Sudah Punya Rencana untuk Pensiun? Ketahui Tips dan Trik Mengelola Keuangan Berikut Ini

14 Oktober 2019

Dana pensiun perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Untuk membantu Anda, berikut tips mengelola keuangan untuk dana pensiun berikut ini.

mengelola dana pensiun

Setiap karyawan pasti akan mengalami dan memasuki masa pensiun. Maka dari itu, tentu saja setiap karyawan harus mempersiapkan beberapa hal dengan sangat teliti dan berhati-hati, salah satunya adalah mengurus finansial Anda. Tak jarang dari kita yang biasanya memasuki masa pensiun akan memiliki pendapatan yang menurun dari sebelumnya. 

Namun, tak bisa dipungkiri lagi jika biaya hidup di Indonesia pun setiap hari semakin meningkat. Belum lagi dengan seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, biaya kesehatan pun juga akan mengalami peningkatan. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan dana pensiun dari sekarang agar jika suatu saat memerlukannya, Anda tidak perlu bingung atau sampai berhutang.  Lalu bagaimana cara memulainya? Mari, simak tips mengelola keuangan dana pensiun berikut ini agar bisa mempersiapkannya dengan baik berikut ini.

Jumlahkan Berapa Total Uang Pensiun yang Akan Diperoleh

Mengelola dana pensiun yang pertama adalah dengan menghitung jumlah keseluruhan uang pensiun yang akan Anda peroleh. Dengan begitu, Anda bisa memperhitungkan untuk apa saja uang yang akan Anda gunakan di masa pensiun nanti. 

Susun Rencana Keuangan dan Mengatur Uang Keluar

Dalam mengatur dana pensiun, perlu dilakukan juga perencanaan keuangan yang memuat pendapatan dan pengeluaran serta rencana nominal yang ingin diraih dalam waktu tertentu. Kurun waktu ini bisa bervariasi, baik dalam jangka pendek misalnya 1 tahun, periode menengah 5 tahun, maupun dalam durasi jangka panjang. Yakni lebih dari 10 tahun. Jika ingin cepat dananya terkumpul, Anda harus berhemat. Misalnya, dengan membawa bekal untuk  makan siang atau membeli makanan yang harganya lebih murah. 

Menetapkan Kebutuhan yang Perlu Didahulukan

Dalam mengelola keuangan untuk pensiun perlu juga menentukan kebutuhan mana yang harus didahulukan. Anda harus memastikan kembali, bahwa segala kebutuhan akan tercukupi. Selain itu, Anda juga harus menghitung kembali total pengeluaran yang harus dibayarkan dengan baik dan tepat waktu.

Buatlah Disiplin dan Komitmen 

Tips lainnya dalam mengelola dana pensiun yang bisa Anda ketahui adalah disiplin dan komitmen. Hal ini penting karena saat melakukan pengelolaan keuangan akan ada banyak godaan dan kebutuhan tak terduga yang bisa mengganggu perencanaan dana pensiun yang telah Anda buat. 

Membeli Asuransi  Kesehatan

Hal terakhir dalam mengelola keuangan pensiun yang juga tidak boleh dilupakan adalah dengan mendaftarkan diri dan anggota keluarga untuk mengikuti asuransi kesehatan. Cara ini mirip seperti menabung. Dengan adanya asuransi, jika suatu waktu Anda atau keluarga sakit, Anda tidak perlu pusing untuk mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan tertentu. 

Saat ini ada banyak asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah Asuransi kesehatan dari Zurich. Beberapa pilihan asuransi kesehatan yang bisa dipilih, yakni Zurich MahaCita Protection. Asuransi ini merupakan produk asuransi jiwa yang bisa memberikan perlindungan jiwa sampai dengan tertanggung berusia 100 tahun dan memungkinkan Anda untuk melakukan investasi. Ingin tahu lebih banyak soal asuransi yang dimiliki Zurich? Yuk, cari tahu di sini