Baterai Smartphone Cepat Habis? Ini 6 Cara Menghematnya yang Bisa Anda Lakukan

11 Oktober 2019

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai smartphone agar tidak cepat habis. Berikut 6 cara hemat baterai yang bisa diikuti.

cara menghemat baterai android

Anda yang tinggal di daerah JABODETABEK, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah pasti merasakan kondisi mati listrik total atau blackout selama berjam-jam pada awal Agustus 2019 lalu. Akibat dari peristiwa tersebut, segala macam aktivitas terhenti dan terganggu.

Salah satu dampak akibat situasi yang lalu ini adalah sulitnya melakukan komunikasi dengan keluarga, kerabat, maupun rekan kerja, karena baterai smartphone Anda habis total. Sebenarnya, kondisi baterai smartphone yang habis seharusnya tidak hanya diantisipasi saat listrik padam saja, tetapi perlu kapan pun. Untuk mempermudah Anda, berikut ketahui terlebih dahulu cara menghemat baterai smartphone berikut ini!

Jangan Aktifkan Notifikasi  Aplikasi yang Tidak Penting

Cara menghemat baterai yang pertama adalah tidak mengaktifkan notifikasi aplikasi yang sekiranya jarang Anda gunakan atau tidak terlalu penting. Contohnya notifikasi yang bisa Anda nonaktifkan adalah update berita dari aplikasi portal berita atau aplikasi chat yang jarang Anda gunakan. Biasanya setiap aplikasi memiliki pengaturan yang memiliki pilihan apakah Anda sebagai pengguna ingin memunculkan notifikasi atau tidak. 

Manfaatkan Power Saving yang Ada pada Smartphone 

Sudah banyak smartphone, khususnya keluaran terbaru yang dilengkapi fitur penghemat baterai ini. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk hemat baterai smartphone. Fitur yang satu ini akan hanya menjalankan aplikasi yang penting saja, seperti telepon, sms, internet, dan sebagainya. Nah, di saat-saat tertentu Anda bisa memakai fitur ini. Dengan begitu baterai smartphone Anda tidak akan cepat habis.

Cari Tahu dan Uninstall Aplikasi yang Paling Banyak Menyita Daya Baterai Smartphone

Salah satu ciri khas dari smartphone adalah di dalamnya sudah ada aplikasi yang memang sudah disediakan atau bisa Anda unduh sendiri. Beberapa aplikasi ada yang bisa menyedot baterai terus-menerus jika aktif digunakan. Untuk menghemat baterai cobalah cari tahu mana aplikasi yang paling banyak menyita daya baterai.  Biasanya di setiap smartphone akan tersedia informasi terkait itu. Setelah tahu, cobalah untuk meng-uninstall-nya. 

Tidak Mengaktifkan Fitur Automatic Sync 

Tidak bisa dipungkiri jika adanya fitur automatic sync pun juga digunakan untuk membantu memeriksa update-an atau informasi terbaru pada aplikasi yang ada pada smartphone, seperti media sosial atau e-mail secara berkala. Namun, proses ini menyita baterai. Maka dari itu, sebaiknya jangan mengaktifkan fitur automatic sync pada smartphone Anda, ya.

Pakai Aplikasi Ponsel yang Tidak Ada Iklan 

Cara menghemat baterai juga bisa dipraktikkan dengan mengunduh aplikasi yang bebas iklan. Aplikasi smartphone yang beredar di pasaran tersedia dalam dua jenis ada yang berbayar maupun gratis. 

Nah, salah satu kelemahan dari aplikasi yang gratis adalah banyaknya iklan yang sebenarnya sangat mengganggu. Iklan tersebutlah yang membuat smartphone bekerja lebih keras. Ada baiknya untuk menghemat baterai pakai saja aplikasi berbayar yang sudah pasti bebas iklan dan Anda bisa nyaman menggunakannya.

Jangan berpikir jika aplikasi berbayar pastilah mahal. Tidak semua aplikasi berbayar itu mahal. Hal yang terpenting adalah sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda ya. 
Jangan Pasang Brightness Terlalu Tinggi 

Ternyata untuk hemat baterai smartphone juga dipengaruhi oleh tingkat kecerahan dari sebuah layar smartphone. Intinya bila tingkat kecerahan layar makin tinggi akan berdampak pada daya baterai yang cepat habis. Cara yang bisa dilakukan, yakni dengan menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai kondisi keadaan saat itu. Hindari juga memakai pengaturan kecerahan otomatis karena malah akan  menghabiskan baterai.

Itu tadi 6 cara hemat baterai smartphone yang bisa Anda lakukan. Dengan mengikuti cara menghemat baterai di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi baterai ponsel cepat habis. Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya mengenai gaya hidup, perjalanan, kendaraan, pengembangan diri, inovasi dan sebagainya di Zurich untuk #MudahkanHidup Anda.