Ternyata Stres Bisa Jadi Penyebab Sariawan; Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

12 Februari 2020

Stres menjadi salah satu penyebab sariawan. Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang perlu Anda perhatikan seperti berikut ini.

Ternyata Stres Bisa Jadi Penyebab Sariawan Bagaimana Cara Menyembuhkannya

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab sariawan di lidah, bibir atau area mulut lainnya. Stres adalah salah satunya. Walaupun kecil namun sariawan bisa sangat mengganggu aktivitas, karena terjadi pembengkakkan di sekitar area tersebut. Anda jadi merasa tidak nyaman atau bahkan kehilangan napsu makan akibat rasa sakit dan perih yang muncul kemudian.

Penyebab Timbulnya Sariawan yang Mengganggu

Penyakit ini memang tidak berbahaya, tetapi jika tidak ditangani dengan baik, dapat menyebar ke berbagai area mulut lainnya. Nah, sebelum Anda mengetahui cara menyembuhkannya, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar dapat melakukan pencegahan. Inilah beberapa penyebab serta cara mengatasi sariawan.

Cedera di Sekitar Mulut

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sariawan pada area mulut. Penyebab sariawan di sekitar mulut umumnya adalah ‘kecelakaan’ kecil yang cukup sering terjadi dan akhirnya menimbulkan cedera, seperti tergigit saat makan atau terjadi gesekan secara tidak sengaja dengan gigi maupun kawat gigi.
Selain itu, mengonsumsi makanan terlalu keras pun dapat memicu sariawan.

Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Penyebab sariawan lainnya, adalah daya tahan tubuh yang menurun. Kondisi ini ditandai dengan melambatnya tubuh dalam memulihkan luka pada area mulut, sehingga menimbulkan sariawan.

Hormon yang Tidak Stabil

Setiap wanita pasti mengalami masa-masa perubahan hormon setiap bulannya. Perempuan yang sedang hamil juga bisa melalui fase perubahan hormon selama masa kehamilannya. Walaupun terhitung wajar, sariawan dapat bertambah buruk ketika hormon yang tidak stabil membuat Anda gelisah dan stress sehingga membuat kondisi ini juga sulit untuk disembuhkan.

Cara Mengatasi Sariawan di Area Mulut

Sebenarnya, sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, namun perlu didukung juga oleh beberapa hal untuk membantu mempercepat proses pemulihannya, seperti:

- Menjaga asupan makan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi merupakan kunci utama agar sistem imun tubuh dapat kembali seperti semula dan memulihkan kondisi mulut dengan segera.
- Mengonsumsi makanan yang lembut dan berusahalah untuk mengunyah lebih pelan agar tidak semakin melukai area mulut dan sekitarnya. Selain itu, makanan yang terlalu pedas, asin, asam, dan goreng-gorengan juga sebaiknya dihindari untuk sementara waktu hingga sariawan sembuh.
- Walaupun area sekitar mulut Anda terasa sakit luar biasa, bukan berarti bertambah satu alasan untuk tidak membersihkan mulut dengan benar. Pasalnya, kotoran dari sisa-sisa makanan dapat menimbulkan kuman sehingga dapat membuat sariawan menjadi sulit sembuh.
Itulah beberapa penyebab sariawan dan cara mengatasinya. Segera konsultasikan ke dokter jika sariawan jadi lebih sering muncul dan semakin parah hingga Anda kesulitan makan, karena kondisi ini bisa jadi gejala gangguan kesehatan lain yang lebih serius.

Jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat jika sewaktu-waktu Anda harus melalui pemeriksaan kesehatan tambahan untuk menganalisa penyebab sariawan yang dialami. Anda dapat menyiapkannya dalam bentuk asuransi kesehatan yang akan membantu Anda mengantisipasi berbagai biaya perawatan medis. Salah satu produk asuransi yang bisa Anda pilih, yaitu Zurich Pro-Care. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai produk ini, Anda dapat mengunjungi situs resmi Zurich. Dapatkan juga tips-tips menarik yang akan #MudahkanHidup Anda.