• Protect the environment. Think before you print.

Cara Mudah Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

09 Desember 2019

Ada banyak hal yang dapat membuat Anda kehilangan konsentrasi saat bekerja. Jadi, sebaiknya Anda mulai lakukan ini untuk meningkatkan fokus lebih baik.

meningkatkan fokus

Saat bekerja, Anda pasti sering merasa susah fokus dan kehilangan konsentrasi. Hal ini sering terjadi, khususnya saat jam-jam setelah makan siang. Jika hal ini terjadi berkepanjangan, tentu akan mengganggu aktivitas Anda karena pekerjaan tidak dapat selesai tepat waktu. 

Tentunya, Anda tidak ingin menumpuk pekerjaan menjadi semakin banyak. Oleh sebab itu, jika Anda sering mengalami hal-hal tersebut, sebaiknya jangan panik, Anda bisa merubahnya dengan mencoba melakukan beberapa solusi. 
Lalu, bagaimana caranya agar dapat meningkatkan kembali fokus dan konsentrasi saat bekerja? Anda dapat melakukan beberapa tips berikut. 

Membuat To Do List 

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan fokus. Sebagai tahap pertama, Anda dapat memulainya dengan membuat to do list, atau daftar hal-hal yang harus dikerjakan sepanjang hari. Mulailah mengurutkannya dari yang paling penting di urutan teratas.

Cara ini dapat menjadi lebih baik jika Anda memberikan jadwal yang pasti dengan mencantumkan batas waktu pengerjaan. Hal ini bertujuan agar kamu terbiasa tidak membuang-buang waktu. 

Menjauhkan Hal-hal yang Mengganggu Konsentrasi 

Langkah selanjutnya untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi bisa dilakukan dengan menjauhkan beberapa hal pengganggu selama Anda bekerja. Dalam hal ini, pengganggu dapat berupa media sosial, teman-teman yang mengajak berbincang di luar pekerjaan, hingga telepon. 

Jika pekerjaan Anda tidak berhubungan dengan hal-hal tersebut, sebaiknya hindari dan carilah tempat yang lebih nyaman dan tenang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 

Mengerjakan Pekerjaan Sesuai Urutan 

Jika Anda sudah memiliki daftar to do list, sebaiknya kerjakan semuanya secara berurutan agar dapat membantu meningkatkan fokus kerja menjadi lebih baik. Manfaatkan momentum pagi hari dimana pikiran masih cerah dan belum terbebani untuk mengerjakan tugas-tugas yang sulit terlebih dahulu. 

Biasanya saat sore hari, tubuh akan merasa lelah sehingga pekerjaan sulit akan cenderung dikerjakan lebih lama. Namun, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan keadaan. 

Jangan Lupa Beristirahat

Saat tubuh merasa cukup lelah, jangan lupa berikan waktu istirahat untuk meningkatkan fokus dan daya ingat menjadi lebih baik. Jangan melewatkan jam makan agar tidak menimbulkan berbagai penyakit seperti maag, kembung, atau mual karena terlambat makan. 

Ambilah waktu sejenak 15 hingga 20 menit dari jam istirahat untuk memejamkan mata sebentar. Hal ini cukup penting karena setelah istirahat tubuh biasanya akan terasa lebih segar dan dapat melanjutkan pekerjaan dengan lebih mudah. 

Memfokuskan Kembali Pikiran Pada Pekerjaan 

Langkah yang cukup sulit dilakukan yaitu meningkatkan fokus belajar hal baru dalam pekerjaan. Hal ini cenderung akan menguras energi Anda lebih banyak. Jika Anda merasa belum produktif, cobalah mulai melakukan review pada daftar to do list dan mencari kekurangannya. 
Misalnya waktu yang diberikan terlalu singkat atau sebaiknya mulai pekerjaan dari yang termudah terlebih dahulu. Menemukan metode yang tepat akan membantu Anda agar tetap fokus. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kembali fokus dan konsentrasi saat bekerja. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa tetap untuk tetap sehat dan melindungi diri serta keluarga dengan Zurich Principle Care

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya mengenai gaya hidup, perjalanan, kendaraan, pengembangan diri, inovasi dan sebagainya karena hanya Zurich untuk #MudahkanHidup Anda.