1. Indonesia
  2. Jurnal Zurich
  3. Tips Triks Merawat dan Melindungi Kendaraan Saat Musim Penghujan

Tips & Trik: Merawat dan Melindungi Kendaraan Saat Musim Penghujan

03 Oktober 2016

Di halaman ini, kami akan mengajak Anda untuk mempersiapkan segala kemungkinan untuk menghadapi musim penghujan.

zap250

Mencegah lebih baik daripada memperbaiki. Dengan semangat itulah, Kami Zurich Insurance Indonesia mengajak Anda untuk lebih awal melindungi kendaraan yang Anda cintai. Berikut adalah tips & triknya:

Tips & Trik 1: Mempersiapkan Ban Untuk Musim Hujan

Cuaca sering kali menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan, tak terkecuali hujan deras. Apalagi kita sudah memasuki bulan-bulan berakhiran “ber” yang identik dengan musim penghujan.  Jalan yang licin dan tergenang akibat hujan, tentunya bisa membahayakan kita saat berkendara.
Mari kita simak tips dan trik cerdas berikut agar kita tetap aman berkendara dengan mobil kesayangan di musim hujan ini:

  • Periksa permukaan ban mobil Anda

    Jalanan yang basah akibat resapan air hujan menyebabkan ban kehilangan traksi, atau ke-“pakem”an saat bergesekan dengan permukaan jalan. Karena itu, periksa kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali. Hal ini untuk menghindari kendaraan Anda melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip).

  • Periksa tekanan ban mobil Anda

    Pastikan tekanan ban Anda masih sesuai. Untuk mengetahui tekanan angin yang pas bagi kendaraan anda, coba cek dari buku manual atau stiker petunjuk yang biasanya ada di dashboard kendaraan atau bahkan di balik tutup tangki bahan bakar.

  • Gunakan ban mobil yang sesuai

    Jangan mengambil risiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis, segera ganti ban Anda apabila demikian. Pastikan Anda menggunakan ban mobil yang sesuai dengan gaya menyetir dan jenis kendaraan Anda. Tidak peduli seberapa senangnya Anda dengan hobi modifikasi kendaraan Anda, jangan gunakan ban land-rover untuk mobil mungil tipe city-car Anda misalnya. Permukaan jalan yang licin, ditambah kendali setir yang berkurang karena ban yang tidak sesuai, bukanlah risiko yang setimpal untuk diambil.

Semoga tips dan trik ini berguna bagi Anda, mari kita lebih berhati-hati dalam berkendara di musim penghujan ini demi orang-orang tercinta yang menunggu dirumah. Sampai ketemu di tips dan trik berikutnya!

Diadaptasi dari berbagai sumber:
asapmobil, lifestyle.bisnis.com, & hondaklaten


Topik terkait

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180