Cara Mudah Melakukan Investasi Emas untuk Milenial yang Bisa Dilakukan

10 Desember 2019

Milenial yang ingin mencoba investasi, bisa memulai dari emas. Berikut cara investasi emas bagi milenial yang bisa dilakukan.

harga emas

Emas menjadi salah satu pilihan investasi yang cukup digemari saat ini, khususnya oleh para millenials. Alasannya, karena harganya yang terus bertambah seiring waktu dan menjadi pilihan investasi jangka panjang. Emas juga menjadi investasi yang cenderung lebih aman dalam berbagai kondisi. 

Biasanya, emas yang sering dijadikan investasi adalah emas batangan, emas perhiasan, logam mulia, dan voucher emas. Ketika harganya naik, tentunya Anda bisa menjualnya kembali. Untuk membantu Anda, berikut cara investasi emas yang bisa dilakukan oleh para millenials.

Tentukan Tujuan Investasi Emas dan Sesuaikan dengan Penghasilan Anda 

Cara investasi emas yang pertama adalah menetapkan tujuan. Hindari hanya membeli emas, kemudian disimpan, dan dijual kapan saja tanpa perhitungan. Lakukan investasi emas untuk biaya menikah, biaya naik haji, atau untuk dana pendidikan.

Dengan tujuan yang jelas, Anda bisa dengan mudah menetapkan perencanaan seperti menetapkan berapa banyak emas yang harus dimiliki agar tujuan tersebut tercapai.

Jika pendapatan Anda setiap bulan sudah surplus, maka kelebihan dana tersebut bisa dipakai untuk investasi. Hindari untuk menggunakn seluruh penghasilan atau berutang untuk berinvestasi. 

Cari Tahu Harga Emas

Setelah menentukan tujuan, Anda perlu mencari tahu dulu harga emas batangan yang ada di pasaran. Cobalah mencari tahu harga emas di toko-toko tertentu atau tempat menjual emas resmi seperti di kantor Antam, Pegadaian, dan lainnya. Bisa juga mencari harga emas di situs-situs tertentu yang selalu meng-update harga emas terkini. Panduannya, bila harga emas turun, belilah emas, sementara ketika harga emas sedang naik, juallah emas Anda. 

Menetapkan Tempat Pembelian Emas yang Tepat

Saat ingin melakukan investasi emas perlu juga melakukan pertimbangan membeli di tempat yang terpercaya. Anda perlu mencari tahu dulu di mana tempat resmi untuk membeli emas.

Ini dikarenakan sudah ada beberapa kasus penipuan emas yang nominalnya sangat besar. Hindari terlalu mudah percaya bila terdapat pihak yang menawarkan emas namun prosesnya sangat cepat dan hanya memberikan sertifikatnya saja. Anda bisa beli emas di PT Pegadaian, beberapa Bank Syariah tertentu, Kantor Pusat Antam, PT Pos Indonesia, dan Unit Bisnis Antam

Menetapkan Emas yang Akan Dibeli

Cara investasi emas selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan emas yang akan dibeli. Perlu juga menentukan periode waktu membeli emas yang akan dijadikan investasi, misalnya Anda akan membeli 5 gram emas setiap bulan. Jika harga 1 gram emas Rp500 ribu, maka dalam setahun, akan menginvestasikan uang sebesar Rp6 jt. Nilai ini adalah angka pembelian emas secara flat yang belum dihitung kenaikan harga emasnya. 

Cek Kondisi Emas

Jangan sampai lupa memastikan kondisi emas saat membelinya. Telitilah terhadap kondisi emas yang dibeli, pastikan emas tersebut asli dan kondisinya tidak ada yang cacat dan mulus. Agar lebih aman, beli emas dengan mengajak orang yang ahli dalam hal emas. Hal ini untuk menghindari penipuan, meskipun di tempat penjualan resmi.

Gunakan asuransi investasi untuk melindungi emas Anda. Anda bisa memilih asuransi Harta Benda Semua Risiko dari Zurich yang bisa Anda andalkan dalam memberikan perlindungan yang sama dengan asuransi Anda atas basis risiko tertentu, namun jangkauannya lebih luas.

Asuransi ini bisa memberikan ganti rugi bila harta benda yang Anda pertanggungkan mengalami kerusakan atau hilang disebabkan karena beberapa hal yang tertera di polis Anda. Harta benda bisa  berupa bangunan atau isi bangunan atau keduanya. 

Agar tahu informasi lebih lanjut soal asuransi Harta Benda Semua Risiko di atas maupun produk asuransi lainnya, silakan kunjungi situs resmi https://www.zurich.co.id.