Pilih Rumah atau Apartemen? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini!

10 Oktober 2019

Bingung memilih rumah atau apartemen? Sebaiknya lakukan pertimbangan dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

investasi rumah

Memiliki kediaman sendiri memang menjadi impian setiap orang. Seringkali hal ini dijadikan sebuah indikator kesuksesan seseorang. Namun, dalam memilih tempat tinggal yang cocok, Anda akan dipertemukan pada pilihan antara membeli rumah atau apartemen. 

Kedua tempat tersebut pada dasarnya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Ketahuilah terlebih dahulu hal-hal yang Anda butuhkan untuk sebuah hunian impian. 

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan? Inilah beberapa faktor penentu yang harus Anda ketahui sebelum membeli rumah impian. 

Kelebihan dan Kekurangan saat Anda Memilih Rumah atau Apartemen 

  • Lokasi dan Lahan yang digunakan 

Pada umumnya, melakukan investasi rumah atau investasi apartemen dibutuhkan kejelian untuk melihat lokasi yang strategis Hal ini dibutuhkan oleh Anda yang berada di tengah ibukota agar lebih mudah melakukan aktivitas.  

Biasanya apartemen lebih mudah ditemukan pada lokasi yang strategis daripada hunian rumah yang membutuhkan lahan lebih besar. 

Fasilitas yang diterima Pemilik

Rumah membutuhkan perawatan lebih saat Anda akan tinggal di sana. Namun, mulai dari dekorasi, pengaturan interior, hingga tema yang akan diangkat bisa dipilih secara langsung. Sedangkan, tidak semua apartemen memberi izin untuk melakukan renovasi total. 

Namun, apartemen memberikan Anda berbagai fasilitas menarik seperti kolam renang, tempat gym, dan para tukang yang membantu menyediakan tenaga untuk memperbaiki berbagai kerusakan yang terjadi pada apartemen. 

  • Harga Rumah Vs Apartemen 

Tentu saja jika dilihat dari segi harganya, rumah akan lebih mahal daripada apartemen. Hal ini disebabkan karena saat membeli rumah maka Anda juga membayar lahan tersebut. Selain itu, lokasi rumah juga menjadi penentu harga yang ditawarkan per meternya. 

Sedangkan saat Anda ingin membeli apartemen, harga apartemen sendiri tentu lebih terjangkau karena ukuran ruangannya lebih kecil daripada rumah. Dengan budget terbatas, sebaiknya pilihlah apartemen.  

  • Hak Legalitas yang dimiliki 

Membeli sebuah rumah, Anda bisa mendapatkan sertifikat kepemilikan atas lahan dan rumah. Sedangkan, untuk apartemen hak kepemilikannya jauh lebih kompleks dan seringkali untuk pemula sedikit membingungkan. 

  • Lingkungan Sosial disekitar Tempat Tinggal

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat beli rumah yaitu lingkungan sosialnya yang mendukung untuk lebih berkembang. Anda bisa menemukan komunitas baru bersama tetangga di sekitarnya. 

Sedangkan, saat Anda beli apartemen maka individualitasnya cenderung lebih tinggi. Walaupun begitu, bukan berarti tidak ada interaksi sosial. Anda masih bisa melakukan komunikasi dengan pemilik apartemen lainnya sambil melakukan aktivitas di tempat gym atau kolam renang. 

Itulah kelebihan dan kekurangan yang akan Anda jumpai sebelum memilih antara rumah atau apartemen. Hal ini harus menjadi pertimbangan yang dipikirkan sebaik-baiknya. Apapun pilihan Anda, Zurich akan memberikan keamanan bagi Anda melalui perlindungan asuransi rumah. 

Zurich Home akan menyediakan beberapa manfaat seperti tanggungan gugat hukum, kecelakaan diri, biaya pengobatan, hingga menjamin barang pribadi milik pembantu rumah tangga. Jika Anda sudah memiliki asuransi ini, maka tidak perlu khawatir lagi terhadap pilihan antara rumah atau apartemen. 

Cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayar dan merawatnya. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk Zurich Home untuk #MudahkanHidup langsung di website resminya di sini.