Financial & Business

Belanja Online, Efeknya Terhadap perekonomian Indonesia dan Bisnis Lokal

Februari 08, 2017
Semakin milennial, kita disuguhkan kemudahan lewat belanja online. Lalu, apakah kemudahan tersebut berdampak positif bagi perekonomian Indonesia?
belanja online efeknya

Bisnis online, kini semakin ramah terdengar di dunia jual beli ini memiliki kontribusi yang cukup berpengaruh pada perekonomian Indonesia. Sebagai sektor perekonomian baru, bisnis online di Indonesia memberikan dampak yang luar biasa terhadap pola pikir masyarakat yang masih tradisional. Dalam hal ini, Indonesia sebagai negara berkembang yang berusaha untuk mengembangkan perekonomiannya, tentunya sangat membutuhkan sektor baru yang membantu untuk merangsang pertumbuhannya. Dan bisnis ini merupakan salah satu sektor yang dirasa mampu untuk melakukan pertumbuhan bagi perekonomian indonesia tersebut. Perkembangan bisnis yang mengandalkan jaringan internet ini kini cukup pesat dan memberikan dampak positif bagi bisnis yang baru. Karena dalam bisnis ini tidak memerlukan biaya yang besar, serta tempat fisik untuk membuat usaha. 

Sehingga dengan modal terbataspun, seorang pebisnis dapat tetap memulai usahanya. Tak perlu repot untuk pergi ke kantor, karena kita bisa melakukan bisnis ini dimanapun dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet. Dengan kemudahan tersebut, secara tak langsung, memberikan pengaruh terhadap perekonomian Indonesia lewat terbukanya beragam peluang usaha yang dapat dilakukan oleh pebisnis lokal sekalipun.

Antusias Belanja Online dan Efeknya Terhadap Perekonomian Indonesia.

Tak dapat dipungkiri, bisnis jenis ini memiliki beberapa keunggulan, baik dari sisi local, maupun perekonomian Indonesia. Dari segi waktu, biaya, dan tenaga, bisnis ini seakan memanjakan penggunanya dengan banyak keunggulan. Dan tentunya hal ini akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap bisnis, terutama untuk pengusaha lokal. Dapat dilihat, kini pengusaha barang jadi tak hanya memiliki toko offline, tapi dengan adanya sistem online, mereka mulai untuk melebarkan sistem penjualannya.

Hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi pengusaha lokal. Mereka tak perlu menyediakan modal yang besar untuk keperluan pengadaan toko. Dengan adanya bisnis online, seorang pengusaha dapat memulai usahanya dengan website atau sosial media yang bisa didaftarkan secara gratis. Jangkauan online yang tak terbatas dan jam kerja yang lebih fleksibel, menjadikannya sebagai efek positif, dimana pengusaha mampu menjangkau pasar yang sangat luas jika dibandingkan dengan toko offline. Tentunya, hal ini akan berdampak pada meningkatnya pendapatan.

Efek positif dari ramainya sistem perdagangan akan berimbas pada perekonomian Indonesia berupa pendapatan negara yang semakin berkembang karena adanya pajak yang diberlakukan untuk bisnis tersebut. Pendapatan negara pun dari tahun ke tahun semakin meningkat, karena sudah mulai banyak usahawan yang memasarkan produknya lewat online. Dengan adanya bisnis online ini juga dapat menyerap tenaga kerja serta mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia. 

Trik Jitu Bagi Pemula Bisnis Online

Siapapun bisa membangun usahanya sendiri. Dengan jaringan pemasaran yang luas, kesuksesan usaha ada di depan mata. Agar produk yang dipasarkan memiliki jaringan yang lebih luas, selalu utamakan kualitas barang yang akan dijual serta tampilan visual yang menarik. Karena visual dan kualitas dari produk adalah kunci utama. Dan jaminan pembayaran yang aman pun tidak kalah pentingnya. 

Tak hanya itu, Anda pun perlu memberikan perlindungan pada produk yang Anda pasarkan, salah satunya adalah Zurich Tanggung Gugat Produk yang dapat memberikan jaminan dalam hal tanggung jawab hukum Tertanggung kepada pihak ketiga atas kerusakan harta benda yang disebabkan oleh sifat, kondisi, atau kualitas produk yang dihasilkan.  Keunggulan dari produk asuransi ini adalah tak hanya risiko produk yang ditanggung, tapi juga besarnya premi yang harus dibayarkan dapat disesuaikan dengan risiko. 

Luasnya sistem online ini dalam menjangkau pasar memberikan banyak keuntungan, tak hanya bagi perekonomian Indonesia, tapi juga bagi para pebisnis lokal. Oleh karena itu, agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang, tak hanya diperlukan strategi pengembangan, tapi juga asuransi yang memberikan keamanan bagi masa depan usaha. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi Zurich Tanggung Gugat Produk selengkapnya di sini.


Komentar menggunakan LinkedIn