• Protect the environment. Think before you print.

Cara Merawat Sneakers Agar Selalu Terlihat Baru

20 Februari 2020

Agar sneakers Anda awet dan selalu terlihat baru, Anda perlu tahu cara merawat sneakers berikut ini.

Cara Merawat Sneakers Agar Senantiasa Terlihat Baru
Saat ini sepatu telah menjadi bagian dari tren fashion. Banyak diantaranya mulai menjadikan sepatu sebagai barang koleksi pribadi dan bahkan rela berburu sepatu edisi tertentu hingga ke berbagai penjuru dunia. Para pencinta sepatu sneakers, atau sneakerheads, biasanya tidak hanya rajin menambahkan koleksi sepatu mereka namun juga sangat telaten dalam merawat sneakers tersayang. Beberapa sneakerheads sampai memiliki 2 sepatu berjenis sama untuk tujuan yang berbeda.
 
Jika Anda tertarik untuk memiliki atau memulai koleksi sneakers, mengetahui cara menjaga kebersihannya merupakan sebuah keharusan agar sepatu tidak mudah kotor dan rusak sehingga tetap berada dalam kondisi bagus untuk waktu yang lama. Supaya sepatu sneakers tetap terlihat baru walaupun sudah digunakan secara berulang, berikut ini beberapa cara untuk merawat  sneakers Anda.
 
Membersihkan Sepatu Sneakers
 
Salah satu cara mencuci sepatu sneakers dengan benar dan tergolong mudah adalah melakukannya secara manual. Hindari mesin cuci atau mencelupkan sepatu ke dalam air.  Siapkan beberapa alat sederhana seperti sikat dengan bulu lembut dan gunakan kain berserat mikro agar tidak merusak bahan sepatu.
 
Menyesuaikan Pemakaian Sesuai Kondisi Cuaca
 
Kondisi cuaca yang tidak stabil membutuhkan kesabaran ekstra dalam merawat sneakers. Saat cuaca sedang hujan, ada baiknya Anda menghindari penggunaan sepatu sneakers berbahan suede. Anda bisa menggunakan water repellent spray untuk mengantisipasi hujan yang tidak dapat diprediksi agar air yang mengenai sepatu Anda tidak dapat meresap ke bagian dalamnya.
 
Menyimpan Sneakers dengan Cara yang Benar
 
Setelah digunakan, Anda perlu menyimpan sepatu sneakers di dalam kotaknya untuk memberikan perlindungan pada kotoran dan debu. Tapi cara tersebut tidak cukup. Agar maksimal, Anda bisa memasukkan sepatu pada kantong ziplock untuk memberikan perlindungan ekstra. Sedot juga udara yang terperangkap di dalamnya dengan vacuum cleaner agar kondisi sneakers tetap terjaga dengan baik.
 
Menghilangkan Aroma Tidak Sedap pada Sepatu
 
Sepatu yang terlalu sering digunakan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, Anda cukup mengganti kaos kaki setiap hari agar jamur tidak tercampur dengan aroma sepatu.
 
Selain itu, setelah memakainya Anda tetap perlu merawat senakers agar tetap kering sehingga kondisi sepatu tidak lembab. Bisa dibantu dengan penggunaan sneakers ball yang mampu menyerap aroma tidak sedap pada sepatu.
 
Mempercayakan pada Ahli
 
Jangan ragu meminta bantuan ahli untuk membersihkan sepatu sneakers Anda. Saat ini, jasa untuk membersihkan sepatu sneakers sudah banyak tersedia di mal atau di sekitar area pemukiman yang ramai.
 
Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat sneakers agar senantiasa terlihat baru dan tahan lama. Semoga tips #MudahkanHidup ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika, Anda tertarik untuk mengetahui berbagai informasi mengenai gaya hidup, hobi, dan trik menjalankan hidup yang seimbang, Anda bisa baca artikel terkait dengan mengunjungi situs resminya di  Zurich.