Self-Improvement & Knowledge

Tanyakan 3 Hal ini Sebelum Memilih Asuransi Kecelakaan

Januari 04, 2017
Tak ada kata nanti untuk memberikan jaminan keselamatan bagi diri Anda. Pilihlah asuransi kecelakaan yang tepat sebagai jaminan hidup.
Asuransi Keluarga Bahagia Cover

Life is rare, live with care, seakan menjadi sebuah harta berharga, keselamatan menjadi aset yang tak ternilai. Singkirkan kata nanti untuk memberikan perlindungan pada diri Anda dan rencanakan keuangan sesegera mungkin, salah satunya dengan memilih asuransi kecelakaan yang tepat. Karena kita tak akan pernah tau risiko seperti apa yang akan terjadi. Asuransi dewasa ini menjadi salah satu pilar dari perencanaan keuangan pribadi yang cukup vital dan layak dipertimbangkan. Karena selain memberikan ketenangan, penggunaan asuransi kecelakaan dapat memberikan jaminan masa depan dan biaya hidup kepada keluarga jika ada sesuatu yang terjadi. Ada begitu banyak asuransi kecelakaan yang ditawarkan. Lalu, asuransi seperti apakah yang layak kita pilih?

Kredibilitas Perusahaan Asuransi Kecelakaan

Asuransi merupakan perjanjian jangka panjang. Oleh karena itu, memilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas baik sangat diperlukan. Pilihlah yang tidak memiliki masalah dalam hal pengelolaan keuangannya. Kenali lebih jauh seluk beluk perusahaan yang Anda minati. Untuk melihat track record dari perusahaan tersebut, Anda bisa melihat laporan keuangannya melaui surat kabar, atau media massa lainnya. Perhatikan pula Risk Based Capital atau RBC perusahaan, apakah sesuai dengan yang telah ditentukan pemerintah sebesar 120%.

Ketahui Jenis Proteksi yang Disediakan

Setelah Anda cukup mengetahui tentang kredibilitas perusahaan asuransi yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah mengetahui ragam klaim yang dimiliki oleh asuransi kecelakaan tersebut. Biasanya, sebuah perusahaan asuransi memiliki 2 metode klaim, diantaranya yang bisa Anda nikmati adalah hospital cash plan dan hospital benefit.

Hospital cash plan

Metode claim yang satu ini memberikan pergantian pada jumlah, atau nominal tertentu sesuai dengan perjanjian yang tertulis di dalam kontrak yang sudah tertulis. Biasanya sistem klaim yang satu ini juga memberlakukan reimbursement, dimana pihak nasabah membayarkan terlebih dahulu biaya yang telah dikeluarkan selama berobat dan nantinya akan diganti oleh pihak asuransi setelah nasabah mengisi formulir reimbursement. 

Hospital benefit

Untuk klaim yang satu ini menggunakan sistem klain non-reimbursement atau cashless. Artinya, pihak asuransi akn memberikan biaya terperinci, atau jumlah seluruh biaya yang telah dikeluarkan oleh pihak nasabah selama melakukan pengobatan atau rawat inap di rumah sakit. Sehingga, cara pembayaran biaya pengobatan dan juga rawat inap dilakukan dengan cara menggesekkan kartu asuransi kesehatan.

Manfaat Tambahan yang Akan Didapat

Ketika Anda telah memutuskan untuk bergabung dalam asuransi kecelakaan jangan lupa untuk tanyakan pada lembaga penyedia manfaat apa sajakah yang Anda peroleh jika misalnya bergabung. Mintalah copy polis mengenai produk yang ditawarkan. Dengan begitu Anda bisa memperlajari mengenai keuntungan apa saja yang bisa Anda peroleh nantinya. 

Seperti Zurich Accident Protection yang hadir melindungi hingga Anda berusia 75 tahun, serta memberikan manfaat asuransi kecelakaan berupa manfaat risiko kehilangan, cacat, manfaat penggantian biaya medis, manfaat santunan harian rawat inap. Tak hanya itu, keuntungan lainnya dari asuransi kecelakaan Zurich Accident Protection adalah memberikan manfaat uang pertanggungan tambahan berupa double indemnity, dimana manfaat yang akan diterima nasabah 2 kali lipat dari manfaat dasar jika tertanggung mengalami risiko di dalam kendaraan umum yang mengakibatkan accidental death atau ketidakmampuan.

Tak ada yang tau langkah selanjutnya di masa depan. Oleh sebab itu, betapa pentingnya mempersiapkan segala sesuatu terkait perencanaan keselamatan diri Anda. Salah satunya dengan memilih asuransi yang dapat menjawab segala kebutuhan Anda di sini

 


Komentar menggunakan LinkedIn