Tips Mudah Mencegah Pencurian Motor yang Penting untuk Diketahui

19 Maret 2020

Untuk mencegah motor Anda dicuri orang, berikut cara mencegah pencurian motor yang bisa diikuti.

cara mencegah pencurian motor
Kasus pencurian motor di Indonesia khususnya di daerah ibu kota maupun sekitarnya sering kali terjadi. Terkadang meski beberapa brand motor sudah melengkapi produknya dengan teknologi keamanan yang mumpuni, pencuri motor tetap saja bisa menemukan cara untuk membobol kendaraan roda dua. Demi meminimalisir risiko motor Anda hilang dan disalah gunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab, baiknya ikuti cara mencegah pencurian motor di bawah ini.
 
Lengkapi dengan Pengaman Tambahan
 
Penggunaan kunci ganda motor bisa menjadi cara mencegah pencurian motor yang patut Anda coba. Kunci tambahan ini bisa dipasang di rem cakram yang letaknya ada di ban motor sehingga bisa menyulitkan pencuri saat berusaha mengambil motor Anda. Perlu juga memasang alat pelacak di motor Anda untuk berjaga-jaga jika motor Anda benar-benar dicuri. Dengan demikian Anda bisa mengetahui ke mana pencuri membawa kabur motor Anda.
 
Menempelkan Stiker atau Tanda Pengenal
 
Cara mencegah pencurian motor bisa juga dilakukan dengan memasang stiker pengenal yang berbeda dari motor lainnya. Tujuannya agar motor bisa mudah dicari. Stiker juga bisa membuat para maling ragu untuk mencuri motor Anda.
Memarkirkan Motor di Tempat Resmi
 
Memang keuntungan dari parkir motor liar adalah harga yang lebih terjangkau daripada penyedia lahan parkir resmi. Namun kebanyakan parkir liar juga memiliki aturan yang melarang pemilik motor untuk mengunci stang. Ini dimaksudkan agar kendaraan lain bisa mudah keluar dan masuk area parkir. Sayangnya aturan tersebut justru dijadikan kesempatan oleh pencuri untuk mengambil kendaraan roda dua Anda.
 
Bila tidak merasa yakin dengan keamanan tempat parkir tersebut, baiknya beralih ke tempat parkir resmi. Salah satu ciri dari parkir resmi adalah petugas akan meminta Anda menunjukkan STNK motor saat ingin mengambil kendaraan yang diparkir. Biasanya tempat parkir resmi juga memiliki kamera CCTV untuk memantau segala gerak-gerik yang mencurigakan di area parkir.
 
Sebaiknya hindari juga memarkirkan motor dekat mobil pickup, karena pada sebagian kasus pencurian kendaraan bermotor, pelakunya nekat membawa motor dengan menggunakan pickup, mobil boks atau kendaraan sejenis lainnya.
 
Amankan Barang Berharga dan Cabut Kunci
 
Hindari menyimpan barang-barang berharga seperti dompet, karcis parkir, kunci, surat surat berharga maupun STNK dan BPKB pada bagasi motor, begitu pula dengan helm atau jaket Anda. Kurangi faktor risiko apapun yang mampu membuat pelaku kejahatan tertarik untuk mencuri motor Anda.
 
Asuransikan Motor Anda
 
Asuransi motor bisa membantu Anda berjaga-jaga dari kerugian yang timbul akibat pencurian motor. Selain besaran premi, salah satu poin yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi kendaraan bermotor adalah proses klaim yang mudah, seperti Zurich Motor Z yang bisa melindungi kendaraan motor Anda dari berbagai keadaan yang tidak terduga. Asuransi kendaraan ini terdiri dari asuransi sepeda motor dan asuransi kecelakaan diri 24 jam yang berlaku di seluruh dunia.
 
Beberapa keunggulan dari asuransi Zurich Motor Z, yakni:
 
1. Perlindungan akibat dari kehilangan total sepeda motor karena dicuri
2. Perlindungan akibat kerugian karena kecelakaan, dimana biaya perbaikannya sudah melebihi 75% dari harga pertanggungan motor
3. Perlindungan kecelakaan diri 24 jam untuk risiko cacat tetap atau meninggal dunia karena  kecelakaan hingga 10x harga sepeda motor (maksimal Rp200 juta)
Anda bisa mengetahui informasi lebih banyak tentang Zurich Motor Z atau produk asuransi lain yang dimiliki Zurich, di sini.