• Protect the environment. Think before you print.

Manfaat Positif Menggunakan Skuter Listrik

20 Februari 2020

Skuter listrik bisa menjadi alternatif kendaraan untuk jarak dekat. Berikut manfaat skuter listrik bila digunakan secara bijak.

Ini Manfaat Positif Skuter Listrik Jika Dipakai dengan Bijak
Beberapa waktu silam skuter atau otoped sempat kembali booming di kalangan anak-anak, sebagai mainan sehari-hari. Saat ini, skuter kembali hadir dengan inovasi menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Skuter listrik atau otoped listrik adalah alat yang menggunakan roda sebagai penggeraknya. Cara menggunakannya adalah dengan satu kaki naik ke atas skuter dan satu lagi mendorong tanah dengan kaki. Saat sudah berjalan, Anda hanya cukup memutar tuas gas seperti sepeda motor.
 
Selain mudah, di bawah ini ada beberapa manfaat positif dari skuter listrik jika dijadikan alternatif moda transportasi dan digunakan secara bijak.
Pilihan Transportasi untuk Jarak Dekat dan Sedang
 
Jika Anda sering menggunakan motor untuk menuju tempat yang jaraknya masih terhitung dekat, tidak ada salahnya untuk mencoba atau segera beralih ke skuter listrik. Otoped listrik pastinya seru untuk digunakan ketika sedang bosan bepergian dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jangan lupa untuk mengikuti aturan memakai skuter listrik dan rambu lalu lintas yang ada demi keselamatan bersama, ya.
 
Transportasi Ramah Lingkungan
 
Bagi Anda yang tinggal diperkotaan seperti Jakarta, pastinya sangat merindukan kualitas udara yang bagus. Nah, sesuai namanya, skuter listrik hanya mengandalkan energi listrik sebagai bahan bakar. Jadi, dengan menggunakan skuter listrik Anda sudah berkontribusi menjaga kebersihan udara di ibu kota.
 
Keseimbangan Tubuh Bertambah
 
Ada sebagian orang yang mengalami masalah terhadap keseimbangan tubuh yang turut mengganggu aktivitas sehari-hari, misalnya saat berjalan, berdiri, dan lainnya. Nah, salah satu manfaat positif lainnya dari skuter listrik, yakni membantu menjaga dan melatih keseimbangan tubuh Anda secara keseluruhan.
 
Saat mengendarai skuter listrik tubuh akan ‘dipaksa’ untuk tetap stabil agar meminimalisir risiko terjatuh. Dengan demikian, Anda tetap menjalankan aktivitas, terus bergerak, dan tidak berdiam diri di rumah.
 
Aturan Pakai Skuter Listrik
 
Cara mengendarai skuter listrik hampir sama seperti sepeda motor. Jadi, aturan pakai skuter listrik pun tak jauh berbeda dengan motor. Jika sedang mengendarai skuter listrik ada baiknya Anda juga melindungi diri dengan pemakaian helm, sarung tangan serta pelindung siku dan lutut untuk mengantisipasi cedera serius bila terjadi kecelakaan di jalan raya.
 
Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan skuter listrik, seperti cek rem, lampu depan, dan standar (side stand/kickstand), apakah berfungsi dengan baik. Periksa juga daya atau level baterai yang ada di skuter listrik. Bila ingin mengendarai skuter listrik di malam hari, jangan sampai lupa nyalakan lampu depan.
 
Selain memperhatikan aturan pakai skuter listrik, perlu juga melengkapi perlindungan diri dari kecelakaan dengan asuransi jiwa, seperti Zurich Personal Accident. Asuransi ini memberikan jaminan perlindungan 24 jam di seluruh dunia, baik pada saat Anda bekerja ataupun liburan, dengan jumlah pertanggungan hingga Rp3.000.000.000 dan premi kompetitif. Manfaat utama Zurich Personal Accident, yakni memberikan jaminan cacat tetap disebabkan karena kecelakaan, memberikan penggantian biaya pengobatan yang disebabkan karena kecelakaan hingga 10% dari nilai pertanggungan, dan memberikan jaminan meninggal dunia yang disebabkan karena kecelakaan.