Ingin Memulai Bisnis Kopi? Ini Langkah Awal yang Perlu Anda Persiapkan

20 Februari 2020

Sebagai pemula, menjalani bisnis kopi yang kekinian dibutuhkan persiapan yang cukup banyak. Berikut langkah awal yang perlu Anda persiapkan.

Ingin Memulai Bisnis Kopi Ini Langkah Awal yang Perlu Anda Persiapkan
Beberapa tahun belakangan ini terjadi pertumbuhan bisnis kopi yang cukup besar di Indonesia. Bahkan sebagian besar bisnis kopi kekinian yang ada, dirintis oleh kaum muda, mulai dari bisnis berskala kecil hingga besar. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan maupun individu juga mulai mengadopsi dan menjalankan skema waralaba pada bisnis kopi mereka atau sekadar menambahkan menu kopi kekinian di restoran mereka.
 
Jadi jangan heran jika sekarang ada banyak sekali tempat minum kopi kekinian atau waralaba kopi (franchise coffee) yang menjamur hampir di setiap sudut kota. Jika Anda juga tertarik ingin membuka bisnis kopi di tahun baru ini, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. 
 
Konsep Bisnis yang Matang
 
Sebelum mulai menjalankan bisnis kopi kekinian, Anda perlu menyiapkan konsep awalnya terlebih dulu. Mulai dari tema yang ingin dipakai, pilihan desain, hingga lokasinya. Hal-hal dasar ini merupakan langkah awal yang tidak bisa dianggap sepele untuk memulai bisnis ini. 
 
Konsep yang Anda pilih sebaiknya dilatarbelakangi dengan hasil riset lapangan terhadap target konsumen yang ingin dituju sehingga produk Anda dapat diterima lebih mudah saat Anda mulai menjualnya di pasaran.
 
Promosi Menggunakan Media Sosial
 
Gunakan media sosial untuk melakukan branding terhadap bisnis kopi Anda. Buatlah materi yang mewakili persona bisnis dan target audience Anda agar pesan yang dihasilkan pun lebih efektif dalam menarik perhatian para pengikut media sosial. Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan para social media influencer untuk membantu meningkatkan awareness maupun penjualan.
 
Memiliki Supplier dengan Produk Berkualitas
 
Beragam menu kopi kekinian yang akan dijual tentunya membutuhkan bahan-bahan denga kualitas terbaik. Jenis biji kopi dan supplier menjadi kunci utamanya. Oleh sebab itu, lakukanlah uji coba produk pada beberapa jenis supplier hingga Anda menemukan biji kopi terbaik untuk digunakan pada jenis menu yang akan dijual.
 
Memilih Barista yang Tepat
 
Memilih barista yang mampu bekerja sama dengan tim untuk menciptakan kopi kekinian, berkomunikasi dengan pelanggan dan menjaga angka penjualan tidaklah mudah. Sebaiknya pilihlah barista yang sudah memiliki pengalaman atau track record mumpuni di bidang kopi, komunitas ataupun di kalangan barista itu sendiri.
 
Mengoptimalkan Perencanaan Keuangan
 
Sebagai pemilik bisnis kopi kekinian, Anda perlu mengoptimalkan modal yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan memiliki perencanaan keuangan yang matang dan rutin memonitor laporan keuangan serta melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala jika memang diperlukan.
 
Agar bisnis kopi dapat berjalan dengan baik, pastikan Anda juga memiliki rencana cadangan atau persiapan khusus untuk mengantisipasi kondisi darurat, khususnya yang berhubungan dengan risiko finansial atau musibah tak terduga lainnya, dengan menggunakan produk asuransi yang sesuai. Zurich Business Guard adalah salah satu produk rekomendasi Zurich untuk perlindungan terhadap kelangsungan usaha Anda.
 
Produk ini akan memberikan nilai pertanggungan hingga mencapai 20 miliar sesuai jenis jaminan yang dipilih. Manfaat lain dari Zurich Business Guard bagi bisnis kopi Anda, yakni memberikan penggantian atau manfaat seperti jika harta benda yang dipertanggungkan mengalami kerugian, kehancuran atau kerusakan akibat risiko yang dijamin.