Mitigasi Bencana Topan Hagibis Jepang dengan Persiapan Keamanan

12 Februari 2020

Bencana alam yang sudah diprediksi tidak bisa diabaikan begitu saja. Perlu dilakukan antisipasi yang tepat agar dapat menyelamatkan diri, seperti cara berikut ini

Mitigasi Bencana Topan Hagibis Jepang dengan Persiapan Keamanan

Negeri Sakura terkenal dengan keindahan alam dan keramahan penduduknya. Memiliki alam yang memesona, negara ini juga dibayangi oleh bencana alam yang bisa datang kapan saja, seperti Topan Hagibis Jepang yang terjadi belum lama ini. Bisa dibilang Jepang dapat melalui bencana tersebut dengan baik karena sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menanggulangi berbagai bencana alam yang menimpa mereka.

Setiap warga negara Jepang sudah belajar mitigasi bencana alam sejak usia dini dan diwajibkan untuk mengikuti latihan-latihan penyelamatan yang diperlukan. Kita pun dapat belajar persiapan menghadapi bencana dari warga Jepang agar tetap siaga dan tahu apa yang harus dilakukan walau bencana datang tak terduga.

Melakukan Antisipasi di Dalam Ruangan

Bencana alam seperti topan Hagibis Jepang tetap berbahaya walaupun sudah pemerintah sudah memberikan peringatan dini atau peringatan darurat sebelumnya. Inilah sebabnya Anda tetap perlu melakukan tindakan antisipasi di rumah. Salah satu hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk kesiapan menghadapi bencana di dalam ruangan, yaitu dengan menutup semua jendela dan pintu.

Anda diharapkan tidak berlindung di bawah kasur atau lemari, melainkan carilah ruangan tengah yang cenderung kosong untuk menghindari risiko tertimpa benda berat saat terjadi gempa. Jangan lupa untuk mematikan aliran listrik dalam rumah supaya tidak terjadi korsleting listrik.

Menghadapi Angin Topan Saat Berada di Luar

Jangan panik, adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Anda tidak dapat membantu siapa pun dalam keadaan panik. Segera berlari secepatnya menuju arah berlawanan hingga angin berpindah arah atau berhenti.

Umumnya, angin topan akan diikuti oleh petir yang menyambar cukup rendah. Oleh sebab itu, hindarilah area pepohonan, tiang listrik, dan papan reklame yang berpotensi jatuh menimpa Anda. Cara terbaik menghindari petir yang semakin mendekat, yaitu dengan mencari tempat aman lalu bungkukkan badan secara perlahan untuk memeluk lutut.

Mitigasi Bencana Saat Berada dalam Kendaraan

Selain kesiapan menghadapi bencana angin topan di dalam dan luar ruangan, persiapkan diri juga dengan belajar mitigasi bencana saat berada dalam kendaraan. Perhatikan sekeliling untuk memastikan tidak ada orang yang terluka saat Anda perlu menghentikan mobil secara tiba-tiba. Hanya ambil barang berharga yang memungkinkan untuk dibawa, lalu segera tinggalkan kendaraan Anda untuk berlari mencari tempat aman.

Itulah beberapa persiapan menghadapi bencana yang bisa Anda pelajari dari penanggulangan topan Hagibis Jepang. Tidak hanya belajar mitigasi bencana, Anda juga perlu mempersiapkan perlindungan diri dan keluarga dari kerugian materi yang muncul ketika bencana alam melanda. Dengan asuransi yang tepat, harta benda akan tetap terlindungi saat bencana melanda. Anda dapat memilih asuransi dengan berbagai keuntungan dari Asuransi Bencana Alam Zurich. Lindungi harta benda Anda sejak dini bersama Zurich untuk #MudahkanHidup di masa mendatang.