• Protect the environment. Think before you print.

Mengapa 1 Desember Dijadikan Hari AIDS Sedunia?

10 Desember 2019

Memasuki bulan Desember, akan ada peringatan hari aids sedunia pada tanggal 1 Desember. Cari tahu sejarahnya dari hari peringatan ini di sini.

Hari Aids Sedunia

Setiap tanggal 1 Desember masyarakat seluruh dunia akan memeringati Hari AIDS Sedunia. Hal ini diadakan bertujuan untuk memunculkan kesadaran akan bahaya dari AIDS yang diakibatkan karena adanya penyebaran virus HIV. 

Sejarah Hari AIDS Sedunia 

Hari AIDS Sedunia pertama kali digagas oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, keduanya merupakan pegawai humas di Badan Kesehatan Dunia (WHO) khusus untuk program AIDS Global pada Organisasi Kesehatan Sedunia yang telah berlangsung di Geneva, Swiss pada Agustus 1987. 

Mereka cukup aktif dalam melakukan kampanye pencegahan HIV/AIDS. Tak hanya itu saja, mereka pun akhirnya mampu menyampaikan gagasan Hari Aids Sedunia pada Dr. Jonathan Mann yang saat itu menjadi Direktur Program AIDS Global, atau yang saat ini lebih dikenal dengan UNAIDS. Kemudian Dr. Mann menyetujui bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diadakan pada 1 Desember 1988. 

Tak hanya sampai di situ saja, Bunn pun memberikan saran jika setiap tanggal 1 Desember harus ada liputan yang dilakukan oleh media berita barat demi menyebarkan Hari AIDS Sedunia. Hal ini diyakini akan membuat banyak masyarakat yang bersemangat mencari tahu tentang peringatan Hari AIDS Sedunia. 
Perlu diketahui, pada awal kemunculannya, Hari AIDS Sedunia pertama mengangkat tema anak-anak dan remaja. Tujuannya agar kesadaran terhadap AIDS tumbuh dari keluarga, bukan dari kelompok-kelompok tertentu. Kemudian di tahun 1996, Hari AIDS Sedunia digaungkan oleh UNAIDS, yang merupakan organisasi dunia di bawah naungan PBB yang fokus pada HIV/AIDS. 

Tujuannya kegiatan tersebut agar sosialisasi dan kampanye pencegahan HIV/AIDS bisa menyebar sepanjang tahun. Misi utama UNAIDS adalah untuk meminimalisir kerentanan seseorang dan komunitas pada virus HIV, memberikan fasilitas dan dukungan bagi orang yang sudah terkena virus HIV, menyebarkan pencegahan HIV AIDS dan menanggulangi penularan HIV AIDS, serta mengurangi segala risikonya.  

Kampanye AIDS Dunia tahun 2004 didaftarkan sebagai organisasi nirlaba independen yang basis lokasinya ada di Belanda. Adanya Hari AIDS Sedunia bisa digunakan sebagai ajang untuk mengingatkan pemerintah dan publik jika virus HIV/AIDS belum hilang. 

Harapannya, peringatan Hari AIDS Sedunia bisa jadi momentum wujud solidaritas pada orang yang mengidap HIV/AIDS di seluruh dunia. Orang-orang yang ikut mengampanyekan Hari AIDS Sedunia memakai pita merah sebagai bentuk kesadaran HIV/AIDS di hari tersebut.

Sebagai tindakan preventif, selain Anda harus tahu apa saja gejala HIV AIDS, penyebab, cara pencegahannya dan perlu juga mempersiapkan asuransi kesehatan. Salah satu asuransi yang bisa dipilih, yakni Zurich Principle Care. Anda bisa menikmati layanan pengajuan klaim hingga maksimum 3 kali atas penyakit kritis yang tidak berhubungan dan bukan komplikasi penyakit kritis sebelumnya, dengan manfaat asuransi hingga 175% dari nilai uang pertanggungan.

Zurich Principle Care juga menyediakan fasilitas Opini Medis Kedua yang akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi tambahan yang berkaitan dengan diagnosa secara komprehensif dari para ahli di pusat pelayanan medis ternama di dunia yang sudah terdaftar di MediGuide. 
Untuk informasi lebih detail, Anda bisa kunjungi situs resminya https://www.zurich.co.id. Di website resminya, Anda juga bisa melihat apa saja asuransi lain yang dimiliki Zurich maupun berbagai tips untuk #MudahkanHidup.