1. Indonesia
  2. Jurnal Zurich
  3. Tips Trik Merawat dan Melindungi Lampu Kendaraan

Tips & Trik: Merawat dan Melindungi Lampu Kendaraan

05 Oktober 2016

Lampu adalah aspek penting guna menunjang keamanan saat berkendara, terlebih di musim penghujan dimana refleks kita sebagai pengemudi benar-benar diuji.

Tips & Trik Merawat dan Melindungi Lampu Kendaraan

Lampu adalah aspek penting guna menunjang keamanan saat berkendara, terlebih di musim penghujan dimana refleks kita sebagai pengemudi benar-benar diuji karena menurunnya daya pandang akibat air menutupi lampu, jendela, dan kaca depan mobil.
 
Itulah sebabnya, ada beberapa kiat berkendara saat musim hujan yang bisa Anda cermati guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.  Mari kita simak tips dan trik cerdas berikut agar kita tetap aman berkendara dengan mobil kesayangan di musim hujan ini:

1. Periksa semua lampu kendaraan Anda
Tentunya ini adalah hal yang sangat mendasar, periksa semua lampu kendaraan Anda untuk memastikan semua berfungsi dengan baik. Ditengah curah hujan yang mengaburkan pandangan,  lampu mobil Anda bisa menjadi penyelamat dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Nyalakan lampu utama meskipun di siang hari
Lakukan hal ini meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik. Karena hal ini dapat membantu untuk memberitahu pengendara lain di depan dan yang berlawanan arah tentang keberadaan mobil yang anda kendarai.

3. Nyalakan lampu yang tepat di saat yang tepat
Jangan menghidupkan lampu jauh ke arah hujan deras atau kabut. Itu akan lebih mengacaukan pandangan Anda, karena cahaya lampu akan dipantulkan kembali ke Anda oleh curahan hujan. Jika mobil Anda dilengkapi lampu kabut, ini akan sangat membantu, karena akan menambah cahaya ke jalan, dan mobil Anda akan terlihat.

4. Jangan gunakan lampu hazard di tengah hujan
Lampu hazard akan membuat pengendara di belakang anda menjadi kurang peka terhadap lampu rem ketika anda memperlambat laju kendaraan. Menggunakan lampu hazard juga akan membuat anda tidak dapat memberitahukan ke pengendara lain saat anda akan berbelok dan tentunya ini akan sangat berbahaya!

Semoga tips dan trik ini berguna bagi Anda, mari kita lebih berhati-hati dalam berkendara di musim penghujan ini demi orang-orang tercinta yang menunggu dirumah. Sampai ketemu di tips dan trik berikutnya!

Topik terkait

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180