• Protect the environment. Think before you print.

Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dicoba

10 Desember 2019

Saat ini ada beragam peluang usaha sampingan yang menjanjikan dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Beberapa di antaranya memerlukan keahlian, namun sebagiannya lagi tidak. Apa saja bisnis tersebut?

usaha sampingan

Melakoni peran sebagai ibu rumah tangga biasanya membuat seseorang memiliki banyak waktu luang. Kesempatan inilah yang sebaiknya dimanfaatkan untuk memulai usaha sampingan. Selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bisnis jenis ini juga mampu membantu meningkatkan keuangan dalam rumah tangga.

Saat ini, ada beragam peluang usaha sampingan yang menjanjikan dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Beberapa di antaranya memerlukan keahlian, namun sebagiannya lagi tidak. Apa saja bisnis tersebut? Segera cek beberapa di antaranya berikut ini!

Katering Makan Siang

Adanya waktu luang di rumah bisa dimanfaatkan untuk berkreasi di dapur. Hasil kreasi berupa kuliner inilah yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha sampingan yang menjanjikan, misalnya untuk kebutuhan makan siang para karyawan.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika para ibu rumah tangga membuka bisnis katering yang khusus menyediakan makan siang. Usaha ini bisa dimulai dengan menawarkan katering kepada orang-orang terdekat, misalnya teman atau tetangga. Yang jelas, siapkan sampel catering terlebih dahulu dan buat daftar menu makanannya.

Jasa Kuliner Kemasan

Masih terkait dengan makanan, jasa kuliner kemasan merupakan salah satu peluang usaha sampingan yang bisa menghasilkan untung banyak. Hal ini disebabkan oleh permintaan yang terus datang terhadap makanan dan minuman yang disajikan dalam bentuk kemasan.

Beberapa contoh kuliner seperti ini antara lain sambal kemasan, camilan kering, makanan beku, serta rendang kemasan yang disukai oleh banyak orang. Tips memulai bisnis ini adalah dengan menguji coba ketahanan produk terlebih dahulu untuk mengetahui masa kedaluwarsanya. 

Reseller Pakaian Online

Siapa sangka dengan memanfaatkan teknologi dan internet, seorang ibu rumah tangga bisa mendulang Rupiah? Caranya, dengan menjadi reseller pakaian perempuan dengan membuka toko online di media sosial atau e-commerce.

Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak karena Anda hanya perlu internet dan gadget. Pastikan seluruh barang dagangan Anda berkualitas dan aktiflah dalam merespons pertanyaan atau tanggapan dari para pembeli.

Bisnis Kerajinan Tangan dan Aksesoris

Selain menjadi reseller pakaian, peluang sampingan ibu rumah tangga lainnya yang bisa segera dimulai yaitu bisnis kerajinan tangan dan aksesoris anak yang lucu dan menarik. Buatlah kerajinan tangan dengan konsep yang unik dan Instagramable sehingga dapat menarik perhatian banyak orang.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai peluang usaha sampingan yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga. Dalam menjalankan usaha sampingan, pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas dan aktif dalam berjejaring dengan banyak orang.

Tidak hanya itu, bukan tidak mungkin bisnis yang dijalankan terbebas dari risiko yang dapat menyebabkan kerugian bagi Anda. Maka dari itu, ada baiknya dari awal Anda menyiapkan asuransi bisnis seperti Zurich Business Guard. Produk asuransi dari Zurich ini menawarkan paket perlindungan yang komprehensif untuk berbagai bagian jenis usaha mulai toko, fasilitas penginapan, fasilitas kesehatan, kantor, dan restoran. Selain itu, ada pula fasilitas sarana pendidikan dengan nilai pertanggungan hingga maksimal Rp20 miliar. Dengan begini, Anda pun bisa menjalankan bisnis tanpa rasa khawatir akan risiko yang bisa saja muncul. Nah, sudah siap memulai usaha sampingan?