• Protect the environment. Think before you print.

Manfaat dan Cara Efektif Merawat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah

19 Maret 2020

Jangan sampai lupa untuk menyertakan beberapa tumbuhan di lingkungan rumah Anda. Hal ini karena ada beberapa manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah yang bisa dirasakan.

cara merawat tumbuhan
Lingkungan rumah yang sejuk, teduh, dan asri menjadi dambaan semua orang. Namun terkadang karena keterbatasan tempat atau lahan membuat pemilik rumah terpaksa meniadakan tanaman di rumah. Padahal untuk mendapatkan manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah, Anda tidak harus punya lahan yang luas.
 
Anda bisa mengandalkan tanaman pot agar bisa mempercantik bagian luar rumah maupun menghias ruangan di dalam rumah Anda. Untuk jenis tanaman pot, Anda bisa memilih tanaman jenis dedaunan, dan bunga yang memiliki kelopak berwarna cerah. Cara merawat tumbuhan seperti inipun tidak terlalu rumit. Sementara jika Anda memiliki lahan yang cukup untuk dijadikan kebun, Anda bisa menanam tumbuhan seperti lidah buaya, daun kuping gajah, dan tanaman hias Tillandsia.
 
Lalu, mengapa memiliki tanaman di rumah begitu penting? Berikut manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah yang perlu diketahui.
 
Meminimalisir Gangguan Saluran Pernapasan
 
Salah satu penyebab dari gangguan saluran pernapasan adalah kualitas udara yang buruk. Biasanya masalah ini muncul pada lingkungan yang memiliki kelembapan rendah. Masuknya partikel jahat pada pernapasan juga menjadi penyebab lainnya. Nah, tanaman yang diletakkan di dalam rumah mampu menambah kelembapan udara sekaligus meminimalisir partikel debu melalui proses penguapan air yang berasal dari akar atau tanahnya.
 
Memberikan Relaksasi Bagi Tubuh dan Pikiran
 
Manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu tubuh dan pikiran agar lebih relaks. Beberapa bunga, khususnya yang memiliki kelopak warna merah jambu atau ungu, dapat mendorong pelepasan hormon adrenalin, yaitu hormon yang dihasilkan tubuh ketika mengalami stres atau sedang dalam situasi berbahaya. Kondisi ini akan meningkatkan aliran oksigen menuju otak sehingga turut menambah energi tubuh, tubuh dan pikiran pun menjadi relaks.
 
Membersihkan Udara Rumah
 
Paparan polutan bukan hanya muncul pada ruang yang terbuka saja. Zat kimia dari peralatan rumah tangga juga bisa membuat kualitas udara di dalam ruangan menjadi buruk. Misalnya, kontaminan volatile organic compounds (VOC) yang dilepaskan oleh peralatan rumah tangga seperti bahan bangunan, cat, dan plastik bahan pembersih dapat memicu asma dan kanker dalam jangka panjang. Adanya tanaman di dalam rumah bisa mengambil udara dari partikel polutan tersebut.
 
Menyejukkan Mata
 
Tananan yang berwarna-warni dipercaya bisa membuat mata sejuk, segar, dan rileks saat mata Anda sedang mengalami iritasi atau merasa lelah karena terlalu lama menatap layar komputer maupun smartphone.
 
Cara Merawat Tumbuhan bagi Lingkungan Rumah
 
Agar tumbuhan di lingkungan rumah Anda bisa terpelihara dengan baik, Anda perlu merawatnya dengan baik. Berikut cara merawat tumbuhan yang bisa Anda lakukan.
 
Menyiram Tumbuhan dengan Benar
 
Menyiram tumbuhan tidak bisa asal siram saja. Tekniknya perlu disesuaikan dengan jenis tumbuhan yang Anda miliki. Baiknya, cari tahu lebih dulu kebutuhan air yang diperlukan tanaman. Air yang berlebihan bisa membuat akar tumbuhan membusuk. Sementara bila terlalu sedikit malah membuat tumbuhan cepat kering dan mati. Jadi gunakan air secukupnya saja dan siram tanaman secara menyeluruh pada semua sisinya agar dapat bertumbuh dengan baik.
 
Biarkan Terkena Sinar Matahari
 
Paparan sinar matahari penting bagi tumbuhan demi mendukung proses fotosintesis, baik pada jenis tanaman outdoor maupun indoor. Tapi ingat, jangan sampai tanaman ter-ekspos sinar matahari terlalu sering atau terlalu lama, karena bisa menyebabkan tumbuhan jadi layu, kering, dan terbakar. 
 
Pantau Kelembapan dan Suhunya
 
Cari juga informasi terkait kelembapan dan suhu yang sesuai dengan jenis tanaman di rumah. Memelihara jenis tanaman yang tidak sesuai dengan lokasi dan cuaca serta kondisi tanah di lingkungan Anda justru malah menghambat pertumbuhannya.
 
Itu tadi manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah dan cara merawatnya. Selain menambah kenyamanan dan memperindah hunian Anda dengan berbagai tumbuhan, Anda juga perlu menjaga keamanan rumah Anda dengan perlindungan asuransi.
 
Zurich Home melindungi rumah dari berbagai kemungkinan kehilangan dan kerusakan atau kehancuran yang disebabkan oleh bencana alam, seperti angin topan, banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, kebakaran, dan kecelakaan yang tidak disengaja, seperti kerusuhan, pemogokan, huru-hara, ledakan, pecahnya pipa, pencurian, percobaan pencurian, atau perampokan, perbuatan jahat, petir, tanah longsor dan tanah turun, terorisme dan sabotase, dan tumbukan. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap terkait produk ini maupun berbagai asuransi lainnya dari Zurich di sini.