1. Indonesia
  2. Jurnal Zurich
  3. Tips Trik - Pahami Dashboard Kemudi Mobil Anda

Tips & Trik: Pahami Dashboard Kemudi Mobil Anda

20 Oktober 2016

Teknologi otomotif kini sudah semakin modern dan handal, namun bukan berarti tanpa cela. Ada beberapa hal, terutama dari fitur dan sistem kontrol yang harus kita waspadai.

dashboard

Minggu lalu, kita sudah membahas tips dan trik cerdas berkendara aman di musim penghujan. Masih di topik yang sama, kali ini kita akan bergerak ke aspek lain pada mobil kita yang lebih beragam. Teknologi otomotif kini sudah semakin modern dan handal, namun bukan berarti tanpa cela. Karena itu, ada beberapa hal, terutama  dari fitur dan sistem kontrol yang baiknya kita waspadai, karena alih-alih mempermudah hidup kita, malah mungkin akan membahayakan apabila digunakan di musim penghujan ini.
Apa sajakah hal-hal itu?  Mari kita simak tips dan trik cerdas berikut agar kita tetap aman berkendara dengan mobil kesayangan di musim hujan ini:
 
Periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan Anda
Pastikan kemudi, pedal rem, gas maupun kopling  sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan ekstra selama musim hujan untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan yang dapat menyebabkan kecelakaan.
 
Kenali fitur keamanan terbaru mobil Anda
Mobil sekarang sudah dilengkapi rem ABS dan fitur keamanan seperti kontrol traksi dan kontrol stabilitas. All-whell drive juga sudah semakin populer. Kontrol traksi membantu Anda mempertahankan grip dengan cara mengerem ban yang tidak mendapat traksi yang memadai. Sementara itu, kontrol stabilitas memantau input kemudi Anda, membantu rem dan/atau mengurangi tenaga mesin sesuai yang dibutuhkan agar Anda tetap di jalur yang Anda inginkan.
 
Kurangi kecepatan mobil Anda
Kurangi kecepatan kendaraan anda agar lebih mudah dikendalikan. Permukaan jalan yang dibasahi campuran air dan oli akan mengurangi cengkraman roda mobil anda sehingga lebih rentan mengalami tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan rendah akan membuat alur ban lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkram ban lebih baik.
 
Hindari  fitur Cruise Control (bila ada)
Cruise Control adalah fitur pengontrol kecepatan yang ada di beberapa seri mobil tertentu. Fitur ini bisa menyebabkan pengemudi menjadi kurang sigap karena sistem ini akan menambah kecepatan Anda saat anda justru berusaha memperlambat laju. Tentunya ini bukanlah hal yang baik dikala berkendara di musim hujan, dimana kecepatan reaksi sangatlah penting, karena itu mari hindari fungsi ini dikala berkendara saat hujan.
 
Semoga tips dan trik ini berguna bagi Anda, mari kita lebih berhati-hati dalam berkendara di musim penghujan ini demi orang-orang tercinta yang menunggu dirumah. Sampai ketemu di tips dan trik berikutnya minggu depan!
 
Pesan ini dipersembahkan oleh: Zurich dan program ZAP 250. Karena janji adalah sesuatu yang harus dibuktikan.

Topik terkait

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180