Anda Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Asuransi Mobil yang Harus Diperhatikan

16 Oktober 2019

Tips bisnis online buat yang ingin memulai yakni mencari dan memilih ide dengan peluang besar, namun dengan modal kecil. Lantas, apa saja bisnis online yang bisa dilakukan secara?

manfaat asuransi mobil

Meningkatnya jumlah kendaraan roda empat setiap tahunnya tidak diikuti dengan kepemilikan asuransi mobil. Asuransi sendiri merupakan perjanjian antara dua pihak di mana yang satu bertindak sebagai penanggung dan satunya lagi sebagai pihak tertanggung.

Jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka pihak penanggung pun akan menyelesaikan masalah pihak tertanggung. Hal ini pun bisa berlaku terhadap kendaraan roda empat kesayangan Anda. Ada beragam manfaat asuransi mobil yang bisa didapatkan. Apa saja? Yuk, cek 5 di antaranya berikut ini!

Meminimalisir Kerugian Pencurian Kendaraan

Kendaraan roda empat tentu bukanlah hal mudah dan murah untuk dimiliki. Beberapa orang perlu untuk menabung selama jangka waktu tertentu agar bisa mendapatkan kendaraan impiannya. Hal ini pun menyebabkan seseorang akan menjaga dengan baik kendaraannya supaya tetap aman.

Sayangnya, meski telah dijaga sedemikian rupa, pemilik mobil tetap tidak bisa menghindar dari risiko pencurian kendaraan yang selalu mengancam. Maka dari itu, memiliki asuransi mobil menjadi hal yang wajib sebab jika kendaraan dicuri, maka pihak asuransi akan memberikan penggantian dana sesuai dengan perjanjian di awal.

Perlindungan dari Risiko Kerusakan

Selain meminimalisir kerugian dari pencurian kendaraan, perlindungan dari risiko kerusakan pun menjadi alasan kenapa asuransi mobil menjadi penting. Walaupun kita telah berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan, kecelakaan tetap tidak bisa dihindari.

Baik kecelakaan kecil atau besar pihak asuransi akan memberikan bantuan untuk memperbaiki kerusakan yangterjadi. Dengan begini, Anda pun tidak perlu lagi mengahabiskan banyak dana untuk mengatasi masalah ini.

Perlindungan Lebih untuk Beragam Hal

Secara umum, asuransi jenis ini terbagi ke dalam dua jenis yaitu asuransi mobil All Risk untuk perbaikan kendaraan dan asuransi mobil Total Lost Only (TLO) yang akan mengganti unit kendaraan secara keseluruhan.

Keduanya bisa dimiliki sehingga Anda pun mendapatkan perlindungan lebih untuk beragam hal. Beberapa asuransi juga sering kali menawarkan layanan tambahan seperti derek mobil dan fasilitas saluran telepon 24 jam untuk pelayanan bagi yang memerlukan.

Pengalihan Tanggung Jawab dari Pihak Ketiga

Salah satu manfaat lain dari asuransi kendaraan yakni mendapatkan pertanggungjawaban kepada pihak ketika. Apabila suatu saat terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga dan memerlukan uang dalam jumlah besar untuk pertanggungjawabannya, maka pihak asuransi akan mengambil alih tanggung jawab Anda atau pengendara jika kecelakaan terjadi. Hasilnya, Anda pun tidak perlu lagi repot untuk menyelesaikan hal ini dan membayar uang pertanggungan tersebut.

Perencanaan Keuangan Lebih Matang

Terakhir, dengan memiliki asuransi mobil Anda pun bisa merencanakan keuangan secara lebih matang. Ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan harus mengeluarkan biaya, Anda pun tidak perlu melakukannya karena sudah ada pihak asuransi yang akan mengurusnya. Tabungan Anda pun tidak akan terganggu sehingga perencanaan keuangan bisa lebih matang.

Sementara beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli asuransi yakni memilih jenis asuransi yang sesuai, cermati proses klaim dan premi asuransi mobil, dan jangan malas untuk melakukan perbandingan produk asuransi. 

Salah satu asuransi mobil yang bisa Anda miliki yakni asuransi kendaraan bermotor komprehensif dan TLO dari Zurich yang mampu memberikan perlindungan atas kehilangan total di mana Anda dapat memilih jaminan yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada beragam manfaat asuransi mobil Zurich yakni antara lain jaminan dasar berupa komprehensif, kerugian TLO, jaminan perluasan yang melingkupi kerusuhan dan bencana alam, serta jaminan perluasan tambahan.

Tidak hanya itu, ada juga manfaat tambahan lainnya seperti penggunaan bengkel resmi, bantuan derek, dan kompensasi lainnya terkait kendaraan roda empat Anda. Menarik kan?