Masih Banyak yang Bingung! Begini Cara Cek Tagihan Listrik yang Benar

10 Desember 2019

Sudah banyak metode yang bisa dilakukan untuk melihat tagihan listrik rumah. Berikut cara cek tagihan listrik PLN yang bisa diikuti.

cara cek tagihan listrik

Pada zaman yang sudah modern ini dan dengan semakin maju teknologinya, kebutuhan listrik pun juga semakin bertambah. Hal ini tak jarang membuat banyak orang merasa khawatir terhadap meningkatnya tagihan listrik.

Terdapat 2 jenis pemasangan listrik yang biasa berlaku di rumah, yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Listrik prabayar merupakan sistem pembayaran listrik yang menggunakan token atau pulsa. Nominal pulsa bisa dilihat pada meteran listrik dan jika akan habis, segeralah isi token Anda. Bila pulsa listrik sudah akan habis, terdapat tanda pengingat berupa bunyi “beep-beep” pada meteran listrik. 

Lalu, listrik pascabayar adalah sistem membayar listrik setelah pemakaian listrik selama 1 bulan. Listrik pascabayar lah yang perlu Anda lihat tagihannya secara rutin. Untuk membantu Anda, di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN yang bisa Anda ikuti. 

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Melalui SMS

Salah satu cara cek tagihan listrik yang paling sederhana, yakni dengan mengirimkan SMS. Cara cek tagihan listrik dengan format SMS, yakni REK(spasi)No ID Pelanggan, kirim ke nomor 8123. Anda juga bisa berlangganan SMS otomatis dengan mengirimkan pesan singkat menggunakan format PLN(spasi)ON(spasi)No ID Pelanggan, kirim ke nomor 8123. Bila ingin berhenti berlangganan, bisa kirimkan SMS dengan format sebagai berikut, PLN(spasi)OFF(spasi)No ID Pelanggan, kirim ke nomor yang sama. 

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Melalui Telepon atau E-mail

Cara cek tagihan listrik bisa dengan memakai telepon. Anda bisa menelepon PLN di nomor 123 untuk memeriksa nominal tagihan listrik. Anda juga bisa menelepon dari ponsel dengan menggunakan format kode area 123. Misalnya, bila ada di Jakarta maka formatnya adalah 021-123. Ketika sudah tersambung, Anda hanya tinggal ikuti petunjuk yang berasal dari operator. Bila melakukan panggilan ke call center PLN, Anda akan dikenakan tarif telepon normal. 

Bisa juga cek tagihan listrik PLN melalui langganan email PLN. Agar bisa mendapatkan e-mail yang berisi e-billing tagihan listrik, dengan mendaftar di e-billing PLN via e-mail pln123@pln.co.id.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Melalui Aplikasi

Cek tagihan listrik juga bisa melalui aplikasi dari PLN. Anda hanya tinggal download aplikasi PLN mobile di App Store (untuk pengguna IOS) dan Google Play (untuk pengguna android).  Kemudian set up profil PLN Mobile dengan memasukkan data yang akurat dan log in menggunakan username atau email dan password yang telah Anda buat. 

Aplikasi ini bukan hanya bisa Anda manfaatkan untuk melihat tagihan listrik saja, tapi juga bisa melihat pemakaian kwh listrik, status pengaduan, transaksi token, menghubungi pusat layanan PLN 123 dengan memakai Voice Over Internet Protocol (VoIP), mengetahui lokasi pembayaran terdekat maupun lokasi pelanggan yang terkena dampak pemadaman listrik misalnya. Melalui aplikasi PLN mobile, pelanggan juga bisa menyampaikan keluhan terhadap masalah gangguan kelistrikan yang terjadi di wilayahnya.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Melalui Website

Cara cek tagihan listrik PLN selanjutnya adalah dengan memanfaatkan website www.cekbill.com. Meski bukan situs resmi PLN tapi hasil yang dikeluarkan tetap sesuai. Di situs tersebut, Anda bisa melihat tagihan listrik yang Anda gunakan  per bulannya. 
Banyak cara untuk cek tagihan listrik PLN yang dapat membantu Anda untuk mengetahui tagihan listrik per bulan. Selain urusan listrik, ketahui juga cara melindungi hunian Anda dengan asuransi rumah.

Zurich Home hadir untuk memberikan perlindungan pada rumah Anda dari berbagai kemungkinan kerusakan atau kehilangan. Bila menggunakan Zurich Home, Anda bisa bebas menentukan jenis perlindungan sesuai kebutuhan Anda.
Di website resminya, Anda juga bisa melihat apa saja asuransi lain yang dimiliki Zurich maupun berbagai tips yang #MudahkanHidup.