• Protect the environment. Think before you print.

5 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

09 Desember 2019

Simak beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang baik berikut ini:

Surat lamaran kerja

Tentu saja, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Terlebih bagi para fresh graduate.  Ada banyak faktor yang dapat membuat Anda lolos pada saat proses melamar pekerjaan. Biasanya, yang akan dilihat adalah penampilan Anda dan Anda juga harus memahami background dari perusahaan tersebut. 

Meski sudah banyak lowongan pekerjaan yang dibuka untuk para fresh graduate, namun belum tentu mereka paham betul dan tahu cara melamar pekerjaan dengan tepat. Untuk membuat kesan pertama Anda menarik, Anda harus membuat surat lamaran dan resume dengan menarik dan tepat. Simak beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang baik berikut ini: 

Format Penulisan yang Baik dan Benar

Tips membuat surat lamaran kerja yang benar adalah dengan membuat format penulisan yang baik dan benar. Ketika Anda ingin membuat surat lamaran kerja sudah pasti surat tersebut ditujukan untuk perusahaan atau instansi tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menulis surat lamaran kerja dengan format penulisan yang tepat yaitu format penulisan formal dan sesuai dengan EYD (ejaan yang disempurnakan).

Lebih lanjut, setiap perusahaan juga memiliki syarat dan aturan penulisan tertentu yang harus Anda pahami. Tidak jarang, ada sebagian fresh graduate yang masih salah dalam menuliskan surat lamaran kerja. Jangan lupa untuk membuat kop surat atau kepala surat, jika memang dibutuhkan, ya. 

Hindari Typo dan Bekas Coretan

Setelah memahami format penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar, Anda juga harus menghindari typo atau bekas coretan pada surat lamaran kerja Anda. Kedua hal tersebut akan menjadi penilaian seberapa teliti Anda. Bagi Anda yang menulis surat lamaran kerja dengan komputer dan mengirimkannya lewat email, pastikan surat lamaran kerja Anda bebas dari typo atau salah tulis.

Lebih lanjut, meskipun jarang tetapi masih ada yang menulis surat lamaran dengan tulis tangan. Jika Anda membuat surat lamaran dengan tulis tangan, pastikan tidak ada coretan atau bekas dihapus pada surat lamaran kerja Anda.

Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Tips dalam menulis surat lamaran kerja yang ketiga yakni menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Ketika Anda menulis surat lamaran kerja, sebaiknya Anda menuliskan latar belakang Anda terlebih dahulu seperti Anda lulusan dari universitas mana, pernah memiliki pengalaman magang di mana, serta memiliki minat seperti apa. Pastikan Anda menulis latar belakang dan minat Anda dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan to the point.

Hal ini berfungsi agar orang yang membaca surat lamaran kerja Anda memahami pesan atau informasi yang memang ingin Anda sampaikan.
Jelaskan Kelebihan Anda

Nah, tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar berikutnya yaitu dengan menjelaskan kelebihan Anda. Sebagian fresh graduate memilih untuk tidak memasukan kelebihan atau semua pengalamannya ke dalam resume dan surat lamaran kerja. Hal ini ternyata akan membuat Anda tidak menonjol untuk perusahaan.

Sebaiknya, Anda tulis semua kelebihan dan pengalaman Anda selama masa perkuliahan agar perusahaan bisa melihat potensi Anda. Sebagai contoh, ada orang yang ingin mendaftar di bagian HR tetapi tidak memasukan keterangan bahwa dia pernah menang lomba public speaking bahasa inggris. Keterangan bahwa ia pernah menang lomba public speaking tentu akan menjadi nilai lebih bagi perusahaan.

Jangan Copy Paste Tulisan di Internet

Nah, banyak fresh graduate yang secara tidak sengaja copy paste tulisan dari internet. Hal ini tentu akan menjadi masalah ketika perusahaan tahu Anda hanya menyalin surat lamaran kerja yang ada di internet. Hasilnya, perusahaan akan langsung menaruh Anda dalam black list. Jika Anda tidak tahu cara membuat surat lamaran kerja yang benar, Anda bisa melihat dan mencontoh tulisan di internet, dan mengubahnya sesuai dengan gaya tulisan Anda. 

Itulah 5 tips membuat surat lamaran kerja yang tepat untuk Anda para fresh graduate. Setelah Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, ada baiknya Anda melindungi diri dengan membeli produk asuransi yang memiliki banyak manfaat seperti Zurich Proteksi 8.

Asuransi Zurich Proteksi 8 memiliki banyak keunggulanyakni Premi yang Terjangkau Anda akan terlindungi selama 8 tahun cukup dengan membayar Premi minimal sebesar Rp 50.000 per bulan.