• Protect the environment. Think before you print.

Cara Cermat Mengelola Keuangan dengan Gaji di Bawah Rp 6 Juta

16 Oktober 2019

Meskipun memiliki gaji di bawah 6 juta, bukan berarti Anda tidak bisa membeli mobil atau mobil. Berikut tips mengelola keuangan untuk beli mobil atau beli mobil dengan gaji di bawah 5 juta.

mengelola keuangan

Banyak orang yang sudah underestimate jika memiliki gaji kurang dari 6 juta, yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menabung ala kadarnya. Padahal dengan gaji di bawah 6 juta per bulan bukan hal yang tidak mungkin untuk Anda membeli mobil baru sendiri. Hanya saja diperlukan beberapa cara cermat untuk mengelola uang agar kebutuhan lainnya tetap tercukupi. Anda harus menabung agar angsuran uang muka tidak terlalu berat. Sebagai panduan, berikut tips beli mobil bagi Anda yang memiliki gaji di bawah 6 juta. 

Menabung Saat Gajian Baru Masuk 

Tips beli mobil yang pertama adalah langsung menabung ketika gajian sudah masuk. Jangan menundanya hingga akhir bulan dengan menunggu sisa gaji. Hal ini akan membuat tabungan Anda lama terkumpulnya. Bahkan berisiko tidak bisa menabung.

Menambah Penghasilan 

Perlu dipahami, jika Anda ingin memiliki mobil, itu artinya akan ada pengeluaran tambahan biaya bulanan yang harus dibayar selain uang air pam, uang sampah, listrik, keamanan, dan biaya lainnya. Nah, daripada Anda kekurangan uang dipertengahan atau akhir bulan baiknya carilah uang tambahan misalnya dengan melakukan usaha online, menjadi freelancer, menjual pulsa, dan lain-lain agar bisa membantu meng-cover kebutuhan Anda saat di masa-masa kritis. 

Mengatur Kembali Pengeluaran

Tips beli mobil selanjutnya adalah cobalah untuk melihat bagaimana track record pengeluaran Anda selama ini. Cari tahu pengeluaran apa yang selama ini paling banyak menyita keuangan Anda dan cobalah untuk mulai berhemat. Misalnya, jika selama ini yang paling banyak adalah uang jajan, atau uang hiburan maka coba kurangilah kebiasaan tersebut. 

Menetapkan Kemampuan Keuangan yang Dimiliki

Meski baru rencana, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencari tahu atau melakukan riset berapa kisaran harga mobil yang ingin Anda beli. Bila sudah mengetahui harganya, Anda bisa mempunyai kisaran berapa uang yang harusnya Anda miliki. Jangan sampai lupa juga untuk memikirkan biaya lain seperti pajak kendaraan, dan lain-lain. Sesuaikan juga dengan kemampuan finansial Anda.  

Tentukan Jenis Mobil yang Akan Dibeli

Tips beli mobil yang terakhir, Anda harus mencari jenis mobil yang sesuai bukan hanya berdasarkan keuangan yang dimiliki tapi juga kebutuhan Anda. Jangan sampai karena keterbatasan uang Anda jadi memaksakan kehendak untuk membelinya. Pertimbangkanlah dengan seksama dan hati-hati, jangan terburu-buru. 

Sebagai tambahan, jika Anda sudah membeli mobil impian, jangan sampai lupa untuk melindunginya dengan asuransi kendaraan seperti Zurich Mobil Z yang memberikan perlindungan menyeluruh. Zurich Mobil Z memberikan perlindungan kerusakan atau kerugian yang terjadi pada kendaraan karena musibah  pencurian, tabrakan, ataupun kecelakaan lalu lintas lainnya.

Lebih lengkapnya terkait asuransi Zurich Mobil Z maupun asuransi lainnya yang dimiliki Zurich silakan kunjungi www.zurich.co.id.