• Protect the environment. Think before you print.

Penyebab Mobil Overheat Saat digunakan dan Cara Memperbaikinya

20 Februari 2020

Bila mobil menempuh perjalanan jauh berisiko mengalami overheat. Cari tahu apa saja penyebab mobil overheat dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Mobil Overheat dan Cara Memperbaikinya
Kendaraan roda empat cukup rentan mengalami overheating, yaitu kondisi yang terjadi saat mesin kendaraan mencapai titik temperatur yang tinggi sehingga menimbulkan masalah seperti mesin yang mati secara tiba-tiba. Mobil overheat biasa terjadi ketika kendaraan menempuh jarak yang cukup jauh. 
 
Penyebab Mobil Overheat
 
Jangan biarkan penyebab mobil overheat sampai merusak mesin kendaraan Anda. Di bawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari mesin overheat dan cara memperbaikinya sebagai pertolongan pertama  jika sewaktu-waktu mobil Anda mengalaminya.
 
Kipas Radiator Tidak Berfungsi
 
Salah satu penyebab mesin overheat yaitu kipas radiator yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat membuat sensor switching menjadi sulit membaca tindakan yang terjadi. Sensor ini biasanya berguna untuk menyalakan kipas pendingin. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan terhadap kipas radiator secara berkala.
 
Radiator yang Mengering
 
Radiator memiliki fungsi yang sangat penting untuk mendinginkan udara pada area mesin kendaraan agar tidak terlalu panas saat digunakan. Biasanya, perjalanan yang cukup panjang dapat menghabiskan cairan di dalam radiator. Jadi, bila air di dalamnya sudah habis, segera isi kembali untuk menjaga kondisi mesin tetap dalam keadaan baik dan menghindari mobil overheat.
 
Memakai Bahan Bakar yang Tidak Sesuai
 
Penyebab mesin overheat lainnya yaitu pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda sehingga, akan membuat mobil mengalami kondisi knocking, yaitu terdengarnya suara ketukan di dalam mesin. Kesalahan seperti inilah yang tanpa disadari dapat mengganggu kinerja mesin. Jadi, jika ingin mengganti jenis bahan bakar, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya di bengkel.
 
Cara Memperbaiki Mobil Overheat
 
Istirahatkan Kendaraan
 
Saat mobil overheat, ada baiknya Anda tidak memaksakan diri untuk terus berkendara namun mengistirahatkan kendaraan sejenak di bahu jalan atau rest area. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mobil yang lainnya.
Untuk mengisi waktu sambil menunggu mesin menjadi dingin, Anda juga bisa beristirahat sambil melakukan pemeriksaan pada bagian mobil lainnya, seperti pada bagian roda. 
 
Mencari Tahu Penyebab Mobil Overheat
 
Sebelum berusaha untuk memperbaiki kendaraan yang sedang panas, sebaiknya Anda mencari tahu dahulu penyebabnya agar tidak salah mengambil tindakan. Umumnya, masalah tersebut sering muncul pada bagian radiator.
 
Sebagai langkah awal, periksa bagian kipas angin radiator atau cairan radiator. Pastikan kendaraan sudah dalam keadaan dingin untuk menghindari risiko anggota tubuh tersembur air radiator yang panas. 
 
Perbaiki Masalah Pada Mesin Kendaraan
 
Jika sudah mengetahui penyebab dari mesin kendaraan yang mudah panas, segera perbaiki masalah tersebut. Hal ini bisa Anda pelajari dengan bertanya pada montir bengkel atau segera bawalah kendaraan untuk diperiksa secara keseluruhan oleh ahlinya.
 
Mobil overheat dapat terjadi kapan saja dan di mana saja sehingga, Anda perlu memberikan perlindungan lebih pada kendaraan melalui asuransi Komprehensif & TLO dari Zurich yang tidak memiliki batas usia kendaraan untuk risiko kehilangan total. Produk ini juga dapat memberikan jaminan hingga 10 tahun dan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi, pastikan kendaraan Anda telah terlindungi dengan baik bersama Zurich untuk #MudahkanHidup.