Self-Improvement & Knowledge

Inilah yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Asuransi Indonesia

Januari 16, 2017
Cari tahu lebih lanjut mengenai seluk beluk asuransi Indonesia sebelum memutuskan untuk menggunakannya
Inilah yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Asuransi Indonesia

Sebagai salah satu lembaga keuangan non bank, asuransi dikenal sebagai alternatif investasi yang cukup baik dalam meminimalisir risiko atas berbagai kejadian yang tak terduga. Seperti di negara kita, asuransi Indonesia memiliki beberapa penyedia yang terbagi menjadi nasional dan juga swasta. Asuransi merupakan penyedia jasa layanan perlindungan berupa perjanjian yang dilakukan antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat berkedudukan sebagai tertanggung yang diharuskan untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan pergantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin saja terjadi atas peristiwa yang tak terduga.

Pemegang polis nantinya diharuskan untuk membayar sejumlah uang yang disebut premi kepada perusahaan asuransi. Selanjutnya, pihak asuransi yang pada gilirannya menyetujui untuk memberikan kompensasi serta proteksi terhadap kerugian di masa depan yang mungkin saja menimpa pemegang polis. Ketika nantinya risiko tersebut terjadi dan termasuk ke dalam perisitiwa yang tercantum dalam kontrak, tertanggung berhak untuk mengajukan klaim asuransi. 
Asuransi Indonesia sendiri dikenal dalam beberapa jenis dan dikelompokkan sesuai dengan fokus dan risiko, serta dikelola oleh beberapa pihak, diantaranya nasional dan swasta. Semuanya tergantung pada urgensi dan juga kebutuhan Anda.

Asuransi Indonesia Berbadan Nasional

Saat ini asuransi Indonesia memiliki Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau biasa disebut dengan BPJS. BPJS mengatur perubahan pelayanan kesehatan yang berjenjang, mulai dari pelayanan kesehatan primer seperti puskesmas, hingga pelayanan kesehatan rujukan seperti rumah sakit. Berbeda dengan asuransi swasta, asuransi Indonesia berbadan nasional ini memiliki sifat asuransi sosial atau biasa disebut dengan subsidi silang. Sistem pembayaran hampir sama dengan swasta, dimana tertanggung diwajibkan membayar sejumlah premi setiap bulannya. Istimewanya, dengan membayar premi, seluruh penyakit akan ditanggung oleh BPJS tanpa harus membedakan usia atau beban penyakit. Selain itu, kelebihan dari BPJS adalah bisa memberikan proteksi kesehatan yang tidak dicover perusahaan swasta, seperti proteksi terhadap perawatan gigi, ibu hamil, kesehatan mata, hingga imunisasi dan KB. Namun sayangnya, baik fasilitas kesehatan primer seperti Puskesmas dan juga ketersediaan dokter masih menjadi fokus perbaikan. Apalagi, untuk dapat menikmati fasilitas tersebut, masyarakat dihadapkan pada perubahan pola layanan berjenjang. Artinya, masyarakat harus memeriksakan diri terlebih dahulu di puskesmas atau klinik yang menjadi faskesnya, setelah mendapatkan surat rujukan, barulah tertanggung bisa melanjutkan ke rumah sakit.

Asuransi Indonesia Berbasis Swasta

Selain asuransi Indonesia berbadan nasional, masyarakatpun diberikan pilihan yaitu dengan asuransi Indonesia berbasis swasta. Sama seperti asuransi berbadan nasional, pada asuransi swasta Anda diharuskan untuk membayar sejumlah premi yang nantinya digunakan sebagai kompensasi serta proteksi terhadap kerugian yang mungkin saja terjadi di masa depan. Namun bedanya, premi pada swasta memiliki perbedaan antara laki-laki dan perempuan, termasuk jika nanti tertanggung bertambah usia, maka premi yang dibayarkan akan semakin tinggi. 

Lalu, bagaimana dari segi fasilitas? Sebagian besar asuransi swasta menawarkan semua fasilitas yang ada di rumah sakit. Namun ada beberapa perawatan yang tidak dicover dan biasanya untuk rawat jalan, Anda harus membayar premi tambahan. Namun istimewanya, jika Anda memilih untuk tergabung ke dalam asuransi berbasis swasta, Anda tak perlu direpotkan dengan pola layanan berjenjang, tinggal datang ke rumah sakit terkait yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi. Selain itu, fasilitas unggul yang bisa Anda nikmati adalah proteksi pada saat tertanggung berada di luar negeri, hal ini dikarenakan kebanyakan perusahaan asuransi swasta berasal dari asing. 

Apapun asuransi Indonesia yang nantinya Anda pilih, selalu pelajari segala seluk beluknya dan ketahui rumah sakit atau fasilitas apa saja yang dapat mengcover segala risiko yang nantinya terjadi, beserta prosedur klaim yang harus diajukan. Sesuaikan asuransi dengan kebutuhan dan urgensi Anda

 


Komentar menggunakan LinkedIn