5 Kuliner Surabaya yang Unik dan Nikmat Ini Harus Segera Anda Cicipi!

09 Desember 2019

Jangan sampai Anda melewatkan makanan unik saat berkunjung di Surabaya. Agar hal itu tidak terjadi, segeralah nikmati beberapa rekomendasi kuliner ini.

kuliner surabaya,

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan memiliki pesona lain yang sulit dilupakan. Dapat disebut sebagai Kota Metropolitan kedua setelah daerah ibu kota Jakarta ini memang tidak bisa lepas dari kulinernya yang khas dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. 

Keunikan pada kuliner Surabaya terdapat pada cita rasanya yang berbeda dari daerah lainnya. Untuk Anda yang akan mengunjungi kota ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu makanan khas di sana. Hal ini tentunya dapat menunjang Anda untuk mendapatkan perjalanan yang menyenangkan di Surabaya. 

Lalu, apa saja kuliner yang wajib dicicipi? Inilah 5 pilihan makanan di Surabaya yang wajib dicicipi karena memiliki rasa yang unik dan lezat. 

1. Soto Lamongan Asli Surabaya

Untuk memulai wisata kuliner Surabaya, Anda perlu mencicipi soto ayam lamongan. Walaupun makanan ini dapat dijumpai pada berbagai daerah lainnya, khususnya Jakarta. Namun, cita rasa asli Surabaya ini tidak boleh terlewatkan saat berada di sana. 

Makanan ini dapat memperkaya cita rasa kuliner yang Anda miliki. Perpaduan ayam, soun, tomat, seledri, telur rebus, tauge, kol, dan koya yang menjadi ciri khas makanan ini akan diberikan kuah dengan beberapa rempah rahasianya sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat. 

2. Lontong Kupang, Seafood dari Surabaya

Kuliner khas Surabaya yang wajib Anda cicipi yaitu lontong kupang. Sebenarnya, kupang merupakan sejenis kerang kecil yang hanya dapat dijumpai di Kota Surabaya. Teksturnya yang unik karena bertekstur sedikit seperti pasir memiliki rasa yang lezat. 

Disajikan bersama kuah yang tidak menggunakan santan ini diberikan rempah-rempah rahasia dan semakin memperkaya cita rasa dari kerang kupang tersebut.  

3. Sate Klopo, Daging dengan Bumbu Kelapa

Kuliner Surabaya memang tidak ada habisnya untuk dicicipi. Anda dapat mencicipi menu lainnya yaitu sate klopo. Sate klopo sendiri telah dilumuri parutan kelapa sehingga akan menghasilkan rasa gurih yang berbeda. Saat ini, Anda sudah dapat menemukan sate klopo dengan pilihan daging yang beragam seperti daging ayam, usus, sumsum, juga udang.

4. Rawon Setan yang Dapat ditemukan Pada Malam Hari

Mulai dari pagi hari hingga malam, makanan di Surabaya tidak ada habisnya untuk dinikmati. Anda bisa menikmati kuliner malam Surabaya dengan semangkuk rawon setan. Makanan ini memiliki nama yang unik karena hanya dapat dijumpai pada malam hari. 

Salah satu jenis makanan tradisional ini menggunakan bumbu keluak sehingga akan menghasilkan warna hitam pada kuahnya. Perpaduan bumbu lainnya di makanan ini akan membuat Anda ketagihan. 

5. Lontong Balap Sebagai Menu Sarapan 

Kuliner di Surabaya yang tidak bisa Anda lewatkan selanjutnya yaitu lontong balap. Makanan yang terbuat dari lontong, tahu goreng, tauge, lentho, bawang goreng, kecap, sambal dan kuah segar sangat cocok dinikmati pada pagi hari. Anda akan menemukan banyak tempat yang menjajakan makanan ini. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya. 

Itulah 5 kuliner Surabaya yang unik dan nikmat, sehingga harus segera dicicipi saat berkunjung disana. Agar dapat menikmati waktu liburan Anda, sebaiknya gunakanlah asuransi perjalanan dari Zurich yang dapat memastikan pengalaman sendiri atau berkelompok terjamin dengan baik. 

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya mengenai gaya hidup, perjalanan, kendaraan, pengembangan diri, inovasi, tempat wisata kuliner menarik dan sebagainya hanya di Zurich untuk #MudahkanHidup Anda.