• Protect the environment. Think before you print.

Jangan Ditunda Lagi, Ini Manfaat Pohon Bagi Kehidupan yang Harus Disebarluaskan dan Cara Melestarikannya

12 Februari 2020

Pohon merupakan sumber kehidupan manusia karena memiliki banyak manfaat baik untuk menjaga kelangsungan hidup. Berikut ini manfaat dan cara melestarikan tanaman yang perlu Anda ketahui

Manfaat Pohon Bagi Kehidupan dan Cara Melestarikannya

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tumbuhan memiliki peran penting bagi setiap makhluk hidup. Salah satu manfaat pohon bagi manusia adalah untuk menghasilkan oksigen. Sehingga, tanaman selalu dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan manusia ataupun hewan di planet ini.

Namun, ada banyak faktor yang menyebabkan jumlah tanaman semakin menurun. Salah satunya, yaitu faktor pertumbuhan penduduk dan kota yang semakin berkembang. Sebagai makhluk hidup yang paling sering menyalahgunakan fungsi pohon, ada baiknya kita mengetahui manfaat menanam pohon dan cara melestarikannya dengan benar.

Manfaat Pohon Bagi Kehidupan

Membuat Udara Menjadi Lebih Bersih

Kualitas udara yang terus menurun setiap harinya karena faktor pencemaran udara, dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Manfaat pohon bagi kehidupan manusia memang dapat membantu membersihkan udara karena mereka dapat menyerap karbon dioksida lebih banyak dan berbagai polusi udara sehingga dapat menyelamatkan kehidupan manusia.

Mencegah Bencana Alam

Manfaat pohon bagi manusia selanjutnya, adalah menyerap air pada musim hujan sehingga bencana alam, seperti banjir atau longsor, dapat dihindari.
Jika pohon semakin berkurang, air hujan dapat mengalir tanpa ada hambatan sehingga dapat berujung pada berbagai kasus bencana alam yang mengancam kehidupan manusia. 

Kelestarian Hidup Flora dan Fauna

Manfaat menanam pohon juga penting untuk menjaga kelestarian hidup hewan dan tumbuhan. Berkat pohon, ketersediaan sumber makanan bagi hewan dapat terus berlangsung dengan baik. Mulai dari buah-buahan segar hingga berbagai sayuran yang juga bisa dikonsumsi oleh manusia, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin.

Cara Melestarikan Pohon

Melakukan Reboisasi

Sejak dulu kita telah dikenalkan dengan sistem reboisasi, yang berguna untuk menjaga kelestarian tanaman dan pohon. Namun, saat ini ada banyak hutan kehilangan pohon akibat penebangan liar yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, Anda dapat mulai menerapkan sistem reboisasi, yaitu menanam kembali hutan-hutan yang telah gundul. Cara ini memang menjadi solusi terbaik untuk menjaga agar rantai ekosistem planet tercinta ini, tidak terputus.

Melakukan Sistem Tebang Tanam

Sistem ini merupakan cara yang cukup mudah agar kebutuhan manusia akan kayu tetap terpenuhi, yaitu dengan menanam pohon yang baru saat pohon lain ditebang. Dengan demikian kelestarian hutan tetap terjaga dengan baik.

Itulah beberapa manfaat pohon bagi kehidupan dan cara melestarikannya. Menjaga kelestarian pohon merupakan salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjamin masa depan cerah bagi seisi bumi. Anda juga dapat memberikan dukungan atau sumbangsih melalui peringatan hari menanam pohon Indonesia, salah satunya dengan mengenalkan dan menyebarkan manfaat menanam pohon ini kepada masyarakat luas.

Selain melestarikan masa depan, Anda juga perlu melindungi masa depan. Langkah kecil yang bisa dimulai, adalah melakukan investasi untuk menjaga keuangan tetap stabil di masa mendatang. Salah satu jenis investasi yang dapat Anda lakukan, yaitu membeli asuransi dengan manfaat ganda berupa pengembalian dana dan hasil investasi yang potensial, seperti yang ditawarkan oleh Zurich Pro-Fit 8. Untuk informasi detail atau tips #MudahkanHidup lainnya dari Zurich, segera kunjungi situs resminya, sekarang juga.