• Protect the environment. Think before you print.

Ketahui Manfaat dan Cara Aktifkan Instagram Dark Mode

12 Februari 2020

Instagram berinovasi dengan menghadirkan fitur dari mode. Ketahui manfaat dan cara aktifkan instagram dark mode berikut ini.

Ketahui Manfaat dan Cara Aktifkan Instagram Dark Mode Berikut

Ingin tampilan akun Instagram Anda terlihat lebih nyaman dengan warna latar yang tidak terlalu mencolok? Sekarang Anda bisa mencoba Instagram dark mode atau fitur mode gelap dari Instagram. Fitur ini bisa dipakai oleh pengguna Android maupun iOS dan identik dengan background warna hitam serta teks berwarna putih. Berbeda dengan latar sebelumnya yang berwarna putih.

Sebenarnya fitur dark mode atau mode gelap sudah diberlakukan lebih dulu oleh YouTube serta Twitter. Peminatnya pun cukup banyak. Manfaat aplikasi menggunakan dark mode ini, yaitu mampu menghemat baterai dan mengurangi cahaya pada layar smartphone agar tidak merusak mata saat sedang melihat foto. Ada beberapa cara berbeda untuk mengaktifkan Instagram dark mode pada Android dan iOS. Simak panduannya di bawah ini.

Tips Instagram Dark Mode pada Ponsel Android

Instagram dark mode belum dirasakan oleh semua pengguna Android, kecuali bagi yang sudah memiliki smartphone dengan sistem operasi (OS) Android 10. Untuk mengaktifkan fitur dark mode pada android sendiri, Anda perlu masuk ke menu Setting -> Display -> Night Mode -> On.

Anda tetap bisa mencoba dark mode jika Anda sudah join dengan Instagram Beta Program. Caranya, masuk ke Play Store lalu scroll ke bawah hingga Anda menemukan kalimat ‘You're a Beta Tester’. Pilih ‘Join Beta’. Selanjutnya, cobalah download Instagram versi beta. Kemudian buka aplikasi Instagram untuk menggunakan mode gelap. Bila Anda ingin mengembalikan tampilan Instagram ke mode light, masuk ke menu Setting -> Display -> Night Mode -> Off.

Instagram Dark Mode pada iPhone

Pada iPhone fitur Instagram dark mode hanya bisa diaktifkan di iPhone yang telah menggunakan operating system iOS 13. Jadi pastikan iPhone Anda sudah menggunakan iOS 13 dulu, ya. Aktifkan fitur dark mode di iPhone melalui Setting -> Display -> Dark Mode. Fitur instagram dark mode akan aktif secara otomatis di iPhone. Jika Anda ingin tampilan Instagram kembali ke tema normal, kembali ke ‘Setting’ dan ubah ‘Dark Mode’ menjadi ‘Light Mode’.

Bila ingin tetap menggunakan fitur dark mode, ada satu hal lagi yang perlu diketahui. Tidak semua seri iPhone sudah bisa memberlakukan iOS 13 meskipun sudah di-upgrade. Sebagai contoh, iPhone 5S tidak bisa mendukung iOS 13.

Bagaimana, tidak sulitkan menerapkan Instagram dark mode di smartphone Anda? Dengan memakai Instagram dark mode, tentunya mata akan jadi lebih nyaman ketika melihat foto-foto indah di lini masa Anda. Tampilannya pun menjadi lebih elegan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui berbagai informasi lainnya terkait gaya hidup, teknologi, kendaraan, perjalanan, sosial, inovasi hingga pengembangan diri; kunjungi situs resmi Zurich untuk dapatkan tips dan trik yang akan #MudahkanHidup Anda setiap harinya.