5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Asuransi Kesehatan

12 Februari 2020

Memiliki asuransi kesehatan memang penting untuk menjaga masa depan lebih baik. Sebelum memilihnya, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal ini

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Asuransi Kesehatan

Menjaga kesehatan diri adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Namun, walaupun sudah berusaha dengan sebaik mungkin menjaga tubuh agar tetap bugar, seringkali terjadi hal-hal yang tidak direncanakan dan berada diluar kendali. Selain menjaga gaya hidup sehat, Anda  juga perlu memiliki perlindungan ganda dalam bentuk asuransi kesehatan untuk mengantisipasi biaya pengobatan yang harus dilalui saat gangguan kesehatan menyerang.

Manfaat asuransi kesehatan dapat membantu Anda mendapatkan penanganan kesehatan terbaik, mengingat biaya pengobatan yang semakin mahal tiap tahunnya, dan memastikan kondisi keuangan tetap terjaga dengan baik. Agar tidak salah pilih, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli asuransi kesehatan.

1. Mengetahui Kebutuhan Diri

Sebelum Anda melihat-lihat daftar asuransi kesehatan, sebaiknya kenali terlebih dahulu kebutuhan perlindungan dan manfaat apa saja yang dicari dalam sebuah asuransi. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan manfaat asuransi kesehatan jangka panjang yang maksimal, baik untuk pribadi maupun sebagai asuransi kesehatan keluarga.

2. Mengetahui dengan Baik Sistem Asuransi

Pada umumnya, Anda akan menemukan asuransi kesehatan dengan sistem cashless (tanpa tunai) sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang saat melakukan pengobatan, atau sistem reimburse. Yang terakhir mengharuskan Anda untuk menyiapkan biaya pengobatan terlebih dahulu, baru perusahaan asuransi akan ‘mengganti’nya sesuai dengan jumlah tagihan yang dibayarkan. Kedua pilihan ini tentunya perlu disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

3. Sesuaikan dengan Kemampuan

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum melirik daftar asuransi kesehatan, yaitu mempertimbangkan biaya premi. Pastikan premi asuransi kesehatan tidak mengganggu alur pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya, atau masuk budget bulanan Anda.
Hindari mengambil manfaat yang terlalu banyak di awal karena preminya pun akan semakin mahal. Ada baiknya Anda memilih manfaat yang penting saja, lalu  upgrade manfaatnya setelah memiliki penghasilan lebih. 

4. Pilih yang Terpercaya

Memilih perusahaan asuransi kesehatan sebelum membelinya merupakan langkah penting yang tidak boleh dilewatkan. Pada tahap ini Anda perlu mencari penilaian dan masukan dari orang lain, seperti kerabat atau orang-orang terdekat, demi kelancaran dan kenyamanan Anda saat menggunakan manfaat asuransi kesehatan yang dibeli. 

5. Periksa Jaringan Rumah Sakitnya

Hal terakhir yang perlu diperhatikan sebelum daftar asuransi kesehatan, adalah melakukan pengecekan jaringan rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi incaran Anda. Hal ini penting, khususnya bagi sistem asuransi metode cashless yang hanya berlaku pada rumah sakit rekanan.
Jika sudah yakin ingin membeli asuransi kesehatan Zurich, Anda bisa memilih dari beberapa jenis produknya yang pastinya dapat disesuaikan untuk #MudahkanHidup sekaligus memproteksi Anda, baik di dalam hingga ke luar negeri. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk asuransi kesehatan Zurich maupun tips asuransi kesehatan lainnya dengan mengunjungi langsung website resminya.