• Protect the environment. Think before you print.

Tips Mengatur Keuangan Umroh Tanpa Mengganggu Cash Flow Bulanan

12 Februari 2020

Jika berniat umroh, tentu Anda harus menyiapkan uang yang cukup. Berikut cara mengatur keuangan umroh yang bisa diikuti.

Tips Mengatur Keuangan Umroh Tanpa Mengganggu Cash Flow Bulanan

Sebagian besar umat muslim di Indonesia pasti memiliki cita-cita untuk melaksanakan ibadah haji. Hanya saja jika mendaftar haji reguler, masa tunggunya terhitung cukup lama bahkan bisa sampai lebih dari 20 tahun. Dengan masa tunggu tersebut, banyak jemaah Indonesia yang akhirnya memilih untuk mempersiapkan dan mengatur keuangan umroh terlebih dulu.

Memang harga paket perjalanan umroh tidak semahal perjalanan haji, hanya saja Anda tetap perlu uang dalam jumlah yang cukup besar agar bisa beribadah dengan tenang. Harga paket umrah yang tersedia pun cukup beragam, mulai dari yang sederhana hingga yang bintang 5. Sehingga jika ada yang menawarkan paket umroh lebih murah namun dengan klaim kualitas yang tinggi, Anda patut merasa curiga. Ada baiknya diperiksa lagi agar tidak jadi korban kasus biro perjalanan haji dan umroh gadungan.

Bagi Anda yang berniat untuk melakukan ibadah umroh dalam waktu dekat namun belum memiliki dana yang cukup, ikuti cara mengatur keuangan untuk umroh di bawah ini agar tidak mengganggu cash flow bulanan Anda.

Buat Rekening Tabungan Khusus Umroh

Cara mengatur keuangan umroh yang pertama, buatlah tabungan terpisah dari rekening gaji. Anda juga harus berkomitmen untuk tidak memakainya sebelum terkumpul sesuai budget yang sudah ditentukan. Anda bisa mengaktifkan fitur auto debet dari rekening utama yang digunakan untuk menerima penghasilan bulanan untuk mengisi tabungan umrah. Kunjungi bank Anda untuk Cobalah untuk mengatur fitur ini secara otomatis.

Pilih Paket Perjalanan Umroh Berdasarkan Kemampuan Finansial

Terkadang travel umroh dan haji menyediakan pilihan paket yang dilengkapi dengan perjalanan wisata ke beberapa negara, sebelum bahkan sesudah melakukan ibadah umroh. Namun perlu diingat jika perjalanan wisata tersebut pastilah memakan biaya yang tidak kecil.

Pikirkan juga sekembalinya Anda ke Indonesia, Anda masih perlu membayar kebutuhan lainnya, seperti  makan; minum; membayar angsuran; dan lain sebagainya. Intinya, mengatur keuangan untuk umroh bukan berarti memaksakan diri untuk mengambil paket umroh yang berada diluar kemampuan finansial Anda.

Tetapkan Satu Biro Perjalanan yang Kredibel

Menetapkan biro perjalanan yang kredibel juga menjadi salah satu cara mengatur keuangan untuk umroh. Meski uang Anda sudah dirasa cukup untuk umroh, baiknya benar-benar pilihlah biro perjalanan yang jelas dan memiliki reputasi baik. Jangan mudah tergiur oleh biro perjalanan dengan klaim memiliki jaringan skala nasional maupun internasional. Cermatlah dalam memilih dan berhati-hati. Jangan pula malas untuk mencari informasi sedetail mungkin agar terhindar dari modus penipuan.

Biasanya harga antar biro perjalanan yang satu dengan lainnya tidak sama walaupun hotel, jumlah hari, dan jadwal yang akan dilakukan sama. Hindari pula memilih paket umroh yang ‘menjual’ wajah public figure, karena biasanya cenderung lebih mahal daripada biaya paket umrah yang tidak memasang nama public figure.

Selain mengatur keuangan umroh, perlu juga memproteksi diri dengan memiliki asuransi yang akan melindungi Anda saat melakukan ibadah umroh atau haji. Salah satu rekomendasi produk asuransi yang bisa dipilih, yakni Zurich Umrah & Haji. Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan, antara lain mencakup kecelakaan diri, santunan tunai kematian, kehilangan dokumen perjalanan, kehilangan uang, keterlambatan perjalanan, keterlambatan bagasi, pembatalan perjalanan, dan biaya pengobatan. Pastikan Anda membaca dengan teliti buku Polis dan Ikhtisar Polis untuk mengetahui rincian perlindungan dan manfaat apa saja yang tersedia; batasan-batasan; dan syarat serta kondisi yang berlaku.

Kunjungi situs resmi Zurich untuk mendapatkan informasi lengkap terkait asuransi Zurich Umrah & Haji atau produk asuransi Zurich lainnya, maupun tips #MudahkanHidup.