Pentingnya Kebugaran di Usia Senja, Inilah Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan untuk Lansia

19 Maret 2020

Para lansia disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Berikut olahraga untuk lansia yang bisa dijadikan pilihan.

olahraga untuk lansia
Pada umumnya, orang yang sudah lanjut usia kondisi tubuhnya sudah melemah. Namun, bukan berarti para lansia dilarang untuk berolahraga. Olahraga untuk lansia justru diperbolehkan asal kegiatan yang dipilih memiliki intensitas sedang dengan risiko cedera rendah.
 
Jenis olahraga untuk lansia dengan intensitas sedang baiknya dilakukan minimal 150 menit dalam 1 minggu, cukup untuk membuat tubuh berkeringat dan jantung berdebar lebih cepat. Sementara untuk aktivitas yang tergolong berat, cukup lakukan selama 75 menit dalam seminggu.
 
Olahraga untuk lansia minimal dilakukan 3 kali dalam 1 minggu. Misalnya olahraga untuk melatih kekuatan atau ketahanan otot seperti angkat dumbell atau barbell, pull-up, dan push-up, yang disarankan minimal 2 kali dalam satu minggu.
 
Berikut olahraga yang paling dianjurkan untuk orang lanjut usia:
 
Olahraga Jalan Kaki
 
Olahraga untuk lansia yang pertama adalah jalan kaki. Olahraga ini bisa menambah daya kognitif wanita lansia, sehingga mereka tidak cepat pikun serta meminimalisir risiko terkena alzheimer dan demensia. Berjalan kaki rutin setiap hari juga bisa mengurangi risiko sakit jantung, terutama bagi wanita yang berusia di atas 50 atau 60 tahun.
 
Olahraga Renang
 
Renang bisa menjadi pilihan olahraga untuk orang tua dan cocok bagi yang mengidap gejala arthritis (radang sendi) dan berisiko terhadap patah tulang. Olahraga renang juga bagus untuk menambah kolesterol baik (LDL) yang ada dalam tubuh dan menjaga arteri (pembuluh nadi) tetap sehat.
 
Olahraga Tai Chi
 
Tai Chi menjadi salah satu rekomendasi olahraga untuk lansia. Olahraga dari negeri tirai bambu ini cenderung memiliki gerakan perlahan yang berguna menjaga postur tubuh, relaksasi, menambah fokus, keseimbangan, dan menambah kekuatan otot serta mengontrol napas. Gerakan dominan pada Tai Chi adalah dengan memanfaatkan tangan, kaki, dan pinggang. Tai Chi juga bisa dilakukan dimana saja dan tidak memerlukan peralatan khusus.
 
Olahraga Yoga
 
Orang yang sudah lanjut usia juga bisa memilih yoga. Gerakan yoga dapat melatih fleksibilitas dan menjaga keseimbangan tubuh para lansia. Olahraga asal India ini juga bisa membuat pikiran lebih segar dan membantu menambah imunitas tubuh. Yoga pun bisa dilakukan di mana saja dengan hanya bermodalkan yoga mat.
 
Mengatur Waktu Olahraga untuk Lansia
 
Waktu olahraga untuk lansia baiknya dilakukan dalam rentang 5 hari saja dalam satu minggu. Pembagiannya bisa dengan melakukan aktivitas fisik yang berat sebanyak 3 hari dalam satu minggu. Dengan masing-masing aktivitas dilakukan minimal 10 menit, maksimal 30 menit.
 
Bila sudah terbiasa dengan durasi di atas dan Anda sanggup menambah frekuensinya, coba tingkatkan secara bertahap sebelum melakukannya secara rutin.
Selain itu, Anda bisa mengombinasikan aktivitas fisik yang frekuensinya sedang dan berat dalam satu minggu. Contoh, dua hari melakukan olahraga intensitas sedang, seperti tai chi, selama 30 menit dan satu hari berjalan kaki secara santai dalam 30 menit.
 
Hal yang perlu diingat dalam melakukan aktivitas olahraga adalah menyesuaikannya dengan kemampuan tubuh Anda. Bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan atau penyakit tertentu, baiknya berdiskusi terlebih dulu dengan dokter untuk mengetahui hal apa yang perlu diperhatikan dan bagi lansia.
 
Untuk memastikan tubuh senantiasa bugar, selain olahraga secara rutin, perlu juga melindungi diri dengan asuransi, seperti Zurich MahaCita Protection yang mampu
memberikan perlindungan jiwa, manfaat diagnosa awal sebesar Rp 10juta, tanggungan sebesar 50% dari Uang Pertanggungan Maha CI Plus apabila tertanggung terdiagnosa menderita salah satu dari 32 Penyakit Kritis tahap awal, sebelum berusia 65 tahun, serta manfaat tambahan lainnya. Kunjungi situs resmi Zurich untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait asuransi Zurich MahaCita Protection. Temukan juga beberapa tips  #MudahkanHidup ala Zurich yang bisa Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari.