• Protect the environment. Think before you print.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik? Ketahui 5 Tipsnya Berikut Ini

09 Desember 2019

Asuransi jiwa bermaksud untuk menghindarkan seseorang dari kerugian finansial saat mengalami gangguan kesehatan serta risiko kematian. Lantas, Bagaimana cara memilih asuransi jiwa terbaik?

asuransi jiwa terbaik

Asuransi jiwa kerap disepelekan oleh banyak orang karena dianggap hanya menghabiskan anggaran bulanan. Padahal, asuransi jenis ini bermaksud untuk menghindarkan seseorang dari kerugian finansial saat mengalami gangguan kesehatan dan risiko kematian.

Sebagai contoh, ketika seorang ayah meninggal secara tiba-tiba dan meninggalkan anak serta istri, maka perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggungan bagi keluarga yang ditinggal. Dengan begini, mereka tidak akan terlantar.

Saat ini ada beragam perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi jiwa. Hasilnya, ada banyak orang yang malah kebingungan memilih. Lantas, bagaimana cara memilih asuransi jiwa terbaik? Berikut 5 tips yang dapat Anda terapkan di bawah ini!

Menyesuaikan dengan Keperluan

Tips utama yang patut Anda lakukan saat mempertimbangkan sebuah produk asuransi adalah menyesuaikan dengan keperluan yang ada. Saat ini ada beragam produk asuransi yang ditawarkan dengan manfaat yang berbeda-beda. Pilihlah produk yang benar-benar cocok kebutuhan Anda, misalnya manfaat asuransi jiwa untuk jaminan penyakit kritis, biaya pendidikan anak, atau jaminan hari tua.

Menganggarkan Asuransi Secara Tepat

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin memiliki produk perlindungan diri, menganggarkan secara tepat produk tersebut menjadi tips yang tidak kalah penting. Langkah ini bertujuan agar anggaran asuransi tidak mengganggu kebutuhan lainnya. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda memilih asuransi dengan premi yang relatif rendah dengan manfaat maksimal.

Memahami Manfaat dan Besaran Uang Pertanggungan

Demi menganggarkan asuransi secara tepat, Anda perlu memahami manfaat produk dan besaran uang pertanggungan yang diberikan. Kedua hal ini akan berbeda besarannya antara pihak asuransi yang satu dengan yang lainnya.

Namun biasanya, semakin tinggi premi yang Anda bayarkan, maka semakin banyak pula manfaat dan uang pertanggungan yang kelak akan diterima. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menanyakan hal ini secara mendetail kepada pihak asuransi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Memilih Produk dengan Layanan Terbaik

Tidak sedikit pemilik asuransi yang sering kali mengalami kendala terkait pelayanan dari pihak asuransi. Beberapa pihak asuransi tidak memiliki layanan pelanggan 24 jam sehingga ketika terjadi sesuatu dan diperlukan informasi penting terkait produk asuransi jiwa yang dimiliki, maka nasabah akan mengalami kebingungan.

Mengetahui Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Terakhir, tips yang tidak boleh Anda lewatkan saat akan memilih asuransi yang terbaik yaitu mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi. Hal ini disebabkan oleh sifat perjanjian asuransi yang biasanya jangka panjang sehingga kredibilitas ini tergolong penting untuk diperhatikan.
Perhatikan pengelolaan serta kinerja dari perusahaan incaran Anda dan pastikan tidak bermasalah. Keterbukaan informasi bahkan memungkinkan Anda untuk melihat laporan keuangannya serta rating dari para nasabahnya.

Salah satu produk yang bisa Anda pilih yakni asuransi jiwa dari Zurich. Asuransi jiwa  yang Zurich miliki yaitu Zurich Proteksi 8 dengan perlindungan terjangkau dengan total pengembalian premi 108%.