• Protect the environment. Think before you print.

Rekomendasi Usia Ban Mobil yang Aman Digunakan Berkendara

12 Februari 2020

Menggunakan kendaraan dengan aman dapat dilakukan melalui pemeriksaan secara menyeluruh, khususnya pada ban. Jadi, Anda perlu mengetahui usia ban mobil sebenarnya.

Harus Diingat Rekomendasi Usia Ban Mobil yang Aman Digunakan Berkendara

Memiliki dan menjaga kondisi kendaraan tidak cukup dengan rajin mencucinya saja. Selain body dan mesin, usia ban mobil juga memainkan peranan penting dalam keselamatan Anda saat berkendara. Sayangnya pemeriksaan ban mobil sering luput dimasukkan dalam jadwal perawatan kendaraan yang rutin dilakukan. Di bawah ini adalah beberapa cara mengetahui umur ban mobil yang bisa Anda pelajari agar aman selama di perjalanan, dan tentunya membuat kendaraan pun makin awet.

Kisaran Usia Ban Mobil

Sebenarnya usia ban mobil dapat bertahan hingga 10 tahun sejak pertama kali diproduksi. Namun, angka tersebut dapat terus berkurang seiring dengan frekuensi pemakaian kendaraan. Umumnya ban mobil hanya layak dipakai hingga 3 tahun saja.

Cara mengetahui umur ban mobil dilihat dari jarak tempuh kendaraan, yakni hingga mencapai 40.000 km per jam. Jika sudah mencapai angka tersebut dan walaupun usianya masih kurang dari 3 atau 10 tahun masa pemakaian, ban tetap perlu diganti untuk memastikan keselamatan dalam berkendara.
Tidak hanya kisaran usia ban mobil, di bawah ini juga terdapat tanda-tanda fisik ban yang menandakan waktunya telah tiba untuk mengganti ban kendaraan Anda.

Ban Sering Kempes

Kondisi jalanan memang sulit diprediksi, apalagi dengan banyaknya pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung. Banyak jalanan kecil maupun jalan utama menjadi rusak sehingga tak sedikit pula yang menyebabkan ban mobil mudah kempes.

Jika hal tersebut sering terjadi di luar kebiasaan Anda berkendara dan dalam jangka waktu yang cukup dekat, artinya sudah saatnya bagi Anda untuk mengganti ban mobil agar tidak mengganggu perjalanan atau bahkan menyebabkan kecelakaan.

Pecahnya Permukaan Ban

Berada di daerah dengan iklim panas, dapat membuat usia ban mobil berkurang lebih cepat. Permukaan ban jadi mudah pecah-pecah akibat sering terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama. Segeralah mengganti ban dengan yang baru. Jangan lupa juga untuk merawatnya dengan baik agar kondisi ban tetap lentur dan tidak mudah retak.

Menipisnya Permukaan Roda Mobil

Setiap ban mobil dilengkapi dengan tread wear indicator (TWI) oleh produsenya. Tanda berbentuk simbol segitiga atau persegi ini bertujuan untuk mempermudah Anda mengukur tingkat keausan roda mobil. Jika ketebalan ban telah menyamai indicator TWI, artinya sudah masuk usia ban mobil harus ganti walaupun belum mencapai usia yang dianjurkan.

Selain mengetahui usia ban mobil ideal dan memberikan perawatan yang tepat, Anda juga perlu melengkapinya dengan perlindungan asuransi Mobil Z dari Zurich sebagai bentuk proteksi secara menyeluruh dari berbagai masalah. Tidak hanya melindungi dari kerusakan atau kerugian akibat kecelakaan dan pencurian. Produk dari Zurich ini juga akan mendapatkan beberapa fitur tambahan yang #MudahkanHidup, mulai dari bantuan saat keadaan darurat, layanan derek 24 jam, hingga valet parking protection. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi, deh, selama berkendara.