hingga LRT yang masih dalam tahap penyempurnaan. Rute yang dibuka pun sudah semakin banyak sehingga dapat menjangkau daerah-daerah seperti jabodetabek dan sekitarnya. 

Maka dari itu, apa saja keuntungan yang bisa Anda rasakan? Berikut ini ada 7 keuntungan dari penggunaan transportasi umum yang perlu Anda ketahui. 

Menjadi Lebih Irit dalam Pengeluaran 

Saat Anda menggunakan transportasi umum, maka ongkos yang dikeluarkan sehari-hari tentunya lebih murah daripada membawa kendaraan pribadi. Selain itu, harga yang ditawarkan oleh pemerintah juga tergolong relatif murah, mulai dari Rp3500 hingga Rp5000 an untuk fasilitas commuter line dan busway. Berbagai pilihan lainnya juga tidak kalah murah seperti MRT atau LRT yang lebih cepat daripada kendaraan lainnya.

Memanfaatkan Waktu Selama Perjalanan untuk Kegiatan Lain 

Jika Anda memilih transportasi publik dalam berkendara menuju kantor atau suatu tempat, maka sambil menunggu hingga tiba di tujuan masih dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya. Mulai dari membaca, mencari inspirasi, dan berbagai kegiatan lainnya. 

Mempunyai Interaksi dengan Orang Baru

Berada di dalam kendaraan umum akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk melakukan interaksi dengan orang baru yang belum pernah dikenal sebelumnya. Melalui hal kecil seperti memberi senyuman atau sapaan dapat membuka sebuah topik baru sambil mengisi kekosongan hingga tiba di tempat tujuan masing-masing. 

Mengumpulkan Energi untuk Bekerja

Jika Anda merasa memiliki kualitas tidur yang buruk, maka sebaiknya memanfaatkan waktu saat berada di transportasi umum untuk mengembalikan energi dengan tidur sejenak. Hal ini dapat membantu Anda menjadi lebih segar menghadapi pekerjaan yang menanti. 

Menjadi Lebih Banyak Aktivitas Bergerak 

Apabila saat di kantor Anda lebih banyak duduk daripada bergerak, pilihan menggunakan transportasi umum menjadi pilihan tepat. Hal ini disebabkan karena Anda akan menjadi lebih banyak bergerak untuk mengejar angkutan umum agar tidak terlambat. 

Menghindari Kompetisi Mencari Lahan Parkir

Kendaraan pribadi yang banyak namun tidak diimbangi dengan lahan parkir yang memadai membuat Anda menjadi kesulitan menemukan tempat parkir. Cara ini tentunya akan membuat Anda lebih sering terlambat. Jadi, sebaiknya pilihlah transportasi umum untuk mengurangi kompetisi dalam pencarian lahan parkir. 

Menemukan Inspirasi Baru dari Kisah disekitar 

Saat Anda sedang membutuhkan ide baru, dibutuhkan suasana berbeda untuk menghasilkan ide cemerlang. Penggunaan transportasi publik dapat menjadi pilihan tepat karena Anda bisa menemukan banyak kisah menarik di sini. 

Selain itu, Anda juga dapat update berbagai tren dan perubahan yang terjadi dilingkungan masyarakat yang ingin menjaga kebersihan udara. Gerakan go green menjadi gaya hidup yang secara perlahan sudah mulai dilakukan secara rutin. 

Itulah 7 manfaat menggunakan transportasi umum yang perlu Anda ketahui. Mulailah menjaga lingkungan sekitar dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sehingga kemacetan di jalan pun dapat mulai berkurang secara perlahan. 

Polusi yang dihasilkan oleh kendaraan dapat mengganggu kesehatan, tetapi Zurich bisa #MudahkanHidup Anda melalui produk asuransi kesehatan Zurich Pro Care. Dapatkan informasi lebih lengkapnya di website resminya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.