• Protect the environment. Think before you print.

Tips Memilih Asuransi untuk Para Pemula yang Harus Diperhatikan

10 Oktober 2019

Lebih lanjut, jika Anda masih bingung memilih asuransi, Anda bisa simak informasi lengkapnya berikut ini.

tips asuransi

Siapa yang tak ingin memiliki tubuh yang sehat serta bahagia? Tentu saja hampir semua orang menginginkan hal tersebut. Namun, sebagai manusia kita pun tidak bisa memprediksikan apa yang akan terjadi di masa depan. Untuk bisa menghindari risiko-risiko tersebut, Anda sudah harus memiliki solusi dan mengambil keputusan yang tepat.

Saat ini banyak produk asuransi yang ada di Indonesia dan menawarkan berbagai macam produk. Tujuan asuransi yang utama adalah proteksi, yaitu melindungi baik, kesehatan, jiwa, keluarga hingga kendaraan Anda. Jika Anda masih muda dan belum mengetahui mengenai informasi asuransi, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan informasi di media sosial, blog, maupun Youtube. Lebih lanjut, jika Anda masih bingung memilih asuransi, Anda bisa simak informasi lengkapnya berikut ini:

Melihat Track Record Perusahaan Asuransi

Tips asuransi jiwa untuk para pemula yang pertama adalah memperhatikan track record perusahaan asuransi yang Anda pilih. Asuransi jiwa memiliki waktu pemakaian jangka panjang. Anda harus mengecek apakah keuangan perusahaan tersebut stabil dan mengecek apakah perusahaan tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Lebih lanjut, Anda juga bisa mengecek perusahaan asuransi dari prosedur pendaftaran dan apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak. Anda juga bisa mencari informasi mengenai kredibilitas perusahaan di media sosial, blog atau mencari review di Youtube.

Memilih Premi Asuransi Sesuai dengan Kemampuan Finansial 

Tips memilih asuransi untuk pemula adalah dengan cara memilih produk asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial. Sebagian anak muda memiliki gaya hidup yang tinggi tanpa memikirkan masa depan. Tidak jarang sebagian anak muda terjebak gaya hidup tinggi dan lupa untuk mempersiapkan masa depan.

Sebagai anak muda, ada baiknya Anda melakukan perencanaan keluarga yang baik. Anda harus mempersiapkan perencanaan kesehatan dan jiwa agar tidak membebankan orang lain di masa depan. Anda bisa membuat alokasi anggaran premi asuransi sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai premi asuransi mengganggu keuangan Anda.

Jangan Menunda Membeli Asuransi

Tips memilih asuransi untuk pemula berikutnya adalah jangan menunda membeli asuransi.  Sebagian anak muda tidak membeli asuransi karena merasa tidak akan mendapatkan manfaat secara langsung. Jika Anda membeli produk asuransi di usia tua harga preminya semakin mahal karena biasanya perusahaan asuransi mengharuskan medical check-up untuk mengecek kesehatan sebelum mendapatkan asuransinya. 

Kondisi kesehatan juga bisa mempengaruhi harga premi produk asuransi. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli produk asuransi pada umur yang masih muda sewaktu Anda juga masih sehat.

Produk Asuransi yang Sesuai Kebutuhan

Tips asuransi bagi pemula yang paling tepat adalah membeli produk asuransi sesuai dengan kebutuhan. Terdapat banyak produk asuransi mulai dari Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, Asuransi Pendidikan hingga Asuransi Kendaraan. Pastikan Anda memilih produk Asuransi sesuai dengan kebutuhan. 

Lebih lanjut, ada baiknya Anda jangan membeli produk asuransi dengan banyak fitur tambahan yang sebenarnya Anda tidak butuhkan karena akan membuat harga premi meningkat.

Nah, itulah 4 tips memilih asuransi untuk pemula yang bisa Anda jadikan referensi. Jangan lupa untuk memilih asuransi yang memiliki banyak manfaat. Salah satu asuransi yang memiliki banyak manfaat adalah Asuransi Zurich Proteksi 8.

Zurich Proteksi 8 merupakan Asuransi Jiwa modern yang tidak hanya memberikan perlindungan jiwa selama 8 tahun tetapi juga pengembalian premi sebesar 108% pada akhir masa perlindungan. Produk ini akan memberikan pengembalian Premi ketika polis telah berakhir. Hasilnya, Anda akan mendapatkan manfaat walaupun tidak menerima risiko apapun.