• Protect the environment. Think before you print.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Efisien dan Mudah Dilakukan

19 Maret 2020

Ditahun baru ini, yuk lakukan 5 cara meningkatkan produktivitas kerja di bawah ini agar kinerja Anda semakin baik.

produktivitas kerja
Tahun 2020 sudah tiba. Berbagai resolusi baru pasti sudah Anda buat. Mungkin beberapa dari Anda bahkan telah mencanangkan agar produktivitas kerja semakin meningkat di tahun Tikus Logam ini. Lantas, harus mulai dari mana? Selagi masih awal tahun, yuk, simak 5 poin di bawah untuk bekerja lebih efisien, semangat, dan produktif di tahun yang baru. 
 
Membuat Daftar Pekerjaan yang Harus dilakukan
 
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan produktivitas kerja, yaitu dengan membuat to do list pekerjaan mulai dari yang paling mudah hingga tersulit. Pastikan daftar yang Anda buat cukup detail. Masukkan tanggal deadline dari setiap tugas dan perkembangannya agar tidak ada pekerjaan yang terlewatkan. 
Daftar ini tidak saja mempermudah Anda dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari namun juga dapat mendisiplinkan diri agar bekerja dengan lebih produktif lagi. 
 
Memperhitungkan Waktu yang Dibutuhkan
 
Meningkatkan produktivitas tenaga kerja juga diperlukan agar hasil pekerjaan lebih maksimal. Oleh karena itu Anda perlu tahu cara menentukan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik. Jika biasanya dibutuhkan waktu 2 jam, buatlah strategi agar pekerjaan tersebut bisa diselesaikan tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Jika berhasil, Anda akan memiliki waktu lebih untuk beristirahat atau mengerjakan hal lainnya. 
 
Melakukan Evaluasi Hasil kerja Secara Berkala
 
Cara lain untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja adalah dengan rutin melakukan evaluasi, misalnya setiap minggu. Anda cukup membandingkan hasil pekerjaan minggu ini dengan minggu lalu. Setelah itu, carilah kekurangan apa saja yang perlu ditingkatkan atau ubah, dan kelebihan apa untuk dipertahankan. Hasil evaluasi tersebut dapat memudahkan Anda memperbaiki kinerja dalam jangka panjang.
 
Rutin Berolahraga dengan Teratur
 
Beberapa perusahaan besar telah menjadikan olahraga sebagai cara untuk meningkatkan produktivitas karyawan mereka. Melakukan olahraga secara teratur, misalnya 3 kali dalam satu minggu dengan 30 menit sampai satu jam per hari, dapat membantu mengembalikan fokus dan kesegaran tubuh yang lelah bekerja sepanjang hari sehingga kinerja karyawan pun ikut membaik.
 
Menjauhi Gangguan pada Lingkungan Kerja
 
Saat bekerja memang Anda memerlukan fokus yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut jarang diperoleh dengan mudah saat Anda masih berada dalam lingkungan kantor. Jika diperlukan, Anda bisa mencari area yang lebih kondusif untuk digunakan sebagai lokasi bekerja agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu.
 
Pada era digital seperti saat ini, beberapa perusahaan telah memberi kebebasan bagi Anda dalam memilih area untuk bekerja. Jadi Anda tidak harus selalu berada di dalam ruangan kantor. Kafé, perpustakaan, coworking space, atau coffee shop dapat dijadikan pilihan tempat kerja yang nyaman bagi Anda, apalagi jika tempat yang dipilih juga memiliki fasilitas internet yang memadai.
 
Semoga dengan melakukan cara-cara di atas, produktivitas kerja Anda akan semakin meningkat dari hari ke hari. Jangan lupa pula untuk selalu memerhatikan kondisi kesehatan tubuh dengan memiliki rencana perlindungan kesehatan jangka panjang melalui produk asuransi.
 
Pilihlah produk asuransi kesehatan yang mampu memberikan solusi dari berbagai masalah dan kebutuhan medis yang Anda miliki, baik di dalam maupun luar negeri. Manfaat
kesehatan dan pengobatan yang komprehensif ini bisa Anda dapatkan dari Zurich dengan produk Zurich Critical Advantage. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang produk ini dengan mengunjungi langsung situs resminya sekarang juga.