Cara Membayar Pajak Online yang Perlu Diketahui Agar Tidak Salah

09 Desember 2019

Jika Anda masih takut salah membayar pajak online, Anda bisa simak informasi lengkapnya berikut ini:

Bayar pajak online,

Dengan semakin berkembangnya jaman, segala kebutuhan dan aktivitas menjadi lebih mudah. Saat ini Anda tidak lagi perlu untuk membayar listrik ke PLN, membeli baju harus pergi di Toko hingga beli bahan makanan untuk memasak makan malam bisa dipesan secara online. Selain beberapa kegiatan di atas, salah satu kegiatan yang makin mudah dengan hadirnya teknologi adalah membayar pajak.

Pajak merupakan kewajiban yang harus dibayarkan warga negara yang baik untuk pembangunan negara. Saat ini, Anda dipermudah dalam proses transaksi bayar pajak secara online. Membayar pajak secara online pun cukup mudah, Anda hanya perlu memasukan kode billing yang memang sudah tertera. Jika Anda masih takut salah membayar pajak online, Anda bisa simak informasi lengkapnya berikut ini:

Daftar Online Pajak

Cara bayar pajak online yang pertama yakni Anda harus registrasi di OnlinePajak terlebih dahulu sebelum Anda bisa menggunakan sistem e-Billing Pajak di OnlinePajak. Dalam proses pendaftaran, Anda diharuskan melengkapi data-data yang dibutuhkan dalam bayar pajak online yaitu registrasi perusahaan dan mengisi data secara lengkap tentang perusahaan dan menyertakan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaan Anda bekerja.

Membuat ID Billing

Cara bayar pajak online berikutnya adalah dengan cara membuat ID billing. Kode billing atau ID billing dibutuhkan sebagai nomor untuk membayarkan pajak secara online. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat ID Billing yakni melakukan registrasi di aplikasi resmi pajak yang bernama OnlinePajak. Aplikasi ini merupakan Application Service Provider (ASP) atau agen pajak yang sudah sah dan disetujui oleh DJP untuk membuat kode billing atau ID billing Anda.

Selanjutnya, Anda juga bisa pergi ke bank yang sudah disetujui seperti bank BCA, BNI, Mandiri, dan Citibank. Anda juga bisa mengunjungi kantor pos untuk membuat kode billing. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu Anda bisa mendaftar melalui website www.sse.pajak.go.id. Untuk Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih mengenai layanan bayar pajak online dan ingin mendapatkan kode billing, Anda bisa pergi ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau KP2KP yaitu Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan.

Bayar Pajak

Setelah memiliki kode atau ID billing, Anda bisa menggunakan kode billing tersebut untuk bayar pajak online melalui aplikasi OnlinePajak (khusus BNI dan CIMB Niaga), ATM, sms banking, ATM banking atau mendaftar secara langsung di teller bank. Setelah selesai membayar pajak secara online menggunakan kode billing tersebut, Anda akan mendapatkan NTPN atau Nomor TAnda Penerimaan Negara.

Setelah itu, Anda bisa memasukan NTPN tersebut ke dalam laporan SPT Anda untuk melakukan pelaporan pajak online atau yang umumnya dikenal dengan nama E-Filing.

Itulah cara bayar pajak online yang wajib Anda ketahui. Anda harus membayar pajak secara rutin sebagai wajib pajak yang baik. selain membayar pajak penghasilan secara rutin, ada baiknya Anda juga membayar pajak kendaraan bermotor secara rutin. Selain membayar pajak kendaraan bermotor secara rutin, Anda juga harus melindungi kendaraan bermotor Anda dengan Asuransi untuk menghindari risiko-risiko buruk yang akan terjadi.

Salah satu Asuransi kendaraan bermotor yang berkualitas dan terpercaya yaitu Asuransi Mobil Z dari Zurich. Asuransi Mobil Z dari Zurich memberikan perlindungan dan manfaat seperti perlindungan menyeluruh atas kerusakan/kerugian pada kendaraan karena tabrakan, pencurian ataupun kecelakaan lalu lintas lainnya. Lebih lanjut, Asuransi Mobil Z juga menanggung kerusakan akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase (RSCCTS).

Anda harus membaca Buku Polis dan Ikhtisar Polis untuk mengetahui rincian perlindungan dan manfaat yang tersedia, batasan-batasan, dan syarat dan kondisi yang berlaku untuk informasi yang lebih lengkap. #MudahkanHidup dengan menggunakan Asuransi Mobil Z, ya.