5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Wisata Turki Anda yang Pertama

18 Maret 2020

Anda sedang berniat untuk mengunjungi wisata Turki tahun ini? Baiknya ketahui dulu apa saja hal yang perlu disiapkan sebelum berangkat.

wisata turki
Jika berbicara tempat wisata Turki, salah satunya yang paling terkenal adalah Cappadocia. Wilayah ini identik dengan aktivitas naik balon udara sambil menikmati pemandangan alam yang eksotis dengan berbagai lokasi bersejarah di sekitarnya. Cappadocia termasuk daerah di Turki yang tertutupi salju, sementara Istanbul dan daerah lainnya tidak bersalju.
 
Istanbul sendiri adalah destinasi wisata Turki yang memiliki banyak situs yang termasuk dalam UNESCO World Heritage. Istanbul juga menjadi satu-satunya kota di dunia yang terletak di dua benua, yaitu kawasan Eurasia. Selain dua fakta menarik tentang tempat wisata di atas, masih banyak lagi alasan untuk berkunjung ke Turki.
Jika Anda memang ingin liburan ke destinasi wisata yang terdapat di Turki, ada 5 persiapan yang perlu diperhatikan sebelum berangkat. Berikut informasinya!
 
Rencanakan Itinerary Wisata Turki
 
Menyusun itinerary destinasi wisata Turki sebaiknya dilakukan sejak jauh-jauh hari agar memudahkan Anda ketika berkunjung nanti. Apalagi di Turki ada banyak sekali lokasi liburan yang bisa didatangi untuk menambah pengalaman perjalanan Anda. Baiknya diskusikan dengan partner traveling Anda ketika hendak menentukan lokasinya.
Buat Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa
 
Cari tahu segala sesuatu tentang pengurusan Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa jika ingin mengunjungi Turki. VoA merupakan visa yang bisa Anda dapatkan setibanya di Turki. Anda bisa membuatnya di loket VoA. Salah satu hal yang perlu diketahui jika ingin membuat VoA, Anda harus meluangkan waktu cukup banyak untuk mengantri karena tidak sedikit juga turis yang mengurus visa yang satu ini.
 
Pengurusan e-Visa cenderung lebih mudah dan cepat. Anda cukup siapkan laptop dan koneksi internet yang stabil kemudian buka situs resmi untuk aplikasi visa Turki di https://www.evisa.gov.tr/en/. Ikuti semua petunjuk yang diberikan dengan baik, selanjutnya e-Visa Anda akan diterbitkan dalam format PDF.
 
Manfaatkan Kartu e-Pass dan WiFi Gratis
 
Jika Anda ingin mengunjungi wisata Turki yang bertemakan sejarah, museum bisa jadi prioritas. Turki menyediakan e-Pass bagi yang ingin mengunjungi semua museum di Turki selama 15 hari berturut-turut. Lewat dari 15 hari, Anda harus membayar biaya masuk museum secara penuh. Anda bisa membuat e-Pass di museum-museum besar, seperti Hagia Sophia dan Tokapi Palace.
 
Jangan lupa juga untuk memakai WiFi gratis yang biasanya tersedia di hostel, kafe, restoran, atau tempat wisata tertentu. Jika Anda ingin mengunggah konten seperti foto atau video di media sosial baiknya simpan dulu konten yang ingin di-post. Baru saat terhubung ke jaringan WiFi, Anda bisa langsung menayangkannya.
 
Berburu Penginapan yang Sesuai Budget
 
Tidak semua penginapan yang ada di Turki itu mahal. Anda juga bisa mendapatkan penginapan yang harganya lebih terjangkau. Hostel atau guesthouse bisa menjadi pilihan. Menginap di rumah sanak saudara atau teman yang tinggal di Turki juga sangat direkomendasikan atau manfaatkan aplikasi Couchsurfing yang masih cukup terjangkau dengan bonus merasakan pengalaman menginap di rumah warga setempat.
 
Manfaatkan Transportasi Umum
 
Anda tidak perlu khawatir bila melakukan wisata Turki karena transportasi di negara yang beribu kota Ankara ini sudah cukup baik. Jika ingin mencari transportasi yang lebih terjangkau untuk menempuh destinasi wisata Turki yang masih tergolong dekat, bus selalu bisa menjadi pilihan Anda.
 
Sementara untuk menempuh lokasi wisata Turki yang jaraknya cukup jauh, Anda bisa memilih metro dan tramway. Kedua jenis transportasi ini bisa menghubungkan Kota Istanbul dengan 10 jalur sekaligus, untuk menuju jalur Asia atau Eropa. Agar lebih hemat, perlu juga membuat kartu Metro (Istanbul Kart). Kartu ini juga praktis karena bisa digunakan secara bersamaan oleh beberapa orang sekaligus.
 
Saran tambahan, jangan sampai lupa untuk melindungi diri selama melakukan wisata Turki dengan memiliki asuransi perjalanan seperti Zurich EaZi Travel. Asuransi ini dapat menjamin perjalanan liburan, wisata ataupun bisnis bagi perorangan, keluarga maupun secara kumpulan, baik dengan tujuan liburan di luar maupun di dalam negeri dalam satu polis.
 
Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah fitur cashless untuk biaya pengobatan yang dijamin polis, bila saat sedang berpergian Anda perlu dirawat inap atau ketika melakukan perjalanan di luar negeri. Masih banyak manfaat yang bisa dirasakan dari asuransi Zurich EaZi Travel. Anda bisa mencari tahu lebih banyak di situs resminya, ya.